Wisata Sumbar

Wisata Sumbar adalah portal informasi yang mengulas tentang tempat-tempat unik atau objek wisata yang ada di Sumatera Barat. Temukan tempat wisata favorit kamu hanya di Wisata Sumbar. Semua artikel diulas secara lengkap dengan gaya bahasa yang mudah dipahami

Pemandian Air Panas Bukit Kili, Objek Wisata Sekaligus Sebagai Pengobatan Alternatif



Apa kabar dunsanak pembaca setia Wisata Sumbar? Bagaimana, sudah ada rencana untuk mengunjungi destinasi wisata kalian di akhir pekan? Berwisata di Sumatera Barat tidak hanya menyambangi tempat-tempat indah atau pemandangan alam saja, sesekali kalian bisa mencoba mengunjungi tempat wisata yang berbeda dari biasanya.

Salah satu objek wisata di Sumatera Barat yang cukup unik adalah Pemandian Air Panas Bukit Kili yang berada di Kabupaten Solok. Yap, di sini selain memanjakan diri dengan berendam di air hangat, kalian juga akan mendapatkan manfaat kesehatan sekaligus bisa mengobati berbagai macam penyakit.

Nah, bagi dunsanak yang kesehariannya disibukkan oleh rutinitas sehari-hari tidak ada salahnya untuk memanjakan diri sejenak dengan berendam di Pemandian Air Panas Bukik Kili ini. Untuk itu pada kesempatan kali ini Wisata Sumbar akan mengulas sebuah tempat wisata di daerah penghasil padi Kabupaten Solok yaitu Pemandian Air Panas Bukit Kili. Selengkapnya telah kami rangkum pada artikel berikut ini.

Sekilas Tentang Pemandian Air Panas Bukit Kili di Kabupaten Solok




Air Panas Bukik Kili atau biasa disebut oleh masyarakat sekitar sebagai Aie Angek Bukik Kili mungkin belum banyak yang mengetahui. Tempat pemandian yang berada tepatnya di Nagari Koto Baru, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat ini memang bisa dikatakan kurang populer di telinga masyarakat. Hal ini dikarenakan memang kurangnya perhatian dari pemerintah setempat dalam hal pembangunannya.

Meskipun begitu pemandian air panas yang berada di area Masjid Al-Ihwan Bukik Kili ini tetap ramai dikunjungi bagi mereka yang ingin mendapatkan manfaat kesehatan terutama bagi mereka yang sudah berusia lanjut. Menurut masyarakat setempat sumber air panas bukik kili ini berasal dari perut Gunung Talang, sehingga air yang muncul memiliki kadar belerang yang dominan sehingga suhu air menjadi panas.

Tak heran jika banyak yang berkunjung ke sini hanya sekedar menikmati panasnya air maupun yang ingin menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit, penyakit tulang, asam urat dan lain sebagainya. Jadi, tempat ini sangat cocok bagi kamu yang kesehariannya disibukkan oleh rutinitas pekerjaan sehari-hari untuk sejenak menghilangkan stres dan rasa capek.

Di area pemandian ini terdapat dua buah kolam berukuran 25x25 meter yang mana antara kolam untuk laki-laki dan perempuan dipisahkan oleh sebuah bangunan permanen. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika pengunjung laki-laki dan perempuan mandinya bercampur.

Baca juga:

Selain itu jika kamu ingin menginap di sini juga bisa karena sudah disediakan fasilitas penginapan dengan total kamar sebanyak 10 buah dan dikenakan biaya menginap Rp 10.000 per orangnya. Menurut pengelola tempat ini mereka yang menginap kebanyakan yang lanjut usia yang bertujuan untuk mengobati penyakit yang dideritanya. Bahkan ada yang menginap hingga satu bulan demi mendapatkan khasiat dengan rutin berendam setiap hari.

Khasiat Pemandian Air Panas Bukit Kili ini memang sudah tidak diragukan lagi. Banyak dari mereka yang sudah merasakan manfaat bagi kesehatan mereka. Bagi kamu yang ingin merasakan manfaat dari pemandian air panas yang satu ini tentunya harus tau dulu dong di mana lokasi atau akses menuju ke pemandian ini. Untuk itu silakan lanjutkan membaca artikel ini sampai habis ya.

Akses dan Lokasi Pemandian Air Panas Bukit Kili


Seperti yang telah kami tulis sebelumnya Pemandian Air Panas Bukit Kili berada di area Masjid Al-Ihwan Bukik Kili, Nagari Koto Baru, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat. Tempat ini sangat mudah diakses karena sudah tersedianya transportasi umum yang menuju ke sini. Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi roda 4 maupun roda 2 juga bisa kok.

Jika kamu datang dari Kota Solok cukup menempuh perjalanan sejauh 7 km atau kurang lebih 10 menit berkendara. Jika kamu datang dari arah Kota Padang, kamu harus melewati jalan lintas Padang-Solok. Pada km 53 setelah Nagari Cupak di sebelah kanan kamu akan menemukan sebuah tugu yang bertuliskan nama Masjid Al-Ihwan. Selanjutnya kamu berjalan sekitar 20 meter ke dalam dan kamu akan tiba di Pemandian Air Panas Bukit Kili.

Untuk biaya masuknya akan dikenakan sekitar Rp 1.000 per orang. Sangat murah dibandingkan dengan manfaat yang diproleh dari pemandian yang satu ini. Bagaimana dunsanak, berniat untuk menghabiskan waktu liburan di Pemaindian Air Panas Bukik Kili? Silakan masukkan tempat ini ke agenda wisata kamu ya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu dan terima kasih sudah berkunjung.