14 March 2016

Danau Biru di Sawahlunto, Objek Wisata Baru Bekas Galian Tambang Yang Mempesona

Advertisement
Jika kamu ingin berkunjung ke kota sawahlunto, tidak ada salahnya untuk mengunjungi sebuah danau yang satu ini. Danau biru yang dikenal dengan sebutan danau bacan atau tomosu itu merupakan bekas dari galian tambang batubara yang kini berubah menjadi sebuah danau yang indah dan airnya yang berwarna biru. Danau ini terletak di daerah parambahan yang berjarak sekitar 4 kilometer dari simpang Napar – Sijantang atau 13 kilometer dari pusat kota Sawahlunto.

Destinasi danau biru ini juga termasuk salah satu objek wisata yang terbilang baru. Danau ini mulai dikenal oleh masyarakat luas karena kepopulerannya yang bermula dari media sosial. Banyak masyarakat setempat yang berfoto selfie dengan latar belakang danau yang berwarna biru kemudian mengunggahnya ke media sosial seperti instagram dan facebook. Dari situlah masyarakat sumatera barat mulai mengenal danau ini.

Baca juga: Indahnya Pesona Danau Tarusan Kamang, Danau Unik Bermuka Dua

Rencananya danau ini akan dikembangkan sebagai destinasi objek wisata baru oleh dinas pariwisata dan kebudayaan kota sawahlunto. Terkait pengembangan destinasi danau yang baru tersebut kedepannya akan memprioritaskan potensi dan multiplier effect bagi masyarakat setempat. Sehingga objek wisata tersebut bisa dikelola oleh masyarakat di sana. Selengkapnya tentang danau biru (danau bacan), bisa kamu baca pada artikel di bawah ini.

Terbentuk Dari Bekas Galian Tambang Batubara


danau biru sawahlunto
Foto: @febriskaif

Seperti yang telah kita singgung sebelumnya, kota sawahlunto terkenal dengan daerah penghasil batubara di pulau sumatera. Oleh karena itu, kota ini akan terlihat seperti sebuah kuali jika dilihat dari atas bukit. Selain terkenal dengan batubaranya, ternyata sawahlunto juga memiliki lokasi wisata yang masih belum terjamah. Salah satunya yaitu destinasi danau biru atau danau bacan sebutan dari masyarakat setempat.

Danau ini memang dulunya merupakan bekas tambang batubara yang sudah tidak lagi beroperasi. Seiring berjalannya waktu, tambang batubara tersebut akhirnya digenangi dengan air yang berwarna biru. Sehingga menyerupai sebuah danau yang sangat indah dan mempesona.

Mulai Dikenal Berkat Ketenaran di Media Sosial


Karena ojek wisata ini terbilang masih baru, maka tidak banyak masyarakat yang mengenal danau yang indah ini. Awalnya anak muda di sana sering mengunggah foto selfie dengan latar belakang danau yang berwarna biru, dari situlah danau ini mulai dikenal oleh masyarakat luas dan menjadi trending di media sosial.

danau biru sawahlunto
Foto: @rosan_7
Sekarang ini kunjungan ke danau tersebut meningkat cukup signifikan berkat ketenarannya di media sosial. Pengunjung danau biru ini rata-rata kebanyakan dari kawula muda atau para pelajar tingkat SLTA dan juga mahasiswa. Tujuan utama mereka tentu ingin berfoto selfie di atas tebing dengan latar belakang pemandangan danau biru yang mempesona. Tentu ada kepuasan atau kebanggaan tersendiri bagi mereka yang berhasil mengabadikan momen yang indah tersebut.

Baca juga: Keindahan Danau Kembar di Kabupaten Solok

Karena objek wisata ini baru akan dikelola, untuk mengunjungi danau ini kita harus menempuh medan yang cukup menantang karena dipenuhi oleh kerikil dan debu. Untuk mengunjungi tempat ini diharapkan kamu menggunakan kendaraan yang layak dan mendukung untuk medan tersebut.

danau biru sawahlunto

Sudah Disurvey Oleh Dinas Pariwisata Sawahlunto Untuk Pengembangan Kedepannya


Berkat kepopulerannya di media sosial, danau bekas galian tambang yang terletak di kawasan Parambahan, Kecamatan Talawi mulai mendapatkan perhatian dari Dinas Pariwisata & Kebudayaan Kota Sawahlunto. Danau bacan atau disebut juga dengan danau tomosu tersebut sedang disurvei, sementara untuk konsep pengembangan pariwisatanya akan dibahas baersama masyarakat setempat.

Efriyanto selaku Kepala Dinas Pariwisata & Kebudayaan Kota Sawahlunto memaparkan bahwa beberapa waktu lalu pihaknya telah turun ke danau untuk melakukan survey dan akan dibahas dengan masyarakat dan dinas setempat. Efriyanto juga menambahkan terkait pengembangan objek wisata baru tersebut kedepannya akan memprioritaskan potensi dan multiplier effect bagi masyarakat di sana. Sehingga destinasi wisata tersebut bisa dikelola oleh masyarakat setempat.

Baca juga: Danau Singkarak, Objek Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi di Sumatera Barat

Itulah ulasan mengenai objek wisata danau biru yang terdapat di kota sawahlunto yang terbilang cukup baru. Berkat kepopulerannya di media sosial, kini telah memicu banyak orang untuk mengunjunginya untuk sekedar berfoto. Nah, jika kamu berkunjung ke kota sawahlunto, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke danau ini untuk sekedar berfoto atau melepas penat dengan menikmati indahnya pemandangan di sana.

Berbagi informasi tentang tempat wisata di Sumatera Barat


EmoticonEmoticon