Wisata Sumbar

Wisata Sumbar adalah portal informasi yang mengulas tentang tempat-tempat unik atau objek wisata yang ada di Sumatera Barat. Temukan tempat wisata favorit kamu hanya di Wisata Sumbar. Semua artikel diulas secara lengkap dengan gaya bahasa yang mudah dipahami

Air Terjun Langkuik Tinggi di Malalak, ‘Surga’ Bagi Para Pencinta Alam


Air terjun merupakan destinasi wisata yang sangat cocok untuk mereka para pencinta alam. Dengan menyaksikan pemandangan air yang jatuh bebas dari ketinggian, terasa seakan mengusir semua rasa penat dari rutinitas sehari-hari. Selain itu kita juga bisa memanjakan diri dengan berenang di bawah pecahan air yang jatuh.

Biasanya untuk menelusuri air terjun kita harus melewati berbagai rintangan karena memang lokasi air terjun kebanyakan berada di dalam hutan dan jauh dari permukiman penduduk. Salah satu air terjun yang sangat cantik dan berada jauh di dalam hutan adalah Air Terjun Langkuik Tinggi di Kecamatan Malalak.

Air Terjun yang berada di Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, Sumatera Barat ini sangat luar biasa indahnya. Di sini terdapat lima air terjun yang masing-masing mempunyai ketinggian berbeda dan memiliki keunikannya tersendiri. Nah, pada artikel kali ini Wisata Sumbar akan mengulas tentang keindahan Air Terjun Langkuik Tinggi yang berada di Malalak. Kamu penasaran seperti apa keindahan air terjun yang satu ini? Yuk, silakan disimak ulasan berikut ini.

Keindahan Air Terjun Langkuik Tinggi, Objek Wisata 5 Air Terjun




Air Terjun Langkuik Tinggi merupakan salah satu objek wisata yang berada di Kecamatan Malalak, atau lebih tepatnya di Jorong Nyiur, Malalak Selatan. Di sini terdapat lima air terjun yang indah dan masing-masing memiliki ketinggian yang berbeda. Menurut warga setempat di Kecamatan Malalak terdapat total air terjun sebanyak 17 buah, salah satu yang populer di antaranya yaitu Air Tejun Langkuik tinggi dengan keindahan lima air terjun.

Karena lokasi Kecamatan Malalak berada di pinggir Gunung Singgalang, tak heran jika udara di daerah ini terasa cukup sejuk. Hamparan hutan yang masih terjaga keasriannya turut memberikan kesan alami di sekitar Air Terjun Langkuik Tinggi. Sehingga air terjun ini sangat menarik untuk dijelajahi dan menghabiskan waktu liburan.

Untuk menyambangi Air Terjun Langkuik Tinggi kita harus melewati medan yang cukup menantang, mengingat lokasinya yang cukup jauh di dalam rimbunnya hutan. Di sepanjang perjalanan kita akan melewati jalan yang menurun dan menanjak dengan jalan setapak yang licin dan juga berbatu. Bahkan kemiringan jalan bisa mencapai 70 derajat dan sangat disarankan untuk berhati-hati selama perjalanan.

Selain itu kita juga akan melewati rintangan lainnya yang berupa sungai yang di dalamnya terdapat bebatuan yang cukup besar dan licin. Tapi kamu tidak usah khawatir, karena pengelola di sana sudah menyediakan tali untuk bergelantungan supaya memudahkan kita untuk menyeberangi sungai.

Cukup menantang memang, akan tetapi semua rasa capek kamu akan terbayarkan setelah sampai di Air Terjun Langkuik Tinggi. Ya, tiupan angin yang membawa embun akan menyapu semua rasa penat kamu sesampainya di sana. Di sini terdapat berbagai spot yang cocok untuk mengabadikan momen berharga bersama teman-teman.

Nah, jika kamu tertarik untuk berpetualang ke air terjun yang satu ini pastinya kamu harus mengetahui terlebih dahulu di mana lokasi Air Terjun Langkuik Tinggi. Berikut sudah kami rangkum jalur tracking ke sana.

Lokasi dan Jalur Tracking Menuju ke Air Terjun Langkuik Tinggi


Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya lokasi Air Terjun Langkuik Tinggi berada di Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat atau lebih tepatnya di Jorong Nyiur, Malalak Selatan. Jorong Nyiur berada di jalur alternatif Padang-Bukittinggi atau Jalan Simaka (Sicincin-Malalak-Balingka), atau berjarak sekitar 40 km dari Kota Bukittinggi. Untuk menuju ke sana kita bisa menggunakan kendaraan roda 4 maupun roda 2.

Jalur Tracking ke Air Terjun Langkuik Tinggi


Jika dunsanak datang dari arah Kota Padang, kita harus menuju ke Terminal Sicincin, setelah melewati terminal nanti akan ada persimpangan dan belok lah ke kiri ke arah Koto Mambang. Hanya beberapa menit kita akan tiba di Simpang Koto Mambang, setelah itu kita belok kanan ke arah Tandikek, selanjutnya jalan terus hingga tiba di simpang dekat Pasar Tandikek (Balai Akaik) dan belok kanan. Sekitar 15 menit perjalanan kita akan sampai di Jorong Nyiur.

