Wisata Sumbar

Wisata Sumbar adalah portal informasi yang mengulas tentang tempat-tempat unik atau objek wisata yang ada di Sumatera Barat. Temukan tempat wisata favorit kamu hanya di Wisata Sumbar. Semua artikel diulas secara lengkap dengan gaya bahasa yang mudah dipahami

Menelusuri Air Terjun Lubuk Batang, Surga Kecil Tersembunyi di Kabupaten 50 Kota


Keindahan Sumatera Barat masih menyimpan banyak sekali destinasi wisata yang belum terjamah oleh masyarakat luas. Hal ini mungkin disebabkan oleh lokasinya yang memang jauh dari permukiman masyarakat dan juga karena akses ke tempat tersebut sangat sulit dan menantang.

Salah satu tempat unik dan menarik yang masih belum terekspos ke masyarakat luas yaitu sebuah air terjun yang bernama Air Terjun Lubuk Batang (Lubuak Batang). Air terjun yang berada di pedalaman Koto Bangun, Jorong Simpang 3, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten 50 Kota, Provinsi Sumatera Barat ini sangat unik dan masih alami.

Air terjun ini memiliki keunikan berupa dua buah tebing yang mengapit dan ditengahnya terdapat air terjun yang sangat indah. Karena lokasi air terjun ini memang terbilang sangat jauh dari keramaian, Air Terjun Lubuak Batang masih sangat alami dan bersih.

Untuk mencapai air terjun ini tidaklah mudah, kita harus berjalan jauh menembus hutan dan medan yang sangat menantang. Nah bagi kamu yang hobi berpetualang dan suka tantangan, mengunjungi air terjun yang satu ini akan memberikan pengalaman yang sangat menarik untuk dilakukan.

Nah, pada artikel kali ini Wisata Sumbar akan mengulas sebuah destinasi baru yang tersembunyi dan layak disebut sebagai surga kecil yang tersembunyi di Kabupaten Lima Puluh Kota, yaitu Air Terjun Lubuk Batang.

Keindahan Air Terjun Lubuk Batang




Air Terjun (sarasah)  Lubuk Batang adalah surga kecil yang tersembunyi yang berada di Kabupaten Lima Puluh Kota. Disebut surga kecil yang tersembunyi karena Air Terjun Lubuak Batang menyajikan pemandangan alam yang tidak biasa dan lokasinya memang tersembunyi dan jauh dari permukiman penduduk.

Di sini kita akan disuguhkan oleh pemandangan air terjun yang unik dan masih terjaga keasriannya. Dua tebing yang mengapit dan ditengahnya terdapat sebuah air terjun seakan-akan kita sedang berada di dalam gua. Selain itu air yang jernih yang dipadu dengan pasir putih dan halus memberikan kesan tak biasa yang kita temukan di air terjun pada umumnya.



Tak hanya sampai di sini saja, keindahan air terjun Lubuak Batang juga dihiasi oleh pepohonan yang rindang dan juga tumbuhan gambir yang menjalar bak mahkota yang menghiasinya. Di sini kita bisa mandi sepuasnya bersama teman-teman. Selain itu jika kamu ingin melakukan aktivitas Camping, di sini juga bisa kok. Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki jiwa petualang dan pecinta alam, serta bagi kamu yang hobi berfoto dengan latar belakang air terjun yang mengagumkan.

Akses Ke Air Terjun Lubuk Batang




Untuk menuju ke air terjun ini diperlukan perjuangan yang sedikit ekstra, karena belum dibangunnya jalan yang memadai kita harus menelusuri hutan dengan jalan setapak. Bukankah untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan kita harus berjuang, iya kan?

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya Air Terjun Lubuk Batang berada di pedalaman Koto Bangun, Jorong Simpang 3, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Lima Puluh Kota. Nah, jika kamu dari kota Padang harus menempuh perjalanan dengan jarak sekitar 200 Km, sedangkan dari kota Pekanbaru hanya sekitar 140 Km.

Untuk kamu yang berada di kota Padang sudah tersedia angkutan umum berupa Bus (PLS TROBOS) yang memang langsung menuju ke Kapur IX atau di Koto Bangun  sekalipun. Dari Koto Bangun menuju ke Lubuk Batang kita bisa menempuhnya dengan menyewa motor warga sekaitar dengan tarif sekitar Rp 50.000 per orang atau bisa juga dengan menggunakan jasa tukang ojek yang akan mengantarkan kita separuh perjalanan. Setelah itu dilanjutkan dengan berjalan kaki untuk menuju ke lokasi Air Terjun Lubuk Batang selama kurang lebih 2 jam. Untuk masuk ke lokasi air terjun Lubuk Batang tidak dikenakan biaya alias gratis.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk berkunjung ke air terjun yang satu ini berikut ada beberapa tips dari kami:

  • Untuk mengunjungi Air Terjun Lubuk Batang sangat disarankan pada musim kemarau, karena jika kamu mengunjunginya pada musim hujan kondisi jalan akan sangat licin.
  • Pastikan kondisi fisik dalam keadaan prima, karena kita akan menempuh perjalanan yang cukup jauh dan medan yang cukup sulit.
  • Jika kamu menggunakan motor sendiri untuk menuju ke lokasi, tidak disarankan menggunakan motor matic karena keadaan jalan yang naik turun. Sangat disarankan menggunakan motor khusus atau motor trail.
  • Sesampainya di sana, mohon untuk menjaga kebersihan di lokasi air terjun dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merusak alam.

Nah, itulah sedikit ulasan tentang keindahan Air Terjun Lubuk Batang yang bagaikan surga kecil tersembunyi. Bagaimana dunsanak, tertarik untuk mengunjungi tempat unik yang satu ini?