Wisata Sumbar

Wisata Sumbar adalah portal informasi yang mengulas tentang tempat-tempat unik atau objek wisata yang ada di Sumatera Barat. Temukan tempat wisata favorit kamu hanya di Wisata Sumbar. Semua artikel diulas secara lengkap dengan gaya bahasa yang mudah dipahami

Pulau Pasumpahan di Sumatera Barat, Sajikan Keindahan Pantai yang Mempesona


Sumatera Barat adalah “surga” nya bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburannya, baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan yang berasal dari luar negeri. Bagaimana tidak, di Sumbar sendiri terdapat banyak sekali tempat wisata dan keindahan alam yang masih sangat alami. Seperti wisata gunung, danau, alam, pantai, dan masih banyak lagi tempat-tempat menarik yang bisa kamu temukan di sini.

Seperti biasanya kali ini kami akan membahas salah satu tempat wisata di Sumatera Barat yang saat ini tengah populer di sosial media. Sebelumnya kami telah mengulas salah satu objek wisata yang trend di kalangan anak muda, yakni Pulau Suwarnadwipa yang berada di perairan Teluk Kabung, Kecamatan Bungus. Masih di kawasan Teluk Kabung, kali ini kami akan mengulas sebuah pulau yang tak kalah menarik dari Pulau Suwarnadwipa, yaitu Pulau Pasumpahan.

Bagi kamu pengguna media sosial seperti Instagram pasti pernah melihat foto-foto dengan latar belakang keindahan Pulau Pasumpahan. Ya, pulau ini juga salah satu tempat wisata yang populer saat ini di kalangan anak muda dan sedang ramai dibincangkan.

Untuk itu bagi kamu yang penasaran bagaimana keindahan dan pesona dari Pulau Pasumpahan, kami telah mengulas secara lengkap yang bisa kamu baca pada artikel berikut ini.

Keindahan Pulau Pasumpahan




Pulau Pasumpahan ini sendiri merupakan salah satu dari deretan pulau indah yang berada di perairan Teluk Bungus, di antaranya yaitu Pulau Suwarnadwipa, Pulau Pamutusan, Pulau Pagang, Pulau Sikuai, dan Pulau Sironjong. Pulau ini kini menjadi salah satu wisata unggulan di Sumatera Barat yang menawarkan pesona alam yang sangat indah dan alami.

Jika kamu berkunjung ke Kota Padang sangat sayang sekali jika melewatkan pulau yang satu ini. Karena Pulau Pasumpahan menyajikan pesona alam yang tak biasa. Hamparan pasir putih yang bertebaran di sepenjang tepian pantai dan dipadu dengan beningnya air laut merupakan pemandangan yang menakjubkan.

Jika dilihat sekilas air laut di sekitar pulau ini memiliki tiga warna, mulai dari warna bening di bagian tepi, lalu semakin ke tengah berwarna kehijauan dan berwarna biru di bagian tengah seiring mengikuti kedalaman air laut. Sehingga sangat cocok bagi kamu yang hobi snorkeling menikmati keindahan bawah laut berupa ikan hias dan terumbu karang yang masih terjaga keasriannya.

Di pulau ini juga sudah disediakan beberapa fasilitas untuk pengunjung yang di antaranya yaitu Volly Pantai, Mushola, Toilet umum, dan juga tempat bersantai di bawah rindangnya pepohonan. Bagi kamu yang ingin mengabadikan momen bersama teman-temanmu dengan kamera sangat cocok sekali karena di Pulau Pasumpahan terdapat beberapa spot yang sangat indah.

Keindahan Pulau Pasumpahan tidak berhenti di sini saja, jika kamu memiliki nyali silakan mendaki bukit setinggi 100 meter yang berada di pulau ini. Karena dari atas bukit kita dapat melihat pemandangan di sekitar pulau dengan lebih leluasa.

Pulau Pasumpahan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan di akhir pekan maupun di hari-hari biasa. Terutama bagi mereka muda mudi yang memang hobi berfoto dengan latar belakang keindahan Pulau Pasumpahan.

Akses ke Pulau Pasumpahan


Seperti yang telah disampaikan sebelumnya Pulau Pasumpahan terletak di perairan Kecamatan Bungus, Teluk Kabung, Padang, Sumatera Barat. Untuk menyambangi pulau ini bisa dilakukan dengan dua cara, yakni dengan menggunakan paket One Day Trip dan Backpacker.

Jika kamu ingin yang lebih mudah dan cepat, kamu bisa memilih One Day Trip dengan harga yang bervariasi, yakni berkisar antara 250-350 ribu per orang tergantung fasilitas yang didapatkan. Harga yang cukup terjangkau untuk menikmati keindahan Pulau Pasumpahan selama satu hari.

Jika kamu hobi berpetualang, bisa mengunjungi Sei Pisang dengan jarak sekitar 20 km dari Kota Padang. Pertama kita berjalan menuju arah Kota Painan, nanti di tengah perjalanan terdapat petunjuk arah menuju ke Sei Pisang. Setelah itu kita akan menempuh perjalanan sejauh sekitar 4 km dengan jalan yang berbatu dan kanan kiri masih berupa hutan.

Baca juga:

Setelah kita sampai di Sei Pisang, kita bisa menggunakan jasa perahu nelayan di sana untuk mengantarkan kita ke Pulau Pasumpahan. Dengan biaya sekitar Rp 35.000 sampai Rp 50.000 per orang (pulang pergi) tergantung pandai-pandai kita menawar harga, ongkos tersebut belum termasuk biaya masuk ke pulau seharga Rp 15.000 per orang.

Itulah ulasan tentang keindahan Pulau Pasumpahan yang berada di Sumatera Barat. Kami harap semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca setia Wisata Sumbar. Jangan lupa tulis pendapatmu di kolom komentar yang sudah disediakan di bawah ya.