Jika dunsanak dari arah Kota Bukittinggi, sesampainya di Simpang Padang Luar kita belok kanan dan jalan terus hingga tiba di Simpang Malalak sekitar 8 km dari Simpang Padang Luar. Selanjutnya dari Simpang Malalak kita belok kiri, jalan terus hingga sampai di Jorong Nyiur sekitar 1 jam berkendara.

Setibanya di Jorong Nyiur kita akan menemukan sebuah posko dengan spanduk besar yang bertuliskan "Selamat Datang, Langkuik Tinggi Objek Wisata Lima Air Terjun". Di sini kita akan dikenakan biaya parkir Rp 5.000/kendaraan, biaya masuk Rp 5.000/orang. Nanti kita akan diminta untuk mengisi sebuah formulir tentang jumlah anggota yang berangkat. Jika dunsanak pertama kalinya menuju ke sini, kita juga bisa menyewa jasa guide yang akan menemani kita selama perjalanan pulang pergi.

Setelah semuanya sudah siap kita langsung melakukan perjalanan menuju ke Air Terjun Langkuik Tinggi. Untuk total perjalanan yang akan kita lewati sekitar 1,5 km untuk menuju ke air terjun terakhir, yang sepanjang perjalanan kita akan Tracking sejauh 700 meter menuruni tebing yang terdapat tali dan tangga hingga menuju ke sungai. Selanjutnya kita akan menelusuri sungai sejauh 800 meter.

Perjalanan dimulai dengan melewati sawah penduduk, kemudian kita akan memasuki hutan perkebunan yang berupa penurunan dengan kemiringan mencapai 70 derajat. Tapi kamu tidak usah khawatir terpeleset karena pengelola setempat sudah menyediakan pijakan kayu dan tali sebagai pegangan.

Setelah menempuh jarak sepanjang 700 meter kita akan tiba di sungai. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan menelusuri sungai. Sekitar 10 menit menelusuri sungai kita akan disambut oleh air terjun yang pertama. Di sini kita bisa beristirahat sejenak menikmati keindahan air terjun yang pertama ini.

Setelah itu kita melanjutkan perjalanan menuju air terjun yang ke-2 dengan jarak sekitar 200 meter, di sinilah tantangan menaklukan sungai mulai terasa. Kita akan menyeberangi sungai, tapi kamu tidak perlu khawatir karena di sana telah disediakan tali untuk menyeberang dan jika sedang musim kemarau air sungai juga tidak terlalu deras. Air terjun yang ke-2 ini tidak terlalu tinggi dan di sinilah tempat yang cocok untuk berenang.

Selanjutnya dari air terjun yang ke-2 kita melanjutkan perjalanan ke air terjun ke-3 dan ke-4. Di sini perjalanan akan terasa semakin menantang, kita akan melewati tangga dan beberapa batuan besar sungai. Setelah beberapa menit perjalanan kita akan menemukan air terjun ke-3 dan ke-4 yang berada di sebelah kiri antara 2 tebing.

Dari sini kita akan melanjutkan perjalanan menuju air terjun yang terakhir. Untuk tantangan selama perjalanan pun juga sama seperti sebelumnya. Kita juga akan menyeberangi derasnya arus sungai yang berasal dari langkuik tinggi. Setelah beberapa menit perjalanan kita akan sampai di spot terakhir.

Di air terjun terakhir inilah kita akan disuguhkan oleh pemandangan air terjun langkuik tinggi yang luar biasa indahnya. Nah, bagi kamu yang ingin berpetualang ke Air Terjun Langkuik Tinggi ada beberapa tips dari Wisata Sumbar sebelum melakukan perjalanan.

Tips Untuk Menelusuri Air Terjun Langkuik Tinggi


  • Sebelum menuju ke destinasi yang satu ini pastikan fisik kamu dalam keadaan sehat dan kuat. Karena untuk mencapai air terjun kita akan melewati berbagai tantangan dan rintangan.
  • Gunakanlah sepatu khusus dan jangan menggunakan sendal jepit karena kita akan melewati bermacam medan yang licin dan berbatu.
  • Datanglah ketika musim kemarau karena jika kamu datang pada musim hujan jalur akan terasa sangat licin dan air sungai akan sangat deras.
  • Selama perjalanan diharapkan untuk menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merusak alam.
  • Siapkan berbagai bekal seperti air mineral karena di sana tidak tersedia warung.
  • Dan yang terakhir bawalah beberapa perlengkapan untuk mengabadikan momen berharga kamu bersama teman-teman selama berada di Air Terjun Languik Tinggi :)

Itulah sedikit ulasan tentang keindahan Objek Wisata Air Terjun Langkuik Tinggi yang bisa kamu kunjungi di Kecamatan Malalak. Kami harap informasi yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat bagi dunsanak pembaca setia Wisata Sumbar. Terimakasih telah berkunjung.

Baca juga: