Wisata Sumbar

Wisata Sumbar adalah portal informasi yang mengulas tentang tempat-tempat unik atau objek wisata yang ada di Sumatera Barat. Temukan tempat wisata favorit kamu hanya di Wisata Sumbar. Semua artikel diulas secara lengkap dengan gaya bahasa yang mudah dipahami

Serunya Mendaki Gunung Talamau, Gunung Tertinggi di Sumatera Barat



Menghabiskan waktu liburan dengan cara yang cukup menantang bisa memberikan kepuasan dan pengalaman tersendiri. Ada banyak sekali tempat wisata yang bisa kita kunjungi, salah satunya yang cukup menantang adalah mendaki gunung.

Ada banyak sekali gunung di Sumatera Barat yang bisa kita taklukkan, salah satunya yaitu gunung Talamau yang berada di desa Pinagar, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat. Dari beberapa gunung yang terdapat di Sumatera Barat, gunung Talamau merupakan gunung tertinggi yang memiliki ketinggian 2.920 mdpl.

Selain menjadi gunung tertinggi di Sumatera Barat, Gunung Talamau juga menyimpan keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan. Di kawasan gunung ini atau lebih tepatnya pada ketinggian sekitar 2.750 mdpl terdapat 13 telaga yang sangat indah dan bisa menjadi tujuan wisata selama pendakian.

Nah, bagi kamu yang memiliki jiwa petualang mungkin mendaki gunung adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi waktu liburan, dan salah satu gunung yang wajib kamu taklukkan di Sumatera Barat adalah gunung Talamau. Pada artikel kali ini Wisata Sumbar akan mengulas tentang keindahan dan serunya pendakian ke puncak gunung Talamau.

Sekilas Tentang Gunung Talamau




Gunung Talamau (memiliki nama lain gunung Ophir) adalah gunung tertinggi yang ada di Provinsi Sumatera Barat. Gunung yang berada tepatnya di desa Pinagar, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat ini memiliki ketinggian yang mencapai 2.920 meter di atas permukaan laut.

Gunung Talamau merupakan salah satu jenis gunung api, tetapi termasuk gunung api yang tidak aktif. Gunung ini menyimpan keindahan alam yang sangat indah berupa hutan di kawasan gunung yang masih terjaga keasriannya. Selain itu di gunung ini juga terdapat sebuah air terjun dengan ketinggian mencapai 109 meter yang dinamai air terjun Puti Lenggo Geni oleh penduduk sekitar. Keberadaan air terjun ini sendiri tentu akan menambah keindahan gunung Talamau.

Keindahan panorama di kawasan Gunung Talamau tidak berhenti di sini saja, karena pada ketinggian sekitar 2.750 mdpl kita akan menjumpai 13 Telaga (Talago) yang bisa kita manfaatkan sebagai tujuan wisata. Nama-nama dari ke-13 telaga tersebut diambil dari beberapa cerita legenda yang diyakini oleh masyarakat setempat yang dipercaya sejak ratusan tahun yang lalu. Berikut ini adalah nama-nama dari 13 telaga yang terdapat di gunung Talamau:
  • Talago Biru
  • Talago Buluah Parindu
  • Talago Cindua Mato
  • Talago Imbang Langik
  • Talago Lumuik
  • Talago Mandeh Rubiah
  • Talago Puti Bungsu
  • Talago Puti Sangka Bulan
  • Talago Rajo Dewa
  • Talago Satwa
  • Talago Siuntuang Sudah
  • Talago Tapian Puti Mambang Surau
  • Talago Tapian Sutan Bagindo

Semua telaga tersebut akan terlihat sangat indah bila dilihat dari puncak gunung Talamau dan sangat cocok bagi kamu yang pencinta selfie. Selain memiliki keunikan dan keindahan alamnya, gunung Talamau juga memiliki kekayaan satwa dengan berbagai jenis yang hidup di kawasan gunung.

Akses ke Gunung Talamau


Seperti yang telah disampaikan sebelumnya gunung Talamau berada di desa Pinagar, Kecamatan Pinali, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat. Untuk menuju ke gunung ini kita bisa melakukan perjalanan dari dua arah, yaitu dari kota Padang dan Rao (perbatasan antara Sumbar dan Sumut).

Jika kita dari kota Padang banyak tersedia transportasi umum dengan jurusan Padang-Pasaman Barat. Jalur ini sering digunakan oleh para wisatawan yang ingin berwisata ke gunung Talamau. Untuk tarif angkutan umum biasanya hanya dikenakan Rp 30.000 saja. Untuk mencapai kaki gunung biasanya hanya memakan waktu sekitar 6 jam perjalanan saja dari kota Padang.

Untuk fasilitas seperti tempat penginapan secara resmi belum tersedia di tempat ini. Jika kamu butuh tempat penginapan bisa menyewa rumah warga yang berada di sekitar gunung ini. Persiapan bekal untuk pendaki juga tersedia di beberapa warung dan toko di sekitar tempat ini.

Pendakian ke Gunung Talamau


Terdapat tiga titik jalur pendakian di gunung Talamau yang bisa kita tempuh di antaranya: Titik pertama bisa dimulai dari desa Pinagar, titik kedua bisa menggunakan pintu rimba yang dimulai di desa Malampah, dan titik ketiga dimulai dari Desa Kinali. Untuk waktu tempuh dari ketiga titik tersebut biasanya memakan waktu rata-rata sekitar 12 jam perjalanan untuk menuju puncak.

Untuk tarifnya sendiri para pendaki dikenakan biaya Rp 4.000 per orang yang dibayar di pos II. Nah, bagi kamu yang baru pertama kali mendaki di gunung ini juga bisa menggunakan jasa guide untuk memandu selama pendakian. Selain itu di sini juga sudah tersedia papan petunjuk jalan di sepanjang rute pendakian dan tentu akan mempermudah kita supaya tidak tersesat.

Di sepanjang perjalanan menuju puncak terdapat setidaknya empat pos yang bisa digunakan untuk beristirahat, yang di antaranya yaitu Pos Pondok Bukit Harimau Campo di 710 mdpl, Pos Rindu Alam di 1100 mdpl, Pos Bumi Sarasah di 1860 mdpl dan posko Paninjauan di 2500 mdpl.

Rasa lelah akan seolah-olah disapu oleh pemandangan hijau nya perkebunan milik warga dan rimbunnya hutan di kawasan gunung Talamau. Serta merdunya kicauan burung yang dipadukan dengan udara segar di sepanjang jalan.

Setelah berjalan sekitar 150 menit maka kita akan sampai di Bukit Harimau Campo. Di bukit ini rasa penat seolah-olah tersapu karena kita akan disuguhkan oleh air terjun Puti Lenggo Geni. Setelah beberapa jam melakukan perjalanan kita akan menemukan beberapa telaga yang begitu indah.

Baca juga:

Ketika sudah sampai di puncak gunung, kita akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang pasti membuat kita terkagum-kagum. Dari sini kita bisa melihat ke-13 telaga yang terdapat di kawasan gunung. Dari puncak gunung Talamau kita juga bisa melihat puncak gunung Pasaman yang mana kedua gunung ini memang berdampingan dan hanya dibatasi oleh sebuah sungai. Jadi jika kita sudah terlanjur ke sini, kita juga bisa mendaki gunung Pasaman keesokan harinya.

Bagaimana, kamu tertarik untuk mendaki gunung Talamau? Jangan lupa untuk mempersiapkan mental maupun fisik kamu ya sebelum melakukan pendakian agar selamat dalam perjalanan ke puncak dan perjalanan pulangnya.