Wisata Sumbar

Wisata Sumbar adalah portal informasi yang mengulas tentang tempat-tempat unik atau objek wisata yang ada di Sumatera Barat. Temukan tempat wisata favorit kamu hanya di Wisata Sumbar. Semua artikel diulas secara lengkap dengan gaya bahasa yang mudah dipahami

Ngalau Talago di Sijunjung, Hadirkan Pesona Gua Nan Eksotis


Berbicara tentang tempat-tempat unik di Sumatera Barat memang tidak habis-habisnya. Hal ini dikarenakan Sumbar sendiri memiliki segudang tempat wisata yang selalu menarik untuk dikunjungi. Kebanyakan dari tempat-tempat unik yang ada di sini pun tidak mudah untuk dikunjungi karena lokasinya yang kebanyakan berada jauh dari akses penduduk.

Salah satu tempat wisata di Sumatera Barat yang terbilang cukup unik yang wajib kamu kunjungi adalah Ngalau Talago yang berada di Kabupaten Sijunjung. Ngalau merupakan sebutan untuk sebuah Gua dalam bahasa Minangkabau. Biasanya nama sebuah ngalau mengikuti keadaan atau bentuk dari ngalau tersebut. Contohnya Ngalau Indah Pangian yang berada di Nagari Pangian Kecamatan Lintau Buo, karena ngalau tersebut begitu indah dan terawat sehingga disebut Ngalau Indah. Begitu juga dengan Ngalau Talago, di dalamnya terdapat sebuah telaga (talago) yang digenangi air layaknya telaga pada umumnya.

Pesona di dalam Ngalau Talago ini terbilang cukup eksotis, di dalamnya terdapat beberapa ruangan yang masing-masing memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Untuk sampai ke mulut ngalau ini sendiri kita akan melewati berbagai rintangan yang akan memberikan pengalaman berpetualang yang sangat menyenangkan.

Nah, bagi dunsanak yang suka menjelajahi alam, menelusuri Ngalau Talago adalah pilihan yang sangat cocok untuk mengisi waktu liburan. Seperti apa keindahan dan pesona yang ditawarkan oleh gua yang satu ini? Wisata Sumbar sudah merangkumnya pada artikel berikut.

Keindahan Ngalau Talago, ‘Surga’ Tersembunyi di Sijunjung




Kabupaten Sijunjung juga menyimpan berbagai tempat wisata yang tak kalah kerennya dari daerah lain di Sumatera Barat. Salah satu tempat wisata yang wajib kamu coba di sini adalah Ngalau Talago yang berada tepatnya di Nagari Silokek, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat. Ngalau ini memberikan pesona dan pengalaman yang tak terlupakan bagi yang mengunjunginya.

Di sini terdapat beberapa ruang yang bisa kamu telusuri dan memiliki daya tarik tersendiri. Pemandangan di dalamnya dihiasi oleh bebeatuan kapur stalaktit dan stalakmit yang meneteskan butiran-butiran air bening serta memancarkan cahaya warna warni bagaikan manik-manik, sungguh pemandangan yang sangat luar biasa yang jarang dijumpai di tempat wisata lainnya.

Keindahan Ngalau Talago tidak sampai di sini saja, sesuai namanya di dalam ngalau ini terdapat sebuah telaga yang digenangi banyak air pada saat musim hujan sehingga kita bisa berenang di sana. Sungguh keindahan alam yang sangat unik. Tetapi jika dunsanak berkunjung ke sana pada musim kemarau airnya hanya sedikit dan nyaris kering.

Di beberapa ruang di dalam Ngalau Talago ini kita bisa menjumpai bebatuan yang menyerupai gajah dan ada juga yang mirip seekor buaya yang ikut melengkapi keindahan alam di dalam gua. Selain memiliki keindahan dan keunikan yang ditawarkannya, di dalam ngalau ini juga terdapat bagian yang berbahaya. Yaitu sebuah lubang menyerupai sebuah sumur yang memiliki panjang sekitar 8 meter. Untuk kedalamannya sendiri tidak diketahui dan yang pasti sangat dalam, jika kita mencoba melempar batu ke dalam sana maka tidak terdengar lagi suara jatuhannya, begitu saking dalamnya lubang ini. Untuk itu disarankan agar sangat berhati-hati di dalam ngalau ini dan jangan lupa untuk membawa senter yang terang.

Banyak sekali hal-hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan di Ngalau Talago ini. Karena pemandangan di dalamnya yang begitu unik, sangat cocok bagi kamu yang penggila selfie atau fotografi untuk mengabadikan momen dengan latar belakang foto yang indah.

Lokasi dan Akes ke Ngalau Talago


Ngalau Talago berada di Nagari Silokek, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat. Jika dunsanak dari arah Kota Padang bisa langsung menuju ke Muaro Sijunjuang yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Sijunjung. Setelah itu perjalanan dilanjutkan ke Nagari Silokek yang berjarak sekitar 12 km atau 45 menit berkendara dari Muaro Sijunjuang.

Untuk menemukan jalan ke Ngalau Talago ini tidaklah sulit, dari Ngalau Cigak atau tepatnya di pulau Andam Dewi perjalanan dilanjutkan dengan trekking ke Ngalau Talago yang berjarak sekitar 1,5 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam berjalan. Selama perjalanan kita akan melewati perkebunan warga dengan berbagai medan yang cukup sulit. Bahkan kita akan mendaki tanjakan yang nyaris memiliki kemiringan 70 derajat, sungguh perjuangan yang sangat melelahkan. Akan tetapi sesampainya di Ngalau Talago dijamin semua rasa capek akan terbayarkan.

Baca juga:

Ngalau Talago ini sebenarnya memiliki potensi wisata yang sangat baik. Namun sangat disayangkan sekali karena kurangnya perawatan atau kebersihan di sekitar ngalau karena masih banyak sekali ditemukannya sampah botol plastik yang dibuang sembarangan oleh pengunjung. Selain itu juga terdapat coretan-coratan tangan jahil yang merusak keasrian gua ini. Diharapkan pemerintah setempat lebih memperhatikan dan membangun jalan supaya akses ke sana bisa lebih mudah.

Itulah sedikit ulasan tentang pesona Ngalau Talago yang berada di Kabupaten Sijunjung. Bagaimana dunsanak, tertarik untuk menelusuri gua yang satu ini? Silakan berikan komentarmu tentang objek wisata yang satu ini ya.