Wisata Sumbar

Wisata Sumbar adalah portal informasi yang mengulas tentang tempat-tempat unik atau objek wisata yang ada di Sumatera Barat. Temukan tempat wisata favorit kamu hanya di Wisata Sumbar. Semua artikel diulas secara lengkap dengan gaya bahasa yang mudah dipahami

Sejuknya Air Terjun Ngungun Saok di Lubuk Minturun Padang


Berkunjung ke tempat wisata bernuansa alam untuk menenangkan diri sejenak melepas lelah dari hiruk pikuk perkotaan merupakan suatu hal yang perlu dilakukan. Apa lagi bagi kamu yang disibukkan oleh pekerjaan kantor, memanjakan diri sambil menatap keindahan alam akan sangat cocok untuk menghilangkan stres.

Untuk kamu yang tinggal di kota Padang tidak perlu jauh-jauh bila ingin menikmati objek wisata yang menyuguhkan suasana alam yang asri, cukup menempuh perjalanan sekitar 10,6 km dari pusat kota Padang atau selama kurang lebih 20 menit berkendara kamu sudah bisa menikmati keindahan alam tersebut. Seperti tempat wisata yang berada di kawasan Minturun yang sudah terkenal dengan wisata pemandiannya, yakni Pemandian Lubuak Minturun.

Masih di kawasan Minturun, belum lama ini masyarakat kota Padang dan sekitarnya dikejutkan dengan keberadaan destinasi wisata baru, yaitu Air Terjun Ngungun Saok. Kepopuleran tempat wisata ini berawal ketika seseorang yang mengunggah foto air terjun tersebut ke media sosial, tak butuh waktu lama foto tersebut langsung tersebar luas ke media sosial lainnya dan menjadi viral.

Nah, bagi dunsanak yang berdomisili di kota Padang jangan sampai melewatkan objek wisata yang satu ini. Selain tergolong dekat, untuk menikmati ‘surga’ alam yang tersembunyi ini tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Bagaimana keseruan dan keindahan alam yang ditawarkan oleh Air Terjun Ngungun Saok ini? Berikut ulasan lengkapnya.

Serunya Berenang di Air Terjun Ngungun Saok




Ngungun Saok sendiri merupakan tempat wisata yang terletak di sebuah bukit di kawasan Lubuak Minturun. Untuk mencapai lokasinya tidaklah mudah dan butuh tenaga ekstra, kita harus trekking untuk melewati berbagai macam rintangan dan medan yang dilalui pun cukup menantang. Tapi kamu tenang saja, objek wisata yang tergolong baru ini sudah mulai dikelola dengan baik oleh masyarakat sekitar walaupun belum keseluruhan.

Kamu tau kenapa tempat yang indah ini dinamakan Ngungun Saok? Kata Ngungun sendiri artinya desiran air, dan Saok berarti tertutup. Maksudnya adalah karena tempat ini berada di bawah tebing yang ditutupi oleh hutan yang lebat, jadi ketika kita berada di sekitar lokasi pemandian ini kita seolah-olah hanya mendengar desiran air saja tanpa melihat aliran airnya.

Air Terjun Ngungun Saok memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Di sini kita akan disuguhi oleh pemandangan jernihnya air dan berwarna kehijauan yang membuat kita tidak sabar untuk segera melompat ke dasar air. Yang unik dari air terjun ini adalah lokasi pemandian yang diapit oleh tebing-tebing batu yang menjulang tinggi. Kemudian di atas tebing tersebut ditumbuhi oleh tanaman rambat dan juga dipenuhi oleh rindangnya pepohonan yang menambah kesan asri dari Ngungun Saok.

Jika kamu ingin merasakan keseruan lebih, kamu bisa memanjat tebing tersebut dan melompat ke dalam beningnya air lubuk Ngungun Saok ini. Di satu sisi tebing dihiasi oleh sebuah air terjun yang tidak terlalu tinggi, jadi sangat cocok untuk berdiri di bawahnya sambil menikmati air yang jatuh ke tubuh.

Ngungun Saok sendiri identik dengan batuan besar yang hampir tersebar di sepanjang aliran sungai. Jadi bagi kamu yang hobi fotografi mengunjungi tempat ini akan memberikan latar belakang foto yang tak biasa. Sungguh pemandangan alam yang jarang ditemui di tempat lain. Untuk itu jangan lupa membawa peralatan kamera yang bagus ya, jangan sampai momen berharga bersama teman-temanmu terlewatkan begitu saja.

