Wisata Sumbar

Wisata Sumbar adalah portal informasi yang mengulas tentang tempat-tempat unik atau objek wisata yang ada di Sumatera Barat. Temukan tempat wisata favorit kamu hanya di Wisata Sumbar. Semua artikel diulas secara lengkap dengan gaya bahasa yang mudah dipahami

Puncak Gagoan, Objek Wisata Bukit Batuan Karang Yang Mempesona


Sumatera Barat dari dulu dikenal sebagai 'surga' nya masakan enak dan kaya dengan keindahan alamnya yang masih terjaga. Tak heran jika banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke sana. Di Sumatera Barat kita bisa mengunjungi berbagai objek wisata yang menarik seperti pantai, danau, gunung, dan panorama yang memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri.

Berbicara mengenai wisata alam, baru-baru ini media sosial ramai membicarakan sebuah objek wisata bukit dengan batuan karang sebagai daya tariknya, yakni Puncak Gagoan. Objek wisata alam yang terletak di Nagari Paninggahan Kabupaten Solok ini ramai dikunjungi berkat kepoulerannya di media sosial dengan beredarnya foto-foto panorama alam yang begitu indah sebagai latar belakangnya.

Puncak Gagoan memiliki keindahan alam yang unik dengan batuan karangnya, karena tempat ini terletak di ketinggian maka kita akan disuguhkan oleh pemandangan alam serta pesona danau singkarak yang terletak tidak jauh dari puncak ini. Selain itu, kita akan dimanjakan oleh angin yang bertiup lumayan kencang dengan udaranya yang sangat sejuk. Karena bukit ini memang dikelilingi oleh hutan yang masih terjaga keasriannya. Selengkapnya tentang objek wisata Puncak Gagoan, bisa kamu baca pada ulasan berikut ini.

Batuan Karang Yang Unik dan Keindahan Alam Sebagai Daya Tariknya




Puncak Gagoan memang memiliki keindahan alam yang unik dan tumpukan batuan karang yang menjadi daya tarik tersendiri oleh wisatawan. Karena berada di ketinggian maka dari puncak kita akan disuguhkan oleh pemandangan Danau Singkarak yang terletak tidak jauh dari lokasi ini. Selain itu, kamu akan dimanjakan oleh tiupan angin yang segar seakan menyapu semua rasa lelah dari rutinitas sehari-hari.

Nama Gagoan sendiri berasal dari suku kata Minangkabau "Gagau" yang artinya gamang (takut jatuh). Karena memang jika kita sedang berada di atas puncak bukit ini kita akan menyaksikan kecuraman dengan batuan karang yang berwarna putih dengan kemiringan hampir mencapai 90 derajat. Sehingga masyarakat setempat menamakan puncak ini sebagai Puncak Gagoan. Untuk keselamatan pengunjung, pengelola dan pemuda setempat telah memberikan tanda/rambu-rambu berupa tanda silang berwarna merah. Agar para wisatawan tidak berdiri di tempat yang dianggap berbahaya untuk mengabadikan momen.



Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Puncak Gagoan, sebaiknya dipersiapkan waktu yang tepat dengan cuaca yang cerah sehingga kamu dapat menikmati keindahan alam tanpa terhalang kabut. Di daerah ini musim hujan terjadi pada sekitar Maret-Juli, dan kemarau di bulan Februari. Sedangkan musim pengalihan (pancaroba) terjadi pada Agustus hingga Oktober. Oleh karena itu diharapkan untuk memilih jadwal yang tepat jika kamu tidak mau kecewa setibanya di sana.

Lokasi Objek Wisata Puncak Gagoan


Secara geografis Nagari Paninggahan memiliki batas wilayah yang meliputi Kabupaten Tanah Datar di sebelah utara, sebelah timur berbatasan dengan Danau Singkarak, sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Padang Pariaman, serta sebelah selatan berbatasan dengan Muaro Pingai. Secara astronomis daerah Paninggahan berada pada 0,310 - 1,450 LS, 100,250 - 101,410 BT dan berada pada ketinggian 400-600 M di atas permukaan laut.

Puncak Gagoan memiliki jarak sekitar 20 Km dari pusat kota Solok, atau sekitar 78 Km jika kamu dari kota Padang. Untuk mencapai puncak gagoan kita bisa menggunakan roda empat maupun roda dua. Namun sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua, karena jalan untuk menuju ke puncak tergolong sempit untuk kendaraan roda empat. Untuk memulai perjalanan ke lokasi puncak, kita bisa masuk melalui pasar sumani dan perjalanan lebih kurang 7 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 menit saja. Dikarenakan sebagian jalan masih berbatu, disarankan laju kendaraan kamu tidak terlalu cepat agar selamat sampai ke puncak. Di sepanjang perjalanan menuju ke puncak gagoan kamu akan dimanjakan oleh pemandangan rumput hijau yang menghiasi bukit gagoan.

Baca juga:

Nah, itulah ulasan mengenai objek wisata puncak gagoan yang wajib kamu kunjungi. Apalagi bagi kamu yang hobi berfoto, tempat ini sangat cocok untuk menghasilkan foto yang bagus dengan latar belakang pemandangan yang indah.