Wisata Sumbar

Wisata Sumbar adalah portal informasi yang mengulas tentang tempat-tempat unik atau objek wisata yang ada di Sumatera Barat. Temukan tempat wisata favorit kamu hanya di Wisata Sumbar. Semua artikel diulas secara lengkap dengan gaya bahasa yang mudah dipahami

Danau Singkarak, Objek Wisata Danau Yang Wajib Kamu Kunjungi di Sumatera Barat


Keindahan Sumatera Barat tidak hanya berupa tepian pantai maupun gunung saja, namun masih banyak tempat wisata yang karunik dan menarik lainnya yang bisa kita kunjungi. Salah satu objek wisata yang tak kalah populer di sumbar adalah danau. Yap, pada artikel ini admin akan mengulas tentang sebuah danau yang sangat indah yaitu danau Singkarak.

Dari beberapa danau yang terdapat di Provinsi Sumatera Barat, danau Singkarak merupakan yang terbesar. Bahkan danau ini memiliki peringkat danau terbesar ke-2 di pulau Sumatera setelah danau Toba di Sumatera Utara. Nah, bagi kamu yang berkunjung ke Sumatera Barat tidak ada salahnya untuk singgah sejenak di danau yang satu ini. Seperti apa keindahannya? Berikut telah admin rangkum pada artikel berikut ini.

Sekilas Tentang Danau Singkarak




Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Danau Singkarak merupakan yang terluas di Sumatera Barat. Dengan luas sekitar 1000 hektar, danau ini merupakan yang terluas ke-2 di dataran Sumatera setelah danau Toba. Secara administratif danau Singkarak terletak pada dua Kabupaten di Sumatera Barat, yaitu Tanah Datar dan Solok. Danau yang memiliki kedalaman sekitar 268 meter dan berada pada ketinggian 363,5 mdpl ini merupakan salah satu danau tektonik di indonesia.

Para peneliti menyebutkan bahwa panjang danau singkarak bertambah dari waktu ke waktu mengikuti pergeseran lempeng bumi karena danau ini memang salah satu danau tektonik di indonesia. Menurut para peneliti, danau Singkarak awalnya memiliki panjang sekitar 3 Km saja. Kemudian panjang danau ini bertambah menjadi 8 Km, 13 Km dan sampai sekarang menjadi sekitar 23 Km. Untuk beberapa waktu ke depan diperkirakan panjang danau ini akan terus bertambah mengikuti pergeseran lempeng bumi.

Danau Singkarak memang sangat luas, namun tak banyak jenis ikan yang hidup di sana. Tercatat ada 19 jenis ikan yang hidup di danau ini. Salah satu jenis ikan yang istimewa di sini adalah ikan bilih (Mystacoleucus padangensis). Uniknya ikan ini hanya bisa hidup di danau ini saja, banyak yang mencoba untuk mengembangbiakkan ikan bilih di luar danau Singkarak, namun usaha mereka selalu gagal.

Objek Wisata Danau Singkarak


Danau Singkarak merupakan salah satu tempat wisata terfavorit bagi warga setempat, bahkan di hari libur banyak wisatawan dari luar Sumatera Barat yang berkunjung ke sini. Mulai dari anak-anak, remaja, sampai dewasa pun tak mau ketinggalan.

Di Danau Singkarak kamu akan disuguhkan dengan pemandangan perbukitan yang hijau di sekeliling danau, dipadukan dengan udara segar dari perbukitan yang seakan menyapu penat dari kesibukan kamu sehari-hari.

Dengan air danau yang bersih dan jernih kamu juga bisa berenang di danau ini, untuk kamu yang gak bisa berenang tenang saja, di sana banyak ibu-ibu yang menyewakan ban/pelampung. Bahkan bagi kamu yang hobi memancing boleh juga untuk sekedar memancing dan membakar ikan hasil tangkapan kamu bersama keluarga.

Selain mandi dan memancing, di sini kamu juga bisa melakukan permainan yang sedikit menantang dengan bermain Banana Boat, dan kamu juga bisa menaiki perahu bermesin dan berkeliling sepanjang danau. Setelah puas bermain, kamu juga bisa beristirahat sejenak di tepian danau dengan menyewa pondok yang tersedia di sana. Kalau kamu ingin yang lebih murah, bisa juga menyewa karpet dengan harga Rp 20.000.

Bagi kamu yang berasal dari luar Provinsi Sumatera Barat, jangan khawatir untuk mencari tempat penginapan. Karena di sekitar danau Singkarak tersedia beberapa tempat penginapan dan juga beberapa hotel di danau Singkarak.

Wisata Kuliner di Danau Singkarak


Setelah puas bermain dan berenang dan perut pun mulai keroncongan, kamu gak usah khawatir karena di sepanjang danau ini tersedia berbagai rumah makan Padang yang terkenal dengan masakannya yang khas.
Bicara tentang masakan khas di danau Singkarak, ada salah satu makanan yang istimewa yang tersedia di sini, yaitu ikan bilih. Yap, seperti yang telah dibahas sebelumnya, ikan bilih merupakan ikan yang hanya hidup di danau ini. Dengan jumlahnya yang sangat banyak, ikan bilih menjadi sumber penghasilan oleh masyarakat sekitar.

Ikan bilih sangat nikmat jika digoreng kering, rasanya sangat gurih dan khas. Selain itu harganya juga sangat ramah di kantong. Selain di makan langsung, kita juga bisa membungkus ikan bilih untuk dibawa pulang sebagai buah tangan.

Tour de Singkarak


Karena keindahan dan keunikan danau ini dikenal luas, danau Singkarak menjadi bagian dari pelaksanaan even bertaraf internasional, yakni Tour de Singkarak. Tour de Singkarak merupakan even balap sepeda bertaraf internasional yang diadakan setiap tahunnya dan diikuti oleh berbagai negara di dunia. Even ini diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dan Amaury Sport Organization yang merupakan penyelenggara Tour de France, yaitu even balap sepeda tingkat internasional di Prancis.

Tour de Singkarak bukan hanya sekedar balapan sepeda biasa, event ini bertujuan untuk memperkenalkan keindahan sumatera barat dan budaya Minangkabau untuk dikenal lebih luas di ranah internasional. Tour de Singkarak rutin dilakasanakan setiap tahun yang dimulai dari tahun 2009 hingga sekarang yang berlangsung selama seminggu antara bulan April-Juni.

Pertama kali diselenggarakan pada tahun 2009, rutenya dimulai dari Sawahlunto dan finish di kota Padang. Namun pada tahun 2012 rutenya diubah, yakni dimulai dari kota Padang dan berakhir di dermaga Danau Singkarak.

Lokasi Danau Singkarak


Seperti yang telah dibahas sebelumnya, danau Singkarak berada di dua Kabupaten, yakni Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok. Jika kamu dari kota Padang, kamu hanya menempuh jarak sekitar 70 Kilometer atau 1,5 jam perjalanan. Kita bisa melewati jalur Padang – Padang Panjang, kemudian lanjut ke kota Batusangkar dan kemudian menuju ke jalur Batusangkar – Ombilin.
Selain itu, kamu juga bisa menempuh jalur lainnya yaitu Padang – Solok dan dilanjutkan ke danau Singkarak.

Baca juga:

Itulah ulasan mengenai keindahan Sumatera Barat berupa Danau Singkarak. Nah, jika kamu berkunjung ke kota Padang atau daerah lainnya di Sumbar, tidak ada salahnya berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Sekian dan terima kasih telah berkunjung.