Wisata Sumbar

Wisata Sumbar adalah portal informasi yang mengulas tentang tempat-tempat unik atau objek wisata yang ada di Sumatera Barat. Temukan tempat wisata favorit kamu hanya di Wisata Sumbar. Semua artikel diulas secara lengkap dengan gaya bahasa yang mudah dipahami

Indahnya Pesona Danau Tarusan Kamang, Danau Unik Bermuka Dua


Berbicara tentang danau mungkin yang terbayang di benak kita adalah sebuah tempat yang digenangi oleh air tawar yang luas dan memiliki persediaan air banyak di musim hujan dan perlahan menyusut di musim kemarau.

Namun berbeda dengan danau yang satu ini, danau Tarusan Kamang hanya digenangi air pada musim-musim tertentu saja. Suatu waktu danau ini digenangi air dan terlihat sangat luas, akan tetapi bila tiba waktunya air di danau ini akan mengering dan berubah menjadi padang rumput yang luas.

Bahkan di musim kemarau sekalipun danau ini tetap degenangi oleh air dalam jangka waktu yang tidak diketahui. Dan pada saat tiba waktunya menjadi padang rumput, danau ini tetap kering walaupun musim hujan tiba. Itulah kenapa danau ini disebut dengan danau bermuka dua.

Dengan keunikan dan keindahan yang dimilikinya, danau ini sudah menjadi tempat tujuan wisata bagi masyarakat sekitar dan wisatawan yang berasal dari luar sumbar. Nah, pada kesempatan kali ini Wisata Sumbar akan membahas tentang keindahan objek wisata Danau Tarusan Kamang.

Sekilas Tentang Danau Tarusan Kamang




Danau Tarusan Kamang adalah sebuah danau yang terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Tepatnya di Jorong Babukik dan Jorong Halalang, Nagari Kamang Mudiak, Kec.Kamang Magek, atau sekitar 14 km dari kota Bukittinggi. Keunikan dari danau ini yaitu terletak pada perilaku airnya, danau ini akan digenangi air ketika musim-musim tertentu saja. Setelah tiba masanya, danau ini langsung mengering dan tidak bisa dipastikan kapan danau ini akan digenangi air lagi, dan begitupun sebaliknya.

Keunikan lainnya yaitu ketika danau ini digenangi air, di bagian tengah danau terdapat semacam tumpukan tanah yang tidak dibenami air dan membentuk sebuah pulau kecil yang disebut Padang Doto oleh masyarakat setempat. Selama ini Danau Tarusan Kamang dimanfaatkan oleh warga sebagai tempat budidaya ikan, memancing, mandi dan juga sebagai tempat kubangan kerbau.

Yang menyebabkan Danau Tarusan Kamang mengalami perilaku air seperti itu adalah karena terdapat sebuah sungai bawah tanah di bawah danau tersebut. Proses danau ini digenangi air terjadi karena ketika air tanah naik, maka lorong-lorong yang berada di bawah bukit batu gamping akan menyemburkan air dan menggenangi danau tersebut, maka akan tampak sebagai danau yang luas. Begitu juga sebaliknya, ketika air bawah tanah menurun, air danau akan tersedot ke bawah sehingga hanya terlihat padang rumput yang luas. Tidak diketahui waktu pasti berapa lama danau digenangi air dan berapa lama danau ini menjadi padang rumput.

Danau Tarusan Kamang Sebagai Objek Wisata Yang Menarik


Sebagai danau yang unik, Tarusan Kamang ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Tempat ini sangat cocok sebagai tempat rekreasi untuk keluarga. Di sini kita akan disuguhkan oleh pemandangan danau yang indah dan ditengahnya terdapat sebuah tumpukan tanah yang menyerupai pulau kecil. Untuk menuju ke sana kita cukup menyewa sebuah sampan dengan harga Rp 5.000 saja.

Selain itu, kita juga bisa bermain air atau sekedar memancing. Pemandangan di sini benar-benar indah dan masih alami sehingga sangat cocok bagi kamu yang memiliki hobi sebagai fotografer untuk mengabadikan moment dengan latar belakang danau yang luas serta dihiasi oleh bukit yang hijau di sekitarnya.

Untuk menuju ke tempat wisata yang satu ini seharusnya kita mengetahui terlebih dahulu apakah danau ini digenangi air atau mengering. Tapi jika danau ini justru kering ketika kamu kunjungi, kamu jangan kecewa dulu. Karena di bawah bukit karst terdapat banyak gua aktif yang bisa kita telusuri, ini sangat cocok bagi kamu penyuka wisata penelusuran gua.

Lokasi Danau Tarusan Kamang


Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke danau ini, tentu yang harus diketahui adalah di mana lokasi/jalan menuju ke Danau Tarusan Kamang. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Danau Tarusan Kamang terletak di Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat atau lebih tepatnya berada di antara Jorong Babukik dan Jorong Halalang, dengan jarak sekitar 14 km dari kota Bukittinggi.

Jika kita dari arah kota Bukittinggi, hanya memakan waktu sekitar 30 menit perjalanan saja. Dari Bukittinggi kita menuju ke arah kota Payakumbuh, setelah tiba di Simpang Limau (depan Hotel Pusako), kita belok ke kiri. Selanjutnya kita lurus sehingga tiba di pertigaan dan belok ke kiri lagi. Lurus lagi sehingga kita tiba di Tugu Pakan Sinayan yang berwarna putih, di sini kita belok kanan sampai kita menemukan jembatan Tarusan.

Baca juga:

Nah, sesampai di Danau Tarusan Kamang, kita tidak boleh membawa kendaraan ke lokasi danau karena bisa merusak rumput di danau ini. Diharapkan bagi yang menggunakan kendaraan pribadi untuk memarkirkan kendaraannya di tempat parkir yang telah disediakan.

Itulah sedikit ulasan tentang Tempat Wisata Danau Tarusan Kamang bermuka dua dan unik. Danau ini memiliki daya tarik tersendiri  bagi wisatawan dengan keunikan yang dimilikinya.