15 March 2016

Gunung Marapi, Tempat Favorit Bagi Para Pendaki

Advertisement
Bagi kamu yang hobi berpetualang dan mendaki gunung yang ada di pulau sumatera, tidak lengkap rasanya jika belum mencoba mendaki gunung yang ada di Sumatera Barat ini. Gunung marapi merupakan gunung vulkano yang paling aktif di pulau sumatera dengan beberapa kawah aktif yang terdapat di sana. Gunung yang memiliki ketinggian 2891,3 mdpl ini menjadi tempat favorit bagi para pendaki yang datang dari berbagai provinsi.

Diantara sekian banyak gunung yang ada di Povinsi Sumatera Barat, Gunung Marapi merupakan objek wisata yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan. Selain pemandangan yang indah dilihat dari puncak gunung, wisatawan juga akan dimanjakan oleh salah satu tanaman yang hanya terdapat di gunung, yakni bunga edelweis. Bunga ini tumbuh bermekaran di sekitar lereng gunung. Untuk wilayahnya, secara geografis gunung ini terletak di antara Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam dan kota madya Padang Panjang. Selengkapnya tentang objek wisata Gunung Marapi, telah kami rangkum dalam artikel di bawah ini.

Lokasi Gunung Marapi Secara Geografis


Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, secara geografis gunung ini terletak di antara Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar dan juga Kota Madya Padang Panjang. Namun, secara administrasi gunung Marapi berada di dalam kawasan Kabupaten Agam. Di sebelahnya juga terdapat Gunung Singgalang dengan telaga sebagai daya tariknya. Gunung ini memiliki ketinggian 2891,3 meter di atas permukaan laut.

Untuk mencapai kaki gunung marapi sangatlah mudah, karena letaknya tidak jauh dari Kota Padang Panjang dan Kota Bukittinggi. Jika kamu dari kota padang, jarak yang ditempuh untuk sampai ke kaki gunung marapi sekitar 1,5 jam perjalanan. Luamayan jauh juga untuk sampai ke sana, namun setibanya di kaki gunung marapi kamu akan dimanjakan oleh pemandangan alam yang masih terjaga keasriannya.

Objek Wisata Alam Gunung Marapi


gunung marapi di sumatera barat

Gunung Marapi merupakan salah satu tempat pendakian terfavorit bagi para wisatawan khususnya bagi masyarakat Minangkabau. Bagi kamu yang ingin melakukan pendakian, kamu tidak perlu khawatir karena sudah disediakan jalur pendakian yang tetap. Kendati demikian, tidak ada salahnya jika kita berhati-hati dalam melakukan pendakian.

Untuk mencapai puncak, terdapat beberapa jalur yang sudah disediakan untuk para pendaki. Namun titik start nya yang dapat kamu tempuh adalah dari Koto Baru. Seperti biasa, jika kamu ingin melakukan pendakian sebelumnya kamu sudah menyediakan bekal yang dibutuhkan seperti Jaket, tenda, makanan, minuman, dan perlengkapan lainnya. Sedangkan untuk menuju ke pos pendakian, dari pasar Koto Baru kamu bisa menempuhnya dengan angkutan pedesaan. Jika kamu memilih untuk berjalan kaki, waktu yang dibutuhkan sekitar 30 menit sampai di pos pendakian.

Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju ke Parak Batuang dengan melewati perkebunan. Di sana kamu akan dimanjakan dengan keindahan alam dan kesegaran udara gunung merapi. Untuk mencapai puncak, perjalanan dari Parak Batuang membutuhkan waktu sekitar 5 jam. Walaupun perjalanan ke puncak gunung terbilang cukup jauh, rasa lelah kamu akan terobati dengan suasana hutan tropis disepanjang perjalanan. Selain itu kamu juga harus berhati-hati karena medan yang ditempuh cukup terjal.

Baca juga: Berpetualang ke Puncak Gunung Tandikat di Sumatera Barat

Setibanya di puncak gunung marapi, sebaiknya kamu memilih lokasi di cadas untuk tempat berkemah. Nah, jika kamu ingin menikmati pemandangan matahari terbit (sunrise) di puncak gunung marapi sebaiknya perjalanan dari tempat camp dilakukan pada saat subuh. Di sana kamu akan melihat betapa indahnya alam Minangkabau dari ketinggian. Jika cuaca saat itu cukup bersahabat mata kamu akan dimanjakan dengan pemandangan kota gunung Singgalang, kota Bukittinggi bahkan kamu bisa melihat pemandangan danau Singkarak yang berada di Kabupaten Solok.

Keberadaan Gunung Marapi sendiri mempunyai nilai historis bagi masyarakat Minangkabau. Menurut sejarahnya, nenek moyang orang Minangkabau berasal dari lereng gunung Marapi. Hal ini dibuktikan dengan terdapatnya nagari Pariangan di Kabupaten Tanah Datar yang merupakan cikal bakal dari lahirnya pemerintahan masyarakat berbasis Nagari di Sumatera Barat. Bahkan sebuah animo unik yang berkembang di masyarakat, dikatakan bahwa jika seseorang belum pernah mendaki Gunung Marapi, maka orang tersebut belum "lengkap" disebut sebagai orang Minangkabau.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu ketahui tentang Gunung Marapi yang ada di Sumatera Barat. Kamu tertarik untuk mendaki ke puncak Gunung Marapi? Bersiaplah karena puncak Marapi selalu menunggu kedatanganmu untuk memanjakan kamu dengan pesona alam Minangkabau yang luar biasa indah.

Berbagi informasi tentang tempat wisata di Sumatera Barat


EmoticonEmoticon