01 October 2016

Air Terjun Nyarai, Sisi Unik di Lubuk Alung

Advertisement
Keberadaan air terjun selama ini memang memberikan potensi objek wisata yang menarik bagi para wisatawan. Terlebih bagi mereka yang memiliki jiwa petualang, menelusuri air terjun yang berada jauh di tengah hutan akan memberikan pengalaman dan tantangan tersendiri.Apalagi ketika kita menikmati keindahannya, mata kita akan terkagum-kagum meilhat ciptaan-Nya yang sangat menakjubkan ini.

Berwisata ke air terjun merupakan pilihan yang sangat cocok untuk mengisi waktu liburan kamu di akhir pekan. Ada banyak sekali air terjun yang bisa kamu kunjungi di Sumatera Barat. Pada artikel sebelumnya Wisata Sumbar pernah membahas tentang keindahan Air Terjun Langkuik Tinggi di Malalak. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan merekomendasikan kepada dunsanak tempat wisata air terjun yang tak kalah kerennya dari Langkuik Tinggi.

Air Terjun Nyarai, itulah sebutan oleh masyarakat di sana untuk air terjun yang sangat indah ini.Air terjun yang terletak di Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Nagari Lubuk Alung, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat ini memiliki bentuk yang sangat unik. Kolam besar yang terbuat dari batu secara alami dengan airnya yang jernih dan berwarna kehijauan memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain itu dengan akses ke sana yang tidak mudah akan memberikan tantangan tersendiri bagi yang menelusurinya.

Bagi dunsanak yang hobi berpetualang mengunjungi air terjun yang satu ini merupakan hal yang sangat menyenangkan untuk mengisi waktu liburan kamu. Untuk itu pada kesempatan kali ini wisata sumbar akan mengulas tentang keindahan Air Terjun Nyarai di Lubuk Alung. Kamu penasaran bagaimana keindahannya? Silakan disimak pada artikel berikut ini.

Keindahan Objek Wisata Air Terjun Nyarai


air terjun nyarai lubuk alung
Foto: @vicimaiself93

Air Terjun Nyarai merupakan salah satu tempat wisata di Sumatera Barat yang sangat populer di kalangan anak muda. Untuk mencapai ke lokasinya sendiri tidaklah mudah, karena kita akan menerobos Hutan Gamaran dengan perjalanan lebih kurang 2 jam dari posko. Cukup jauh memang, akan tetapi pemandangan alam dan kicauan burung akan menemani kamu selama di perjalanan, sehingga rasa lelah seakan tidak terasa selama perjalanan.

Selain itu juga terdapat banyak spot yang akan kita lalui yang bisa kita manfaatkan untuk berfoto, di antaranya yaitu: Lubuak Lalang, Lubuak Ngugun, Lubuak Batu Tuduang, dan masih banyak lagi. Jadi jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen kamu selama di perjalanan karena akan ada banyak sekali tempat-tempat yang menarik yang akan dilalui.

Setibanya di lokasi mata kita akan langsung tertuju ke arah Air Terjun Nyarai yang indah. Dengan ketinggian sekitar 7 sampai 8 meter dan memiliki air yang sangat jernih berwarna kehijauan seakan menyapu semua rasa penat yang dirasakan. Yang unik dari air terjun ini adalah terdapatnya sebuah kolam besar yang dibentuk oleh batu dan di antara air terjun dengan kolam juga dibatasi oleh semacam bendungan seolah-olah mengatur debit air yang masuk ke kolam. Semua itu merupakan proses dari alam dan tanpa ada campur tangan manusia, sungguh ciptaan Tuhan yang luar biasa indah.

Baca juga:

Di sini kamu bisa berenang sepuasnya menikmati dinginnya air yang masih sangat alami. Keindahan Air Terjun Nyarai tidak sampai di sini saja, kamu juga bisa menangkap ikan menggunakan alat khusus dengan menyelam ke dalam kolam, kemudian ikan tersebut bisa kamu manfaatkan untuk santapan makan siang jika perut sudah terasa lapar setelah puas bermain air.

Selain itu jika kamu ingin melakukan aktivitas camping juga bisa kok, karena di sini juga tersedia paket camping yang bisa kamu pilih. Bagi kamu yang hobi fotografi tempat ini sangat cocok sekali untuk diabadikan. Akan tetapi jika kamu datang ke sini untuk mendapatkan foto dengan latar belakang air terjun yang indah, disarankan untuk mengunjungi tempat ini selain hari libur dan akhir pekan. Karena pengunjung akan sangat ramai di hari-hari tersebut dan akan sulit untuk mengambil gambar yang cocok.