Lokasi dan Jalur Trekking ke Ngungun Saok


Air Terjun Ngungun Saok berada di sebuah bukit yang terletak di kawasan Lubuak Minturun yang sangat terkenal dengan Agro Wisatanya. Jika kita dari pusat kota Padang, perjalanan yang ditempuh hanya sekitar 10,6 km atau kurang lebih selama 20 menit berkendara. Berhubung kondisi jalan menuju Ngungun Saok ini terbilang cukup menantang dan berbatu, sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua.

Perjalanan diawali dari pusat kota Padang melewati Jalan By Pass menuju ke arah Bandara Internasional Minangkabau. Setelah berkendara selama 10 menit kita akan tiba di gerbang masuk ke Lubuak Minturun. Dari sini kita berjalan lurus dan sekitar 5 menit kita akan sampai di pertigaan, di sini kita belok kiri menuju ke arah Kolam Renang ABG yang sudah terkenal sejak lama di Lubuak Minturun ini.

Kemudian sekitar 2 km perjalanan melewati Kolam Renang ABG kita masih melewati jalanan beraspal. Namun tidak bertahan lama, jalanan yang beraspal tersebut hanya separuh dari total perjalanan yang akan ditempuh, sisanya kita akan melewati jalanan berbatu dan cukup licin jika musim hujan.

Setelah beberapa menit menempuh jalanan berbatu kita akan tiba di Pos pertama yang dijaga oleh pemuda setempat, di sini kita harus membayar sebesar Rp 5.000 per orang. Sekitar 15 menit menempuh jalanan berbatu dari pos pertama kita akan tiba di lokasi parkir yang disediakan oleh masyarakat setempat. Untuk tarif parkir kita cukup membayar Rp 3.000 per motor. Dari sinilah trekking dimulai, kita akan melewati berbagai medan yang berupa tanjakan dan turunan yang memiliki kemiringan yang cukup curam.

Baca juga:

Objek wisata Ngungun Saok memang sudah mulai dikelola oleh masyarakat seatempat, buktinya mereka sudah menyiapkan papan petunjuk arah di setiap persimpangan. Selain itu juga sudah dibuatkan anak tangga dari tanah untuk memudahkan setiap langkah kaki menuruni tebing. Tapi kita juga harus ekstra hati-hati karena tangga tersebut juga terasa licin jika turun hujan.

Setelah melewati beberapa penurunan dan pendakian kita akan tiba di sebuah papan petunjuk yang menjelaskan bahwa kita akan sampai di lokasi Ngungun Saok setelah menuruni sebuah tebing yang sangat curam. Diperlukan kehati-hatian di setiap langkahnya karena melakukan kesalahan sedikit saja akan berakibat fatal. Oh ya, sebelum menuruni tebing kita juga harus membayar uang masuk sekitar Rp 3.000.

Setelah beberapa menit menuruni tebing, suara gemercik Air Terjun Ngungun Saok pun mulai terdengar. Ini menandakan bahwa perjalanan menuju ke lokasi tidak jauh lagi. Setibanya di lokasi kta harus melewati satu tantangan lagi yaitu menuruni tebing dengan kemiringan hampir 90 derajat, lengah sedikit akan berakibat fatal karena batuan besar yang menanti di bawah tebing. Tetapi untuk memudahkan para pengunjung, masyarakat setempat sudah memasang tali pancang untuk berpegangan.

Semua rasa lelah selama perjalanan akan terbayarkan jika telah menuruni tebing tersebut. Beningnya air yang mengalir membuat kita tidak sabar untuk melompat ke dasar lubuk yang memiliki kedalaman sekitar 1-2 meter tersebut.

Berkunjung ke tempat wisata bernuansa alam ini sangat seru dan menantang. Ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai keindahan alam dan memiliki jiwa petualang. Bagaimana pendapat kamu tentang Air Terjun Ngungun Saok ini? Silakan tulis komentarmu di kolom komentar di bawah ini ya. Sekian dulu ulasan dari wisatasumbar.id kali ini dan terimakasih telah berkunjung.