Wisata Sumbar

Wisata Sumbar adalah portal informasi yang mengulas tentang tempat-tempat unik atau objek wisata yang ada di Sumatera Barat. Temukan tempat wisata favorit kamu hanya di Wisata Sumbar. Semua artikel diulas secara lengkap dengan gaya bahasa yang mudah dipahami

Amazing! Keindahan Pulau Suwarnadwipa di Sumatera Barat



Bagi kamu yang aktif di media sosial seperti Instagram mungkin pernah melihat foto-foto keren dari Pulau Suwarnadwipa yang memiliki pantai yang sangat indah. Yap, akhir-akhir ini media sosial memang ramai membincangkan pulau yang ngetren di kalangan anak muda ini.

Pulau Suwarnadwipa merupakan salah satu dari jajaran pulau-pulau kecil yang terletak di pesisir sebelah selatan Kota Padang bagian barat Sumatera atau sekitar 20-30 Km dari Kota Padang. Pulau yang menjadi salah satu tempat wisata unggulan di Sumatera Barat ini menyajikan keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan.

Dengan airnya yang begitu tenang dan jernih, kita bisa bersnorkling di sini sembari menikmati kekayaan biota laut seperti ikan hias, bintang laut, terumbu karang dan masih banyak lagi. Di pulau ini banyak sekali terdapat spot yang sangat indah untuk mengabadikan momen berharga kamu bersama sahabat dan orang-orang yang kamu sayangi.

Nah, bagi kamu yang penasaran dan ingin mencari informasi bagaimana keindahan pulau yang satu ini kamu berada di tempat yang tepat. Karena pada artikel kali ini Wisata Sumbar akan mengulas salah satu tempat wisata yang sedang populer di kalangan anak muda baru-baru ini, yaitu Pulau Suwarnadwipa atau yang biasa disebut dengan Pulau Emas. Selengkapnya tentang Pulau Suwarnadwipa bisa kamu baca pada artikel berikut ini.

Sekilas Tentang Pulau Suwarnadwipa (Pulau Emas)




Nama Suwarnadwipa diambil dari bahasa Sanskerta yang artinya Pulau Emas atau disebut juga Suwarnabhumi yang berarti tanah yang bersinar. Karena memang ketika kita meginjakkan kaki di pulau ini kita akan disuguhkan oleh pemandangan yang luar biasa indah bagaikan emas yang bersinar.

Lokasi Pulau Suwarnadwipa berdekatan dengan pulau-pulau menawan lainnya seperti Pulau Pamutusan, Pulau Pasumpahan, Pulau Pagang, Pulau Sikuai dan Pulau Sironjong. Sehingga kita bisa sekalian mengunjungi pulau-pulau yang indah tersebut.

Di pulau ini terdapat sebuah objek wisata penginapan pantai yang bernama "Suwarnadwipa Beach and Resort" yang terlihat jelas pada saat kita mulai mendekati pulau tersebut. Dengan fasilitas penginapan berkonsep kesejukan alam, kembali ke alam, dan kesederhanaan yang sangat nyaman, penginapan ini tidak kalah alaminya dengan yang ada di Bali.

Tempat penginapan yang terdiri dari 2 lantai terdapat 6 kamar di lantai bawah dan terdapat juga ruang lepas untuk backpacker yang bisa menampung sekitar 70 hingga 80 orang dalam 1 cottage pada lantai atas. Bagi kamu yang tidak ingin bermalam di pulau ini juga tersedia paket wisata One Day Tour sehingga cukup menikmati pulau ini selama 1 hari penuh.

Karena tempat wisata ini baru beberapa bulan yang lalu diresmikan, pihak pengelola juga berencana akan menambah pembangunan cottage di sekitar pantai dan juga beberapa fasilitas baru lainnya. Sehingga kedepannya diharapkan akan mampu menampung banyak wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri.

Keindahan Alam dan Hal-hal Menyenangkan yang Bisa Kita Lakukan di Pulau Suwarnadwipa


Pertama kali kita menginjakkan kaki di pulau ini kita akan terkagum-kagum karena kita akan disuguhkan pemandangan pantai pasir putih yang dipadu dengan air laut yang jernih dan tenang. Dilengkapi dengan pepohonan yang rindang di sepanjang bibir pantai yang ikut menghiasi pulau ini.

Di sini kita bisa menikmati pemandangan alam bawah laut berupa ikan hias yang berenang dengan tenangnya, berbagai macam biota laut lainnya seperti bintang laut, dan keindahan terumbu karang yang masih terjaga keasriannya yang bisa kita nimkati sembari bersnorkling. Sangat rugi rasanya untuk dilewatkan jika berkunjung ke sini.

Selain itu kamu juga bisa seru-seruan bermain Volly bersama teman-temanmu karena di tempat ini juga disediakan lapangan Volly pantai oleh pihak pengelola. Belum puas bermain Volly? tenang saja, di sini kamu juga bisa merasakan sensasi wahana lautnya yang terdiri dari beberapa permainan seperti: BananaBoat, Diving, Mable/Donut, dan masih banyak lagi.

Nah, selanjutnya yang ditunggu-tunggu oleh para pencinta selfie nih. Di sini juga terdapat berbagai spot yang bisa kamu jadikan sebagai tempat mengabadikan momen berharga kamu bersama teman-teman. Dan yang gak kalah unik di sini adalah sebuah ayunan bertuliskan “Suwarnadwipa” yang bisa kamu gunakan untuk berfoto bersama teman-teman.

Jika kamu merasa lelah setelah bersenang-senang, kamu juga bisa beristirahat di bawah rindangnya pepohonan dipadu dengan tiupan angin sepoi-sepoi seakan membawa kamu ke alam mimpi. Tapi sangat rugi rasanya jika kamu justru menghabiskan waktu liburan di pulau ini dengan tidur.

Akses ke Pulau Suwarnadwipa


Pulau Suwarnadwipa berada di perairan Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Padang, Sumatera Barat. Ada dua cara untuk menyambangi Pulau Suwarnadwipa, yakni menggunakan Tour dan Backpacker. Cara yang paling mudah adalah dengan mengunjungi pantai-pantai di Kecamatan Bungus untuk One Day Trip ke Pulau Suwarnadwipa. Untuk harganya sendiri bervariasi, yakni berkisar antara 250-350 ribu/orang tergantung jumlah orang dan fasilitas yang didapatkan.

Jika kamu hobi berpetualang kamu bisa menempuh cara kedua dengan menyambangi Sei Pisang, dengan jarak sekitar 20 Km dari kota Padang. Pertama kita berjalan ke arah menuju Painan, nanti akan ada penunjuk arah menuju Sei Pisang dengan jarak sekitar 4 Km berupa jalan berbatu dan kanan-kirinya masih berupa hutan.

Baca juga:

Setelah sampai di Sei Pisang, di sana banyak perahu nelayan yang siap disewa untuk menuju ke Pulau Suwarnadwipa. Biayanya sekitar Rp. 35.000 sampai Rp. 50.000 per orang (pulang pergi) dan ongkos tersebut belum termasuk biaya masuk ke pulau.

Itulah sedikit ulasan tentang keindahan objek wisata Pulau Suwarnadwipa yang bisa kami sampaikan. Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke pulau ini, ditunggu ya kedatangannya. Silakan tulis pendapatmu tentang Pulau Suwarnadwipa di kolom komentar di bawah ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk dunsanak pembaca setia Wisata Sumbar, sekian dan terimakasih.