Lokasi dan Jalur Trekking ke Air Terjun Nyarai


Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya lokasi Air Terjun Nyarai berada di Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Nagari Lubuk Alung, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat. Untuk perjalanan ke air terjun, tujuan pertama kita adalah mengunjungi Pasar Lubuk Alung yang berada di Kabupaten Padang Pariaman.

Baca juga: Tapian Puti, Tempat Wisata Pemandian Alami Yang Sangat Unik

Jika dunsanak dari arah Kota Padang, setibanya di Pasar Lubuk Alung kita akan belok kanan.Namun sebaliknya, jika dunsanak berasal dari arah Kota Bukittinggi sesampainya di Pasar Lubuk Alung kita langsung belok kiri menuju ke Posko Lubuk Nyarai.Dari Posko inilah semua aktifitas trekking dimulai. Persiapan awal seperti memarkir kendaraan, menyiapkan bekal untuk makan siang, mengganti kostum yang cocok untuk trekking, dan lain-lain. Di posko ini kita bisa memilih beberapa paket wisata yang kita inginkan seperti: Paket Trekking, Paket Camping, Bird Watching, Paket menembak ikan, dengan syarat jumlah anggota minimal 5 orang.

Jalur Trekking ke Air Terjun Nyarai


Untuk tiba di Air Terjun Nyarai dibutuhkan waktu perjalanan lebih kurang selama 2 jam. Awal perjalanan kita akan melewati persawahan warga, setelah itu kita akan menyusuri hutan Gumaran. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang masih sangat terjaga keasriannya. Tiupan udara sejuk serta kicauan burung turut menemani kita selama perjalanan.

Selama perjalanan kita akan menemukan beberapa lubuak (lubuk) yang sangat indah, antara lainLubuak Lalang, Lubuak Ngugun, Lubuak Batu Tuduang, dan masih banyak lagi. Di lubuak ini kita juga bisa berhenti sejenak untuk beristirahat sambil berfoto dengan latar belakang lubuak yang masih sangat alami.
Setibanya di Air Terjun Nyarai mata kita akan terpesona melihat pemandangan yang luar biasa indah. Perjuangan melewati tantangan akan terasa tidak sia-sia, semuanya akan langsung terbayarkan di sini.

Tips Untuk Trekking ke Air Terjun Nyarai


Jika kamu ingin melakukan perjalanan menuju ke air terjun ini ada baiknya untuk mempersiapkan perlengkapan sebelum melakukan trekking. Untuk itu Wisata Sumbar akan memberikan beberapa tips sebagai berikut:
  • Persiapkan kondisi fisik dan mental
Mengingat jalur yang akan kita tempuh penuh dengan tantangan berupa pendakian, penurunan, dan menyeberangi sungai, ada baiknya kita mempersiapkan kondisi fisik dan mental kita dalam keadaan prima. Olahraga secara rutin akan sangat membantu meningkatkan stamina kita.

  • Alas kaki
Gunakanlah sepatu khusus atau sendal gunung, karena keadaan jalan yang bisa tiba-tiba licin saat musim hujan

  • Pakaian
Sesuaikan pakaian kita dengan pakaian yang cocok untuk trekking. Berhubung kita akan melewati berbagai medan yang cukup sulit, sebaiknya kita menggunakan pakaian yang tidak terlalu ribet. Baju kaos lengan panjang dengan celana jeans pendek dirasa sangat cocok untuk kamu gunakan.

  • Bekal dan lainnya
Persiapkanlah bekal untuk makan siang dan air mineral, karena di tengah hutan yang jauh dari akses penduduk kita tidak akan menemukan warung yang menyediakan makanan. Selain itu bawalah tas dan kantong plastik untuk melindungi peralatan elektronik yang kita bawa di kala hujan.

Itulah sedikit ulasan tentang Objek Wisata Air Terjun Nyarai yang wajib kamu kunjungi di Sumatera Barat. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan jangan lupa tulis pendapatmu di kolom komentar yang disediakan di bawah ya.

Berbagi informasi tentang tempat wisata di Sumatera Barat


EmoticonEmoticon