Wisata Sumbar

Wisata Sumbar adalah portal informasi yang mengulas tentang tempat-tempat unik atau objek wisata yang ada di Sumatera Barat. Temukan tempat wisata favorit kamu hanya di Wisata Sumbar. Semua artikel diulas secara lengkap dengan gaya bahasa yang mudah dipahami

Menikmati Indahnya Panorama Lereng Singgalang dari Tugu Krap


Sumatera Barat selalu memiliki tempat-tempat unik yang bisa kita kunjungi pada tiap-tiap daerah. Tak heran jika banyak sekali wisatawan yang menghabiskan waktu liburannya di Sumatera Barat. Salah satu keindahan Sumatera Barat yang tak kalah menarik adalah panorama alam yang memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Nah, pada artikel kali ini Wisata Sumbar akan mengulas salah satu destinasi wisata yang terbilang cukup baru yaitu panorama lereng singgalang. Destinasi wisata yang berlokasi di lereng gunung singgalang atau tepatnya di kenagarian Pakan Sinayan, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam ini mendadak populer dan menjadi pembicaraan di media sosial akhir-akhir ini.

Sebenarnya tempat ini merupakan jalan penghubung antar jorong yang berada di lereng singgalang, namun karena pemandangan di lokasi ini sangat indah, maka tempat ini mendadak populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Keunikan dari tempat ini juga ditandai dengan adanya sebuah tugu yang bernama Tugu Krap yang bertuliskan Lereng Singgalang. Tugu ini dibangun atas inisiasi dari masyarakat setempat dan pemerintahan Nagari Pakan Sinayan serta para perantau yang ikut menyumbangkan dana.

Dinamakan Tugu Krap karena kata “Krap” sendiri merupakan Akronim dari Keluarga Rantau Anak Pakan Sinayan. Dengan panjang tugu ini mencapai 9 meter, tugu ini terlihat sangat indah karena dilatar belakangi oleh panorama alam yang luar biasa indahnya. Sejak tugu ini selesai dibangun pada tanggal 9 Juli 2016 lalu, tempat ini semakin ramai dikunjungi berkat ketenarannya di media sosial.

Keindahan Panorama Lereng Singgalang




Sesuai dengan namanya, tempat ini berada pada lereng gunung Singgalang yang pastinya memiliki udara yang sangat sejuk. Di sini kita akan disuguhkan oleh pemandangan Kota Bukittinggi dan perbukitan yang membentang dengan indahnya.

Bagi kamu para pencinta selfie, tempat ini sangat cocok sekali dengan pemandangan alam sebagai latar belakang foto. Tempat ini juga cocok sekali untuk wisata keluarga.
Namun, untuk saat ini akses menuju tempat wisata ini belum memadai mengingat kondisi jalan yang cukup sempit. Meski demikian, kita masih bisa menggunakan kendaraan roda 2 maupun roda 4.

Karena tempat wisata ini tergolong cukup baru, namun pembangunannya tidak berhenti di sini saja. Rencananya masyarakat Pakan Sinayan dan Pemerintah Kabupaten Agam akan melanjutkan pembangunan dengan membangun Jenjang Wisata Lereng Singgalang sebagai penyempurna tempat wisata ini. Pembangunan jenjang ini dimulai dari Lapangan Batu Balah hingga ke Puncak Pinus sebagai rest area nya. Sehingga dengan adanya jenjang ini, tempat wisata lereng singgalang diharapkan ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Mengingat tempat wisata ini cukup baru, tidak ada biaya yang dikenakan kepada pengunjung alias gratis. Tetapi masyarakat setempat menghimbau untuk menjaga kebersihan. Namun, bisa saja kedepannya ada pungutan kalau tempat ini semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Lokasi Wisata Lereng Singgalang


Seperti yang telah dibahas sebelumnya, tempat wisata ini berada pada Kenagarian Pakan Sinayan, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam. Tempat ini berjarak sekitar 5 km dari kota Bukittinggi, yang ditempuh melalui jalan raya Padang Luar-Maninjau.

Untuk mencapai ke tempat ini bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda 4 maupun roda 2. Mengingat jalan menuju ke sana terbilang cukup sempit dan menanjak, diharapkan untuk kendaraan roda 4 agar berhati-hati.

Baca juga:

Sekian dulu artikel tentang objek wisata lereng singgalang untuk kali ini, jika kamu tertarik untuk berkunjung kesini ditunggu ya kedatangannya.