Wisata Sumbar

Wisata Sumbar adalah portal informasi yang mengulas tentang tempat-tempat unik atau objek wisata yang ada di Sumatera Barat. Temukan tempat wisata favorit kamu hanya di Wisata Sumbar. Semua artikel diulas secara lengkap dengan gaya bahasa yang mudah dipahami

Indahnya Bukit Batu Manda Belubus di Kabupaten Lima Puluh Kota


Berwisata ke tempat yang unik dan menikmati pemandangan alam dari ketinggian akan menambah keseruan untuk menghabiskan waktu liburan atau di akhir pekan. Terlebih dengan biaya yang sangat murah, tempat wisata tersebut dapat dinimkati oleh siapapun dan kapanpun. Seperti yang bisa kita temukan di Kabupaten Lima Puluh Kota yang baru-baru ini sedang ramai dibicarakan di media sosial.

Bukit Batu Manda, itulah sebutan untuk sebuah bukit yang terbilang cukup unik ini oleh masyarakat setempat. Bukit yang berada tepatnya di Jorong Belubus (Balubuih), Nagari Sungai Talang, Kecamatan Guguk, Kabupaten Lima Puluh Kota ini seolah menjadi magnet tersendiri bagi muda mudi penggila selfie. Keunikan yang tampak lebih menonjol dari bukit ini adalah terdapatnya sebuah batu yang berukuran lumayan besar di atas puncak Bukit Manda ini.

Jika dunsanak sedang berkunjung ke Kabupaten Lima Puluh Kota rasanya sangat disayangkan kalau melewati tempat yang satu ini. Dengan pemandangan alam yang hijau diikuti oleh udara yang cukup sejuk, bukit ini sangat cocok untuk dijadikan tujuan rekreasi atau sejenak melepas lelah dari rutinitas kita sehari-hari. Dunsanak penasaran seperti apa keindahan yang ditawarkan oleh Bukit Batu Manda ini? Selengkapnya bisa dunsanak baca pada artikel berikut ini.

Pesona Bukit Batu Manda




Batu Manda ini sendiri merupakan sebuah batu bersejarah yang dianggap memiliki kekuatan mistis oleh masyarakat setempat. Selain Batu Manda, disekitarnya juga terdapat beberapa batu seperti Batu Biliak, Batu Bakoca, Batu Manggigia dan Batu Palano. Keberadaan Batu Manda di atas bukit ini mampu memberikan daya tarik tersendiri bagi kalangan anak muda atau pencinta alam. Terlebih bagi mereka yang hobi selfie dan fotografi, tempat ini sangat cocok untuk mengabadikan momen kebersamaan dengan teman-teman karena terdapat beberapa spot yang sangat bagus.

Selain itu pemandangan alam yang terbentang luas dengan hijaunya mampu memanjakan mata. Dengan ketinggian sekitar kurang lebih 550 mdpl udara di sini juga terasa cukup sejuk dan akan membuat kita betah berlama-lama di tempat ini. Jika kamu mempunyai nyali lebih, kamu juga bisa memanjat batu besar yang berukuran lebih kurang sekitar 10 (panjang) x 5 (lebar) x 10 (tinggi) meter. Dari atas batu ini kamu akan mendapatkan sudut tangkapan terbaik untuk berfoto. Akan tetapi meskipun batu ini tidak terlalu tinggi, sangat disarankan agar ekstra hati-hati karena akan berakibat fatal jika kamu terpeleset dan terjatuh dari ketinggian 10 meter.

Kepopuleran tempat wisata yang satu ini terus memuncak setelah tersebarnya foto-foto dan video yang diunggah ke jejaring sosial oleh remaja setempat. Sejak saat itu Bukit Batu Manda ramai dikunjungi oleh muda mudi dan jumlahnya bertambah dari hari ke hari. Kini tempat ini menjadi tujuan melancong favorit bagi anak muda Kota Payakumbuh.



Keseruan di Bukit Batu Manda tidak sampai di sini saja, karena kamu juga bisa menyinggahi sebuah telaga yang tidak terlalu besar yang terdapat di sekitar bukit ini. Menurut warga setempat telaga ini dulunya merupakan sebuah danau buatan yang cukup besar yang dibuat pada tahun 90-an. Namun danau ini perlahan mengering seiring berjalannya waktu dan menyisakan sebuah telaga kecil. Selain telaga, kabarnya di sekitar wilayah ini juga terdapat Batu Menhir dan Makam Sjech yang juga sering dikunjungi wisatawan.

Lokasi Bukit Batu Manda


Bukit Manda berada di Jorong Belubus, Nagari Sungai Talang, Kecamatan Guguk, Kabupaten Lima Puluh Kota. Untuk akses kesana pun tidak terlalu jauh, hanya berjarak sekitar 15 km dari Kota Payakumbuh atau 30 menit perjalanan. Dari Kota Payakumbuh kita  melewati Jalan Tan Malaka ke arah Suliki, tidak lama kemudian kita akan tiba di Belubus (Balubuih) dan kita akan memarkir kendaraan di sekitar permukiman penduduk.

Baca juga:

Stelah itu dilanjutkan dengan trekking ringan sampai ke puncak Bukit Batu Manda. Dunsanak tidak usah khawatir karena jalan setapak menuju ke puncak terbilang cukup bagus. Dari kejauhan akan tampak sebuah batu besar yang menanti di puncak Bukit. Rasa lelah akan terbayarkan jika kita berada di puncak.

Itulah sedikit ulasan tentang Bukit Batu Manda Belubus Kabupaten Lima Puluh Kota. Bagaimana pendapat dunsanak tentang destinasi yang satu ini? Silakan dicoret-coret pada kolom komentar di bawah ya, terimakasih atas kunjungannya.