16 January 2017

Objek Wisata Ngalau Indah Pangian Lintau

Advertisement
Jika dunsanak ingin menghabiskan waktu liburan atau akhir pekan dengan menikmati pemandangan alam yang eksotis, mudah dijangkau, dan hemat biaya, maka dunsank wajib mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Ngalau Indah Pangian, itulah sebutan oleh masyarakat setempat. Ngalau sendiri merupakan sebutan untuk sebuah gua oleh masyarakat Minangkabau.

Sesuai dengan namanya, Ngalau Indah Pangian adalah sebuah tempat wisata yang menyajikan pemandangan gua yang sangat indah. Lokasinya yang berada di Nagari Pangian, Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, membuat tempat ini sangat mudah diakses. Karena jalan menuju ke Ngalau Indah Pangian ini terbilang sangat bagus dan lokasinya yang tidak jauh dari permukiman warga.

objek wisata ngalau indah pangian lintau
Foto: minangtourism.com

Tempat ini menyajikan pemandangan gua yang masih terjaga kealamiannya yang berupa lorong yang dihiasi oleh dekorasi khas gua seperti stalagmit dan stalaktit. Dari mulut gua ini juga mengalir anak sungai yang begitu bersih dan segar yang berasal dari perbukitan di sekitar ngalau ini. Air yang berasal dari dalam ngalau ini dimanfaatkan oleh warga setempat untuk mandi dan mencuci pada saat musim kemaraun datang.

Lihat juga: Ngalau Talago di Sijunjung, Hadirkan Pesona Gua Nan Eksotis

Keeksotisan dari Ngalau Indah Pangian ini semakin terasa ketika dunsanak menelusuri lorong-lorong gua. Di sepanjang perjalanan kita akan ditemani oleh aliran anak sungai dan juga pemandangan dinding-dinding menakjubkan seperti gua pada umumnya. Kabarnya di dalam gua ini juga terdapat sumber mata air panas yang bisa digunakan sebagai lokasi pemandian. Jarang sekali bukan? Sebuah gua yang memiliki tempat pemandian air panas di dalamnya. Keadaan di dalam gua juga sangat tenang dan sesekali keheningan dipecah oleh suara burung walet dan kelelawar.

objek wisata ngalau indah pangian lintau
Foto: jalan2.com

Keindahan objek wisata ngalau indah pangian ini tidak hanya bisa dinikmati dari dalam gua saja. Di sekitar lokasi kita juga akan dimanjakan oleh pemandangan hutan yang masih sangat asri. Selain itu buat kamu yang memiliki hobi panjat tebing, di sini juga terdapat beberapa tebing-tebing tinggi yang cukup menantang yang bisa kamu taklukkan. Namun jarang sekali yang melakukan olahraga panjat tebing di lokasi ini, karena memang Ngalau Indah Pangian belum dikenal oleh masyarakat Minangkabau secara luas.

objek wisata ngalau indah pangian lintau
Foto: Twitter.com

Pengunjung yang datang ke sini biasanya masyarakat setempat yang ingin menghabiskan akhir pekan dan juga muda mudi yang ada di sana. Dan sesekali tempat ini juga dikunjungi oleh masyarakat dari luar Tanah Datar. Buat dunsanak yang datang ke sini bersama keluarga dan anak-anak, tempat ini juga sangat cocok karena sudah terdapat kolam renang khusus anak-anak. Airnya juga berasal dari sungai yang mengalir dari mulut gua.

Lokasi dan Akses ke Ngalau Indah Pangian 


Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, Objek Wisata Ngalau Indah Pangian ini berada di Nagari Pangian, Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar atau sekitar satu jam dari Kota Batusangkar. Untuk akses ke sini juga sangat bagus dan lancar, bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Jika dunsanak berasal dari kota Padang, maka yang harus dituju pertama kali adalah Batusangkar dengan jarak sekitar 2,5 jam perjalanan. Dari Batusangkar kita menuju ke Lintau Buo dengan waktu tempuh sekitar 1 jam berkendara. Setelah sampai di Lintau, Kita langsung menuju ke Kantor Kecamatan Lintau Buo sekitar 15 menit. Selanjutnya, dari kantor camat kita akan melewati jalan beraspal yang cukup sempit dan berupa pemandangan hamparan sawah yang luas dan beberapa anak sungai.

Lihat juga: Objek Wisata Puncak Pato Lintau

Sekitar 5 menit dari kantor Kecamatan Lintau Buo, kita akan sampai di depan gerbang masuk Ngalau. Di sini kita bisa melihat tempat pemandian atau kolam renang khusus anak-anak. Selanjutnya kita bisa memarkirkan  kendaraan di lokasi parkir yang berjarak sekitar 3 menit dari pintu gerbang. Tempat parkir di sini juga tergolong cukup luas untuk beberapa mobil, dan di lokasi parkir kita juga bisa menemukan sebuah warung.

Dari sini kita akan melanjutkan perjalanan dengan trrekking ringan menuju ke gua. Di sepanjang perjalanan kita akan dimanjakan oleh pemandangan hijaunya hutan dan juga anak sungai yang terdapat di sepanjang jalur trekking. Sesekai kita juga bisa menjumpai hewan yang berkeliaran seperti kera. Semakin mendekati mulut gua, pemandangan juga terlihat semakin eksotis karena kita akan disambut oleh bebatuan besar serta tebing-tebing yang begitu indah. Jika dunsanak ingin menyusuri gua, sangat disarankan untuk ditemani oleh pemandu yang ada di sana supaya lebih aman.

Itulah sedikit ulasan tentang Objek Wisata Ngalau Indah Pangian yang wajib dikunjungi oleh dunsanak yang menyukai pemandngan alam. Bagaimana, dunsanak tertarik berkunjung ke sini? Jangan lupa tulis pendapatmu pada kolom komentar di bawah ya. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk para pembaca semuanya dan semoga liburanmu menyenangkan.

Berbagi informasi tentang tempat wisata di Sumatera Barat


EmoticonEmoticon