17 December 2016

Menelusuri Air Terjun Batang Aie Duo di Kaki Gunung Singgalang

Advertisement
Mengisi waktu liburan dengan berkunjung ke tempat unik dan menantang akan memberikan sensasi tersendiri bagi yang melakukannya. Terlebih bagi mereka para pecinta alam, menelusuri tempat yang masih asri dan jauh di dalam hutan adalah sebuah pengalaman yang tak terlupakan. Bagi dunsanak yang berencana mengisi waktu liburan atau akhir pekan dengan mengunjungi tempat wisata yang cukup menantang harus mencoba mengunjungi sebuah air terjun yang berada di kaki gunung Singgalang yang satu ini, yakni Air Terjun Batang Aie Duo.

Air Terjun Batang Aie Duo merupakan salah satu lokasi favorit bagi muda mudi setempat untuk mengisi waktu liburan. Air terjun yang berada di Jorong Sikadundung, Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar ini masih belum banyak yang mengetahui keberadaannya. Karena memang lokasinya yang berada jauh di dalam hutan. Untuk mencapai lokasinya pun tidak mudah, kita harus trekking menyusuri sungai dan melewati berbagai macam rintangan.

Nah, bagi dunsanak yang menyukai tempat wisata bernuansa alam dan tantangan, mengunjungi Air Terjun Batang Aie Duo wajib untuk dicoba. Seperti apa keindahan dan keseruan dari tempat yang satu ini? Berikut ulasan lengkapnya.

Keindahan Air Terjun Batang Aie Duo


air terjun batang aie duo

Kabupaten Tanah Datar tidak hanya kaya akan wisata budaya dan kulinernya yang khas, tetapi juga alamnya nan elok. Belum lama ini beredar foto air terjun yang cukup indah dan asri di berbagai media sosial dan ramai diperbincangkan. ‘Air Terjun Batang Aie Duo’ itulah sebutan untuk surga tersembunyi yang satu ini. Karena lokasinya yang jauh di tengah hutan, banyak yang belum mengetahui keberadaannya.

Dunsanak penasaran kenapa air terjun ini dinamakan Air Terjun Batang Aie Duo? Menurut masyarakat setempat “Batang Aie Duo” adalah nama dari tempat bertemunya dua batang aie (sungai) menjadi satu yang menjadi hilir dari air terjun tersebut. Sehingga di bawahnya terdapat dua tingkat air terjun yang indah dan tidak terlalu tinggi.

Suasana di sekitar lokasi air terjun ini sangatlah alami dan memanjakan mata karena masih belum terjamah oleh banyak orang. Wajar saja jika banyak sekali kita temui pepohonan yang rindang serta satwa yang berkeliaran di sana. Beningnya air terjun yang jatuh ke kolam membuat kita tidak sabar untuk segera melompat ke kolam dan menikmati dinginnya air. Menurut masyarakat setempat, sumber air yang mengaliri air terjun ini berasal dari sungai di kaki Gunung Singgalang dan Gunung Tandikat. Wajar saja kalau airnya begitu bersih dan segar.

Keseruan di air terjun batang aie duo tidak hanya sekedar mandi saja, tempat ini juga sangat cocok bagi yang menyukai fotografi. Hijaunya alam dipadu dengan air terjun dan bebatuan akan menciptakan foto yang sangat indah. Namun untuk mencapai semua itu tidaklah mudah, kita akan dituntut untuk menembus hutan dan menyusuri aliran sungai di sepanjang perjalanan. Akan tetapi bagi mereka yang menyukai tantangan hal itu sangatlah menyenangkan.

Lokasi Air Terjun Batang Aie Duo


Jika dunsanak tertarik untuk menikmati sensasi petualangan menuju ke air terjun ini tentunya harus mengetahui terlebih dahulu di mana lokasinya. Seperti yang telah disinggung sebelumnya Air Terjun Batang Aie Duo berada tepatnya di Jorong Sikadundung, Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Untuk mencapai lokasi kita harus trekking selama kira-kira satu jam dari titik awal atau parkir kendaraan.

Untuk menuju ke Jorong Sikadundung bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Perjalanan bisa dimulai dari Kota Padang Panjang menuju ke Nagari Singgalang dengan jarak tempuh selama kurang lebih 30 menit berkendara. Di sepanjang perjalanan menuju ke Nagari Singgalang kita akan melewati tempat pemandian alami Lubuak Mato Kuciang dan beberapa jorong yang ada di Nagari Singgalang. Untuk kondisi jalannya juga cukup baik dan beraspal, hanya saja kita akan menjumpai beberapa titik yang mengalami kerusakan.

Baca juga:

Bagi dunsanak yang baru pertama kali ke Air Terjun Batang Aie Duo sebaiknya menggunakan jasa pemandu dari masyarakat setempat agar tidak tersesat nantinya. Perjalanan kaki dimuali dari lokasi parkir menuju ke air terjun memakan waktu kira-kira selama satu jam. Di sepanjang perjalanan kita akan melewati berbagai rintangan dan menyusuri aliran sungai yang berbatu dan licin. Untuk itu diharapkan agar berhati-hati dan gunakanlah perlengkapan trekking yang memadai. Menyusuri aliran sungai yang cukup jauh memang sangat melelahkan, tapi pada saat sampai di lokasi dijamin kamu akan terpesona oleh pemandangan air terjun yang mengalir di sela-sela bebatuan besar.

Itulah sedikit ulasan tentang indahnya Air Terjun Batang Aie Duo yang wajib kamu kunjungi untuk mengisi waktu liburan atau akhir pekan. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga bisa bermanfaat untuk pembaca blog Wisata Sumbar semuanya. Jangan lupa share artikel ini di sosial media ya supaya banyak teman-teman kita yang mengetahui keberadaan air terjun yang satu ini.

Berbagi informasi tentang tempat wisata di Sumatera Barat


EmoticonEmoticon