04 October 2016

Danau Kembar di Kabupaten Solok, Sajikan Keindahan Alam Yang Mempesona

Advertisement
Kabupaten Solok selain terkenal sebagai daerah penghasil beras ternyata juga menyimpan kekayaan dan keindahan alam yang melimpah. Dengan demikian Kabupaten Solok memiliki potensi wisata yang sangat beragam. Di sini kita bisa menjumpai berbagai macam tempat wisata yang menarik mulai dari mendaki gunung, danau yang terbentang luas, perkebunan, hingga keindahan alam yang masih sangat terjaga keasriannya.

Bagi dunsanak yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga maupun teman-teman maka Kabupaten Solok menjadi tujuan wisata yang tepat. Karena pada artikel kali ini Wisata Sumbar akan mengulas salah satu tempat wisata di Sumatera Barat yang sangat terkenal yaitu Danau Kembar yang berada di Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat.

Tempat wisata yang terkenal dengan sebutan Danau di Atas dan Danau di Bawah (Danau di Ateh dan Danau di Bawah) ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Sesuai dengan namanya, Danau Kembar merupakan dua buah danau yang terletak saling berdekatan dan memiliki ukuran yang hampir sama. Selain airnya yang jernih kebiruan, pemandangan di sekitar danau ini juga sangat menyejukkan mata. Dijamin kamu akan betah berlama-lama di sini.

Nah, bagi dunsanak yang ingin berwisata di akhir pekan bersama keluarga tercinta atau teman-teman, Objek Wisata Danau Kembar adalah destinasi yang sangat tepat untuk dikunjungi. Bagaimana keindahan dan keunikan yang disajikan oleh tempat yang satu ini? Silakan disimak pada ulasan berikut ini.

Pemandangan Alam di Danau Kembar Yang Sungguh Indah


danau kembar di solok

Danau di Atas dan Danau di Bawah berada di Kecamatan Lembah Gumanti dan Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat. Danau Kembar memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Karena letak kedua danau ini berdampingan dan ukuran yang hampir sama sehingga dinamakan dengan Danau Kembar.

Hal yang unik dari kedua danau ini adalah meskipun akrab disebut sebagai Danau di Atas dan Danau di Bawah, akan tetapi penamaan tersebut justru berbanding terbalik dengan kenyataannya. Danau yang posisinya lebih tinggi justru dinamakan Danau di Bawah, sedangkan danau yang lebih rendah dinamakan Danau di Atas. Untuk kedalamannya sendiri pun berbeda, Danau di Atas memiliki kedalaman lebih dari 500 meter, sedangkan Danau di Bawah hanya sekitar lebih kurang 44 meter.

Bersantai di tepi danau merupakan hal yang sangat menyenangkan untuk menikmati liburan di akhir pekan. Danau yang bersih ditambah dengan pemandangan alam di sekeliling seakan menyapu semua rasa penat dari rutinitas sehari-hari. Karena lokasi danau yang berada di dataran tinggi Bukit Barisan, membuat udara di sekitar sini terasa sangat sejuk.

danau kembar kabupaten solok
Foto: @aimsaluik
Jika memandanginya dari kejauhan, danau ini terlihat sangat asri dan hijau di sekelilingnya. Karena di sekeliling danau ini memang dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk bercocok tanam. Di sekitarnya kita akan menemukan tanaman sayuran, cabe, wortel, markisa, dan beberapa tanaman teh. Sungguh kombinasi pemandangan alam yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Banyak sekali aktifitas menyenangkan yang bisa kita lakukan di Danau Kembar ini. Jika kamu tidak puas dengan pemandangan danau, kamu juga bisa mencoba beberapa fasilitas wisata yang terdapat di sekitar danau seperti Tracking, Outbond, olahraga air, dan masih banyak lagi. Selain itu kamu juga bisa menyambangi danau yang satunya lagi dengan mudah, dengan jarak antara kedua danau tersebut hanya sekitar 300 meter saja.

danau kembar kabupaten solok
Foto: @julia.melza
Untuk fasilitas di sekitar Danau Kembar sendiri sudah sangat lengkap, mulai dari tempat bersantai hingga rumah makan sangat mudah dijumpai di sini. Selain itu juga terdapat beberapa cottage yang bisa disewa untuk menginap. Bagi kamu yang menyukai bunga di sini juga terdapat bunga yang sangat unik yang bernama Bunga Sarai Gunuang yang bisa kamu beli kepada masyarakat di sana. Menurut penjualnya bunga ini bisa bertahan lama, bahkan bisa bertahan selama bertahun-tahun tanpa layu.

Lokasi dan Akses ke Danau Kembar


Seperti yang telah disampaikan sebelumnya Danau Kembar berada di Kecamatan Lembah Gumanti dan Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat. Danau ini juga bisa diakses dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jarak dari Kota Padang menuju ke Danau Kembar hanya sekitar 60 km saja dan memakan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan.

Baca juga:

Perjalanan dari Kota Padang menuju ke Danau Kembar ini juga sangat menyenangkan, pemandangan alam yang berupa hamparan perbukitan dan perkebunan yang hijau akan menemani kamu selama perjalanan dan mampu menghilangkan kebosanan. Selain itu sebelum kamu menuju ke Danau Kembar disarankan untuk membawa jaket karena setibanya di sana udara akan terasa sangat dingin sekali.

Bagaimana, dunsanak tertarik untuk berwisata ke Danau Kembar? Jangan lupa tulis pendapatmu tentang danau yang satu ini di kolom komentar yang sudah disediakan di bawah ya. Sekian dulu ulasan singkat dari Wisata Sumbar, semoga artikel ini bisa menjadi referensi tujuan wisata kamu selanjutnya.

Berbagi informasi tentang tempat wisata di Sumatera Barat


EmoticonEmoticon