Wisata Sumbar

Wisata Sumbar adalah portal informasi yang mengulas tentang tempat-tempat unik atau objek wisata yang ada di Sumatera Barat. Temukan tempat wisata favorit kamu hanya di Wisata Sumbar. Semua artikel diulas secara lengkap dengan gaya bahasa yang mudah dipahami

Keindahan Pantai Carocok di Painan Sumatera Barat


Apa kabar sobat wisatasumbar.id? Kali ini admin akan mengulas sebuah destinasi pantai yang gak kalah unik dan alami dari pantai lainnya di sumatera barat, yaitu pantai carocok. Pantai yang terletak di kota Painan Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat ini terlihat sangat bersih dan masih terjaga keasriannya. Bahkan banyak para wisatawan yang berkunjung menyebut pantai ini tidak kalah indahnya dibandingkan pantai Semenanjung Kra di Malaysia atau pantai Sanur di Bali.

Nah, jika kamu ingin mengenal lebih jauh tentang keindahan alam pantai carocok, kamu bisa membaca ulasan berikut ini.

Keindahan Pantai Carocok




Berwisata ke pantai Carocok kita tidak hanya dimanjakan oleh hamparan pasir putih, tetapi juga indahnya terumbu karang yang terlihat jelas di balik jernihnya air laut yang belum tercemar oleh limbah maupun sampah.

Selain menikmati pemandangan pantai yang asri, kamu juga bisa memanjakan diri dengan berenang dan melakukan snorkling untuk melihat indahnya alam bawah laut yang dihiasi terumbu karang. Sambil menunggu datangnya matahari terbenam (sunset), kamu juga bisa bermain banana boat, jetsky, atau sekedar memancing.

Nah, setelah kamu merasa capek dan mulai lapar, kamu juga bisa mencicipi berbagai makanan khas Sumatera Barat seperti gulai kepala ikan karang yang mudah ditemui di berbagai restoran di sekitar pantai.

Menyusuri Keindahan Pulau Batu Kareta dan Pulau Cingkuak


Di kawasan objek wisata yang dikelola oleh pemerintah setempat ini tidak hanya memiliki pantai yang indah saja, loh. Di sini juga terdapat sebuah pulau batu karang yang bernama pulau Batu Kareta. Untuk menuju ke pulau tersebut sekarang kita dengan mudah menyusurinya menggunakan jembatan yang tersambung dengan Bukit Langkisau.

Selain menyusuri pulau Batu Karang, kita juga bisa menyusuri pulau Cingkuak yang hanya berjarak sekitar 200 meter ke arah barat dari bibir pantai. Pulau Cingkuak merupakan sebuah pulau kecil yang  bersejarah. Di pulau ini kita bisa menemukan berbagai reruntuhan benteng Portugis yang menjadi bukti bahwa pertama kali bangsa Portugis menjejakkan kaki di pesisir pulau Sumatera  adalah di pulau ini. Selain reruntuhan benteng portugis, di pulau ini kita juga bisa menemukan makam orang Portugis (MADAME VAN DER KAMPEN) yang ditandai dengan adanya prasasti.

Selain itu, di pulau ini kita juga bisa menikmati keindahan alamnya yang masih terjaga dengan melakukan snorkling maupun hanya sekedar memancing untuk menghilangkan kejenuhan sejenak.

Untuk mengunjungi pulau Cingkuak kita bisa menyewa jasa para perahu bermotor yang biasanya tersedia di ujung jembatan yang ada di pantai Carocok.

Keindahan Panorama di Bukit Langkisau


Keindahan alam kota Painan tidak hanya bisa dinikmati di pantai Carocok saja. Kita juga bisa melihat kota Painan dan lautan lepas dari puncak Bukit Langkisau (Bukik Langkisau). Bukit ini terletak tidak jauh dari pantai Carocok. Hal yang sangat menarik dari atas bukit ini adalah kita akan dimanjakan oleh pemandangan kota Painan dari ketinggian, bahkan kita bisa melihat indahnya pantai dan lautan lepas dari puncak bukit.

Selain berfoto, kita juga bisa memacu adrenalin dengan bermain paralayang sambil menikmati keindahan alam kota Painan.

Akses ke Pantai Carocok


Nah, bagi kamu yang tertarik untuk berkunjung ke pantai Carocok, tentunya kamu harus tau dulu jalan menuju ke tempat tersebut. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya pantai Carocok berada di kota Painan, Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat. Jika kamu dari kota Padang cukup menempuh perjalanan sekitar 2 jam saja.

Baca juga:

Dari kota Padang pertama kita harus menuju ke Teluk Bayur, selanjutnya kita menuju ke arah Kabupaten Pesisir Selatan. Sepanjang perjalanan kita akan melewati medan yang cukup berbahaya yang berupa tikungan tajam yang diapit perbukitan, serta jurang yang berupa lautan. Disarankan agar berhati-hati bagi yang belum terbiasa melewati jalan ini. Selanjutnya kita akan sampai ke kota Painan selama kurang lebih 2 jam perjalanan. Setelah memasuki kota, kita akan mendapatkan petunjuk ke arah kanan untuk menuju ke pantai Carocok.

Sekian ulasan tentang objek wisata pantai Carocok yang telah admin rangkum pada artikel ini. Bagaimana, kamu tertarik untuk berkunjung ke sana?