Wisata Sumbar

Wisata Sumbar adalah portal informasi yang mengulas tentang tempat-tempat unik atau objek wisata yang ada di Sumatera Barat. Temukan tempat wisata favorit kamu hanya di Wisata Sumbar. Semua artikel diulas secara lengkap dengan gaya bahasa yang mudah dipahami

Pulau Pamutusan di Sumatera Barat, Hadirkan Keindahan Alam Yang Menakjubkan


Keindahan Sumatera Barat selalu memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan dan para pencinta alam. Hal itu dikarenakan Sumbar sendiri menyimpan banyak keindahan alam yang masih sangat terjaga keasriannya. Di sini kita bisa menjelajahi berbagai gunung, danau, dan masih banyak lagi tempat-tempat unik dan menarik untuk dikunjungi.

Selain itu kita juga bisa sesekali menyambangi pulau-pulau yang tersebar di sebelah barat pesisir pantai Sumatera. Nah, pada artikel sebelumnya kami sudah pernah membahas tentang keindahan Pulau Pasumpahan dan juga Pulau Suwarnadwipa yang berada di perairan Bungus Teluk Kabung.

Masih di kawasan Bungus, ada sebuah pulau yang tak kalah cantiknya dari kedua pulau tersebut. Pulau Pamutusan, itulah sebutan masyarakat sekitar untuk pulau yang sangat indah ini. Hamparan pasir putih yang lembut dan keindahan alam bawah laut akan menambah kesan tersendiri bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu liburan di pulau ini.

Seperti apa keindahan dan keunikan yang ditawarkan oleh Pulau Pamutusan? Untuk lebih jelasnya lagi bisa kamu baca pada artikel berikut ini.

Keindahan dan Keunikan Pulau Pamutusan




Pulau Pamutusan merupakan salah satu dari deretan pulau menawan yang terletak di perairan Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Pulau ini menjadi salah satu tujuan wisata terfavorit bagi anak muda dan ramai dibincangkan di media sosial seperti Instagram.

Nama Pamutusan sendiri diambil karena di bagian tengah pulau ini membentuk seolah-olah terputus menjadi dua bagian. Sehingga menjadikan pulau ini unik dan tak kalah menarik dari jajaran pulau yang menawan lainnya.

Pulau Pamutusan memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke sana. Di sepanjang pantai terdapat pasir putih yang lembut yang dikombinasikan dengan air laut yang begitu jernih sehingga pemandangan alam bawah laut terlihat begitu jelas dari permukaan.



Karena air lautnya yang begitu jernih, tempat ini sangat cocok bagi kamu yang melakukan aktivitas snorkeling untuk menikmati pemandangan alam bawah laut. Berbagai biota laut sangat mudah ditemukan seperti ikan hias, terumbu karang yang masih sangat terjaga keasriannya, sehingga sangat cocok untuk berfoto underwater.

Untuk fasilitas di Pulau Pamutusan sudah terbilang sangat lengkap. Di sini sudah disediakan beberapa tempat bersantai, ruang ganti, WC umum, mushola, cottage yang bisa kamu sewa untuk menginap di pulau ini. Jika kamu bermalam di sini jangan lupa untuk melewatkan momen matarhari terbenam dan matahari terbit. Selain menyewa cottage untuk menginap, kita juga bisa melakukan aktivitas camping di kawasan pulau ini dengan menyewa peralatan camping seperti tenda dan lain sebagainya.

Baca juga:

Beberapa aktivitas lainnya yang bisa kamu lakukan di pulau ini antara lain memancing, senorkling, Banana Boat dan masih banyak lagi yang akan membuat liburan kamu bersama teman-teman semakin menyenangkan.



Selain itu di pulau yang memiliki luas sekitar 8 hektare ini juga terdapat perbukitan yang hijau. Kamu bisa mendaki bukit tersebut untuk melihat pemandangan dengan lebih leluasa. Meski terasa sedikit lelah, namun semuanya akan terbayarkan jika kamu telah mencapai puncak bukit dan disuguhkan oleh pemandangan birunya air laut dari ketinggian.

Akses ke Pulau Pamutusan


Pulau Pamutusan berada di perairan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, atau sekitar satu jam perjalanan dari Kota Padang. Jika dunsanak ingin mengunjungi Pulau Pamutusan bisa ditempuh melalui dua titik start, yaitu:
  • Melalui Pantai Bungus
Bagi dunsanak yang tidak membawa kendaraan pribadi disarankan untuk menggunakan jalur pantai bungus. Karena jarak dari kota Padang menuju ke pantai bungus hanya 30-45 menit perjalanan menggunakan angkutan umum. Akan tetapi dari pantai bungus menuju ke pulau Pamutusan kita akan berlayar lebih jauh dan tentunya biaya sewa kapal akan semakin mahal.

  • Melalui Teluk Sungai Pisang
Bagi dunsanak yang membawa kendaraan roda dua bisa menyambangi Teluk Sungai Pisang yang berjarak sekitar 10 km ke arah selatan pantai bungus. Tepatnya di jalan raya Padang-Painan, nanti lewat Rumah Makan Sederhana belok ke kanan. Di sini kita akan memasuki perkampungan dengan jalan berbatu yang bergelombang. Sesampainya di Sungai Pisang kita bisa menggunakan jasa angkutan perahu nelayan di sana untuk menuju ke Pulau Pamutusan dan tentunya dengan biaya yang lebih murah, hanya sekitar Rp 70.000 per orang.

Untuk perjalanan dari Sungai Pisang ke Pulau Pamutusan hanya sekitar 30 menit perjalanan saja, sepanjang perjalanan kita akan melewati pulau menawan lainnya seperti Pulau Pasumpahan, Pulau Sikuai, Pulau Sironjong, Pulau Suwarnadwipa, dan Pulau Pagang.

Itulah ulasan tentang destinasi wisata Pulau Pamutusan yang sangat indah dan unik. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi dunsanak yang ingin berlibur ke Pulau Pamutusan. Sekian dulu informasi dari kami dan terimakasih telah berkunjung.