07 October 2016

Air Terjun Sipagogo, ‘Surga’ Tersembunyi di Kabupaten Pasaman Barat

Advertisement
Sumatera Barat dari dulu sangat terkenal dengan keindahan alam yang masih terjaga keasriannya sehingga menjadikan wilayah ini sebagai kunjungan wisata favorit bagi wisatawan. Bahkan dari waktu ke waktu selalu ada kejutan baru berupa tempat wisata keren yang masih belum terjamah dan tidak disangka-sangka keberadaannya selama ini. Sehingga tempat tersebut mendadak populer di kalangan anak muda pencinta alam.

Seperti yang terjadi di Kabupaten Pesisir Selatan, atau tepatnya di Jorong Situak, Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang yang dikejutkan oleh keberadaan Air Terjun Sipagogo yang tak disangka-sangka keberadaannya selama ini. Dengan airnya yang bersih berwarna biru sebagai daya tariknya.

Kepopuleran Air Terjun Sipagogo pun kian memuncak ketika salah seorang warga Ujung Gading yang mengunggah fotonya yang berlatar belakang air terjun ke media sosial. Sejak itulah tempat wisata yang satu ini menjadi sangat populer dan jumlah kunjungan ke air terjun ini terus meningkat dari hari ke hari. Nah, bagi dunsanak yang penasaran bagaimana keseruan berwisata ke air terjun yang satu ini, selanjutnya bisa dunsanak baca pada ulasan berikut.

Sekilas Tentang Keindahan Air Terjun Sipagogo


air terjun sipagogo di pasaman barat
Foto: @dio_batubara29

Air Terjun Sipagogo atau yang dikenal dengan sebutan Sampuran Situak Lotok Sipagogo oleh masyarakat setempat merupakan sebuah air terjun yang sangat unik yang tersembunyi jauh di tengah hutan Situak Lotok. Sebenarnya penemuan air terjun yang indah ini bukanlah hal yang baru, karena sudah lama ditemukan oleh warga yang sedang mencari rotan dan tidak terpikirkan bahwa tempat ini memiliki potensi wisata yang menjanjikan.

Baru lah belum lama ini Air Terjun Sipagogo ramai dibincangkan berkat ketenarannya di media sosial. Air terjun ini memiliki bentuk yang bertingkat yang mana terdiri dari 4 tingkat dan memiliki ketinggian sekitar 2 hingga 4 meter untuk setiap tingkatnya. Di bawahnya terdapat sebuah kolam yang airnya begitu jernih dan berwarna kebiruan, sungguh pemandangan yang luar biasa.

Di sini kita akan disuguhkan oleh pemandangan air terjun yang alami dipadu dengan hijaunya pepohonan yang asri serta hembusan udara segar. Berfoto underwater di bawah birunya air merupakan kesempatan yang sangat berharga untuk mengabadikan momen bersama teman-teman. Selain itu kita juga bisa menaiki tebing di samping derasnya air terjun untuk menghasilkan foto yang unik. Tetapi kita harus berhati-hati karena tebingnya lumayan licin.

Menurut masyarakat setempat nama Sipagogo sendiri diambil dari sebuah julukan/nama seorang tokoh yang konon dulunya dia adalah seorang yang memiliki kesaktian dan sering bertapa di air terjun ini.

Lokasi dan Akses ke Air Terjun Sipagogo


Air Terjun Sipagogo berada di Jorong Situak, Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat. Atau berjarak sekitar 60 km ke arah utara dari Simpang Empat, Ibu Kota Pasaman Barat. Untuk aksesnya sendiri kita bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua sampai ke lokasi parkir kendaraan, setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan trekking sejauh 2 km untuk sampai ke lokasi Air Terjun Sipagogo.

Baca juga:

Dari sini aktifitas trekking dimulai, karena lokasinya yang jauh di tengah hutan Situak Lotok, berbagai rintangan dan medan yang sulit dilalui akan menjadi tantangan tersendiri selama perjalanan. Namun semangat untuk sampai ke lokasi tidak akan terpatahkan karena di sepanjang perjalanan kita akan disuguhi oleh pemandangan rimbunnya hutan beserta tiupan udara segar dan kicauan burung yang akan menemani kita sepanjang perjalanan.

Setelah berjalan selama kurang lebih 30 menit, kita akan menjumpai sebuah tanjakan yang merupakan tantangan terakhir sebelum sampai ke lokasi. Selepas tanjakan tersebut gemercik air terjun mulai terdengar dan penanda bahwa kita sudah sampai di lokasi. Ya, kita akan terpesona dengan sambutan Air Terjun Sipagogo yang menawan. Genangan air yang berwarna biru seolah-olah menyapu rasa lelah dan menarik kita untuk langsung melompat ke dalamnya, sungguh luar biasa pemandangan surga tersembunyi yang satu ini.

Nah, bagi dunsanak yang tertarik untuk menghabiskan waktu liburan di air terjun yang satu ini, berikut ini beberapa tips sebelum melakukan trekking ke Air Terjun Sipagogo:

  • Pastikan kondisi fisik dan mental dalam keadaan prima. Karena kita akan melewati berbagai tantangan dan medan yang berat, sebaiknya kita persiapkan dulu kondisi kesehatan kita. Berolahraga secara rutin akan sangat membantu meningkatkan kekuatan tubuh.
  • Gunakanlah alas kaki khusus. Ya, untuk melalui medan yang berat dan berbagai kondisi jalan yang beragam sebaiknya kita menggunakan sepatu khusus atau sendal gunung. Apa lagi ketika musim hujan, jalan akan terasa sangat licin.
  • Persiapkan bekal sebelum perjalanan. Karena lokasinya di tengah hutan maka kita tidak akan menjumpai pedagang yang menyediakan makanan dan minuman. Ada baiknya kita mempersiapkan bekal yang bisa dibeli di sekitar lokasi parkir.
  • Tetap berhati-hati dan jangan merusak alam. Karena tempat wisata ini belum ada pengelolanya, diharapkan bagi pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merusak keindahan alam, jagalah alam ini agar tetap lestari.

Dengan adanya air terjun ini diharapkan Pemerintah setempat agar dapat mengelola dan melakukan pembangunan jalan untuk kedepannya. Supaya Objek Wisata Air Terjun Sipagogo ini dapat dikenal luas dan menjadi wisata unggulan di Sumatera Barat. Tentu saja hal ini dapat meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pariwisata.

Bagaimana pendapat dunsanak tentang air terjun yang satu ini? Jangan lupa sematkan komentarnya di kolom komentar yang disediakan di bawah ya. Sekian dulu ulasan dari Wisata Sumbar dan terimakasih atas kunjungannya.

Berbagi informasi tentang tempat wisata di Sumatera Barat


EmoticonEmoticon