01 September 2016

Top 10 Tempat Wisata Pemandian Alami di Sumbar Yang Wajib Kamu Kunjungi

Advertisement
Sumatera Barat merupakan surga nya bagi para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan. Baik bagi masyarakat sumbar sendiri maupun yang datang dari luar Provinsi. Hal ini disebabkan karena memang Sumatera Barat memiliki keindahan alam sehingga banyak terdapat tempat wisata menarik. Mulai dari objek wisata pantai, gunung, danau, serta panorama alam nya yang mempesona.

Karena wilayah Sumatera Barat sebagian besar merupakan daerah perbukitan, maka tak heran jika banyak sumber mata air alami yang terdapat di sini. Selain untuk dikonsumsi, mata air tersebut juga dimanfaatkan warga untuk wisata pemandian.

tempat wisata pemandian alami di sumatera barat

Bicara tentang tempat wisata berkonsep pemandian, di sumbar sendiri banyak sekali terdapat tempat pemandian yang berasal dari mata air alami dan tentunya bersih dan menyegarkan. Apa saja tempat wisata di sumbar yang berkonsep pemandian? Berikut telah kami rangkum pada artikel berikut ini.

1. Batang Tabik


Batang Tabik merupakan pemandian yang berada di Kenagarian Sei Kamuyang, Kecamatan Luak, Kabupaten 50 Kota, dan tidak jauh dari kota Payakumbuh. Batang Tabik memiliki beberapa kolam yang dipenuhi oleh air yang berasal dari mata air alami sehingga sangat dingin dan bersih.

Salah satu di antara kolam tersebut terdapat sebuah kolam yang dinamakan kolam ibu, yang di dalamnya terdapat ikan larangan yang menghiasi kolam. Di kolam ini kita juga bisa berenang bersama ikan-ikan yang menambah keseruan di dalamnya.

Mata air Batang Tabik ini konon katanya berasal dari sebuah mata air di Danau Singkarak. Cerita ini dipercaya oleh masyarakat setempat dari generasi ke generasi.

2. Tirta Alami

objek wisata tirta alami malibo anai

Objek wisata Tirta Alami atau yang lebih dikenal dengan kawasan Anai Resort ini berada di Kandang Ampek, Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, Padang Pariaman atau berada di jalur lalu lintas Padang-Bukittinggi.
Sesuai dengan namanya Tirta Alami, tempat pemandian ini benar-benar alami karena airnya berasal dari mata air Gunung Tandikat(Tandikek) yang pastinya bersih dan menyegarkan. Selain itu kolam-kolam di sini juga terbuat dari batu alam sehingga menambah kesan alami. Nah, bicara mengenai biaya untuk mandi di sini kita cukup membayar Rp 10.000 per orang.

Selain menyediakan tempat pemandian alam, di sini juga sudah tersedia beberapa permainan seperti Flying Fox, ATV Road dan lain-lain yang akan menambah keseruan berlibur kamu. Selengkapnya tentang objek wisata Tirta Alami bisa kamu baca pada artikel ini.

3. Puncak Anai


Belum lama ini ada juga tempat pemandian alami yang baru dibangun di sekitar kawasan Anai Resort, yaitu Puncak Anai. Sama halnya dengan Tirta Alami, di sini juga terdapat beberapa kolam pemandian alami yang terdiri dari tiga kategori, yaitu kolam untuk anak-anak, remaja dan dewasa.

Namun yang menarik di sini juga tersedia Camping Ground untuk kamu yang ingin melakukan aktivitas camping. Untuk biaya masuk ke pemandian Puncak Anai ini juga murah, hanya Rp 10.000per orang dan bagi yang ingin ingin melakukan aktivitas Camping cukup membayar Rp 25.000 per orang.

4. Air Terjun Nyarai


Air Terjun Nyarai merupakan objek wisata yang berlokasi di Hutan Gamaran, Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman. Karena berlokasi di hutan, untuk mencapai ke tempat ini kita harus menerobos hutan Gamaran dengan berjalan kaki. Meski agak jauh, namun kita tidak akan merasa capek karena kita akan disuguhi oleh hijaunya hutan yang masih asri di sepanjang perjalanan.

Selain itu kita juga akan melewati beberapa kolam alami (lubuak) seperti Lubuak Ngungun, Lubuak Lalang dan Lubuak Batu Taduang yang sayang sekali rasanya untuk dilewatkan. Penasaran bagaimana keindahan dari Air Terjun Nyarai? silakan dibaca pada artikel berikut ini.

