25 January 2017

Mengintip Keindahan Miniatur Makkah di Lubuk Minturun Padang

Advertisement
Berbicara tentang tempat wisata di Padang Sumatera Barat memang tidak ada habisnya. Banyak sekali tempat-tempat unik yang selalu menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya wisata bahari atau wisata kuliner saja yang bisa kita temukan di sini, ada beberapa tempat wisata religi yang mampu membuat siapa saja yang berkunjung berdecak kagum akan keindahannya.

Salah satu tempat wisata bernuansa islami yang wajib untuk kamu kunjungi di sini adalah Miniatur Mekah Mini yang berada di Lubuk Minturun, Padang. Sesuai dengan namanya, Miniatur Makkah di sini merupakan sebuah area Masjid yang dibuat sedemikian rupa mirip dengan kota Makkah di Arab Saudi yang menjadi tujuan haji oleh umat muslim. Karena tempat ini merupakan miniatur saja, tentu ukurannya pun tidak sebesar yang aslinya.

miniatur mekah mini lubuk minturun padang
Foto: instagram.com/rhezathresya

Namun yang sangat menarik dari tempat ini adalah bangunan-bangunan yang ada di sana sangat unik dan seolah-olah dibuat mirip dengan aslinya. Suasana kota Makkah akan semakin terasa pada saat kita mulai memasuki kawasan Masjid Nur Zikrillah. Di depan pintu masuk kita akan menemukan tugu Alquran raksasa seperti yang ada di kota Makkah, namun ukurannya lebih kecil. Setelah itu kita akan menemukan batu-batu besar yang diberi tulisan nama-nama tempat di Makkah.

Selain itu, di tengah kawasan wisata Miniatur Mekah Mini ini ada jembatan dengan tiga tugu di atasnya, ini menyimbolkan tempat umat Islam melempar jumroh. Jika kita memasuki masjid ini, di dalamnya kita akan menemukan miniatur Ka’bah. Masjid ini selain digunakan untuk tempat ibadah, juga digunakan untuk kegiatan pembekalan haji (manasik haji).

Jika dunsanak berkunjung ke Miniatur Makkah Mini ini, dunsanak akan menemukan beberapa bangunan lainnya seperti terowongan yang melambangkan terowongan Mina, kolam-kolam yang diisi dengan ikan-ikan besar, miniatur Bukit Safa dan Bukit Marwah yang merupakan tempat yang dikunjungi dalam rangkaian ibadah haji, dan masih banyak lagi yang akan membuat kamu betah berlama-lama di tempat ini.

Selain itu untuk menambah kesan kota Makkah-nya, di sini juga ada beberapa ekor unta yang dipelihara di tempat ini. Jadi, buat kamu yang seumur hidup belum pernah melihat unta secara langsung, bisa kok di sini dan tidak perlu jauh-jauh ke arab. Pemandangan indah di lokasi ini tidak hanya berupa bangunan-bangunan kota Makkah saja loh, rumput hijau dan indahnya perbukitan juga akan memanjakan mata setiap wisatawan.

Jadi, buat kamu yang hobi fotografi jangan lewatkan momen berharga ini ya. Selalu siapkan kamera yang bagus agar foto kamu akan terlihat mengagumkan. Nah, jika kamu tertarik berkunjung ke tempat ini tidak susah kok menemukan lokasi Miniatur Mekah Mini ini. Dari Kota Padang kita berkendara melewati jalur By Pass menuju ke simpang Lubuk Minturun dengan waktu tempuh sekitar setengah jam dari pusat Kota Padang. Kita bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, atau kita juga bisa menggunakan kendaraan umum yang menuju ke Lubuk Minturun.

Lihat juga: Dinginnya Air Terjun Ngungun Saok di Lubuk Minturun Padang

Itulah sedikit ulasan tentang Objek Wisata Miniatur Mekah Mini di Lubuk Minturun Padang yang patut kamu kunjungi. Bagaimana, dunsanak tertarik untuk berwisata religi ke tempat ini? Jangan lupa tinggalkan komentarmu pada kolom komentar yang disediakan di bawah ya.

Berbagi informasi tentang tempat wisata di Sumatera Barat

This Is The Newest Post

4 komentar

:) sudah sukses ini akun GoAds nya gan.. :) saya malah belum-Belum... hehehe

Iya alhamdulillah gan
Coba terus dan tetap semangat :)

Destinasi wisata Sumatera Barat bagus dan menarik.
Harus dieksplor lagi gan... agar destinasi wisata Sumatera Barat semakin dikenal luas. Tahunya tempat wisata Sumatera Barat hanya tiga...Lembah Anai, Mentawai sama Jam Gadang :)
Kami ada buku untuk Pemasaran Pariwisata.
Silahkan kunjungi Hon Book Store.

Betul gan, dengan adanya blog ini semoga destinasi wisata di Sumatera Barat semakin dikenal luas.
Terima kasih atas kunjungannya gan :)
Oh ya, bukunya menarik juga nih kaya nya... Sukses selalu


EmoticonEmoticon