Wisata Sumbar

Wisata Sumbar adalah portal informasi yang mengulas tentang tempat-tempat unik atau objek wisata yang ada di Sumatera Barat. Temukan tempat wisata favorit kamu hanya di Wisata Sumbar. Semua artikel diulas secara lengkap dengan gaya bahasa yang mudah dipahami

Bukit Nobita, Sisi Unik Pemandangan Kota Padang Dari Ketinggian


Berbicara tentang Nobita mungkin yang terlintas di pikiran kita adalah seorang tokoh dari film cartoon yang sangat fenomenal, yakni Doraemon. Saya sangat yakin di antara dunsanak pembaca Wisata Sumbar pasti pernah atau bahkan sering menonton cartoon tersebut. Ya, di sana terdapat sebuah bukit di belakang sekolah Nobita yang sering dikunjunginya saat melarikan diri dari kejaran musuh.

Namun dunsanak jangan menganggap bahwa bukit di dalam cartoon Doraemon itu Cuma ada di cerita saja, karena percaya atau tidak Bukit Nobita juga ada lho wujud aslinya. Seperti yang terdapat di Kota Padang tepatnya di Kelurahan Kampung Jua, Kecamatan Lubuk Begalung atau berjarak sekitar 15 km dari pusat Kota Padang.

Sesuai dengan cerita cartoon Doraemon, Bukit Nobita yang ada di Padang ini memiliki suasana persis seperti yang ada di ceritanya. Di sini kita akan disuguhkan oleh indahnya pemandangan Kota Padang dari ketinggian. Tempat ini ramai dikunjungi oleh kawula muda untuk menikmati pemandangan dan berfoto ria di atas puncak bukit. Sehingga menjadikan tempat ini sebagai lokasi nongkrong favorit muda mudi Kota Padang.

Nah, bagi dunsanak yang ingin menghabiskan waktu liburan atau akhir pekan, mengunjungi Bukit Nobita adalah rekomendasi dari kami bagi yang pencinta selfie atau fotografi. Seperti apa keindahan dan keseruan yang ditawarkan oleh destinasi yang tergolong baru ini? Selengkapnya bisa kamu baca pada ulasan berikut.

Sekilas Tentang Bukit Nobita




Belum lama ini masyarakat Kota Padang khususnya kalangan muda mudi dihebohkan dengan keberadaan Bukit Nobita yang fenomenal. Awalnya bermula dari salah seorang mahasiswa yang mengunggah foto miliknya ke sosial media seperti Instagram atau Facebook. Tak butuh waktu lama, foto tersebut langsung menjadi viral dan tersebar luas di media sosial lainnya. Sejak itulah kepopuleran bukit yang satu ini kian melonjak dan dari hari ke hari pengunjung yang datang terus bertambah.

Terlepas dari keindahannya, tentu ada yang bertanya-tanya kenapa bukit ini disebut dengan Bukit Nobita? Menurut warga setempat bukit ini biasa disebut sebagai Bukit Batu Jarang karena di sana terdapat beberapa batu besar yang letaknya berjauhan (Jarang), namun ada juga yang menyebutnya sebagai Bukit Batu Kasek, Bukit Tigo Tungku, dan Bukit Kampung Jua.

Lantas kenapa bukit ini lebih terkenal dengan sebutan Bukit Nobita? Menurut beberapa sumber, penamaan Nobita sendiri bermula dari salah seorang mahasiswa yang sering berkunjung ke tempat ini. Dia sangat terpesona dengan pemandangan dari atas yang mirip dengan bukit yang ada di belakang sekolah Nobita di cartoon yang berasal dari negeri Sakura tersebut.

Karena memang pemandangan dari atas bukit ini sungguh luar biasa indahnya. Kita bisa melihat pemandangan seluruh kota padang dengan leluasa dari ketinggian. Mulai dari daratan Kota Padang sampai dengan pemandangan birunya lautan yang terbentang luas di sebelah baratnya. Akan lebih baik jika kita mengunjungi tempat ini pada sore hari atau sebelum matahari terbenam. Karena akan ada momen sunset atau matahari terbenam yang akan menemani sebelum malam tiba.



Tak sampai di sini saja, pemandangan di malam hari pun tak kalah kerennya. Hamparan lampu kota yang kelap-kelip juga menambah suasana malam yang damai. Karena panoramanya yang begitu indah, tak heran jika kita menjumpai pengunjung yang asyik menjepret pemandangan alam dengan senjata andalannya masing-masing. Nah, bagi kamu yang ingin menikmati semua momen indah tersebut, akan lebih baik lagi jika melakukan aktifitas camping di atas puncak Bukit Nobita ini.

Akses atau Jalan Menuju ke Bukit Nobita


Nah, bagi dunsanak yang penasaran bagaimana serunya berfoto dengan latar belakang pemandangan Kota Padang langsung saja buru-buru datang ke sini. Karena lokasi Bukit Nobita sangat mudah dijumpai dan akses ke sana pun juga sangat bagus. Tetapi sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua karena jika dunsanak menggunakan kendaraan roda empat akan kesulitan untuk memarkir kendaraan.

Bukit Nobita berada di Kelurahan Kampung Jua, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat atau hanya berjarak sekitar 15 km dari pusat kota. Kita hanya membutuhkan jarak tempuh sekitar 10 menit dari Jalan By Pass tepatnya dari simpang Kampung Jua, atau antara Perempatan Lubeg dengan pelabuhan Teluk Bayur.

Baca juga:

Selanjutnya kita akan memarkir kendaraan di salah satu rumah warga dan dikenakan biaya Rp 5.000 per orang, kamu tenang saja karena lokasi parkirnya tergolong aman kok. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan trekking selama kurang lebih 30 menit untuk sampai ke puncak Bukit Nobita. Sebelum melakukan trekking ada baiknya untuk mempersiapkan segala keperluan seperti bekal dan tentu juga senter untuk penerangan.

Sesampainya di puncak bukit mata kita akan terpesona dengan pemandangan Kota Padang dari ketinggian 900-1000 mdpl. Bukit Nobita ini merupakan salah satu spot menarik untuk mereka yang hobi fotografi. Terlebih pada saat malam hari, hamparan lampu kota yang berkelap-kelip akan menghiasi background foto yang tak biasa.

Itulah sedikit ulasan tentang keindahan Objek Wisata Bukit Nobita yang wajib kamu kunjungi di Kota Padang. Bagaimana pendapatmu tentang tempat menarik yang satu ini? Jangan lupa sematkan komentarmu di bawah ini ya, terimakasih atas kunjungannya.