5. Tapian Puti


Objek wisata pemandian Tapian Puti berlokasi di Korong Sikabu Bukik, Nagari Sikabu, Kecamatan Lubuk Alung atau berjarak sekitar 40 km dari kota Padang. Tapian Puti merupakan pemandian alam yang cukup unik karena berupa kolam-kolam batu yang bertingkat dimana airnya mengalir dari satu kolam ke kolam lainnya sehingga membentuk air terjun kecil.

Karena bentuknya yang bertingkat-tingkat, mandi di tempat ini memberikan pengalaman yang berbeda dari biasanya. Air di pemandian ini juga sangat alami dan  tentunya sangat bersih dan segar. Untuk ulasan lebih lanjut tentang Tapian Puti bisa kamu baca pada artikel ini.

6. Pemandian Alam Sako Tapan


Pemandian Alam Sako Tapan terletak di kampung Muaro Sako, Kenagarian Sungai Gambir Sako Tapan atau berjarak sekitar 20 km dari Pasar Tapan menuju ke arah Sungai Penuh.

Objek wisata yang satu ini terkenal dengan kealamiannya dan selalu ramai dikunjungi pada akhir pekan oleh masyarakat Tapan dan sekitarnya untuk sejenak melepas lelah dari rutinitas sehari-hari. Di sini kita bisa mandi secara gratis di sungai yang jernih dengan batu-batu besar sembari menikmati pemandangan dan udara segar yang seakan-akan menyapu rasa lelah.

7. Lubuak Mato Kuciang


Lubuak Mato Kuciang berada di Kelurahan Pasar Usang, Kota Padang Panjang. Objek wisata yang satu ini sudah terkenal sejak dulunya dan selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar Padang Panjang.

Air di pemandian ini juga berasal dari air pegunungan yang alami, bersih, dan jernih layaknya mata kucing (mato kuciang). Namun sekarang ini kepopuleran Lubuak Mato Kuciang mulai meredup setelah dibangunnya Mifan Waterpark di kota Padang Panjang.

8. Lubuak Paraku


Tempat wisata pemandian Lubuak Paraku berada di jalan lintas Padang-Solok atau tepatnya di kilometer 15. Untuk lokasinya sendiri agak masuk ke dalam tapi tidak terlalu jauh. Untuk bisa memasuki tempat pemandian ini tidak dikenakan biaya sama sekali, tetapi cukup membayar parkir kendaraan saja.

Suasana di sini terasa sangat alami karena memang berasal dari sumber mata air alami dan pepohonan yang rindang turut menghiasi. Tampat ini selalu ramai dikunjungi oleh muda mudi di akhir pekan. Di sekitar pemandian juga terdapat warung-warung yang menyediakan makanan sebagai pengganjal perut.

9. Lubuak Bonta


Tempat pemandian Lubuak Bonta berlokasi di Korong Tarok, Kenagarian Kapalo Hilalang, Kecamatan 2 X 11 Kayu Tanam, Kab Padang Pariaman. Pemandian Lubuak Bonta sudah populer sejak era 1970-an dan dulunya sangat ramai dikunjungi ketika tradisi balimau menjelang masuknya bulan Ramadhan.

Air di pemandian ini juga masih sangat alami dan jernih, dan terdapat dua buah kolam pemandian yaitu kolam bagian atas dan bagian bawah. Di dalam kolam juga terdapat ikan-ikan yang menambah keindahan pemandian Lubuak Bonta.

10. Air Panas Bukik Kili


Pemandian air panas Bukik Kili cukup ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Mandi di air panas Bukik Kili ini kita akan mendapatkan manfaat karena air panas di sini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit.
Objek wisata pemandian air panas Bukik Kili ini sendiri berlokasi di Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok atau berjarak sekitar 54 km dari kota Padang. Untuk menuju ke tempat ini kita bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Selengkapnya tentang air panas bukit kili bisa kamu baca pada artikel ini.

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Sumbar berkonsep pemandian alami yang wajib kamu kunjungi untuk menghabiskan akhir pekan. Mandi dengan air yang alami dan segar tentu akan memberikan pengalaman berbeda dari yang biasanya.

Berbagi informasi tentang tempat wisata di Sumatera Barat


EmoticonEmoticon