Wisata Sumbar

Wisata Sumbar adalah portal informasi yang mengulas tentang tempat-tempat unik atau objek wisata yang ada di Sumatera Barat. Temukan tempat wisata favorit kamu hanya di Wisata Sumbar. Semua artikel diulas secara lengkap dengan gaya bahasa yang mudah dipahami

Tapian Puti, Tempat Wisata Pemandian Alami Yang Sangat Unik


Mengunjungi tempat-tempat wisata di Sumatera Barat merupakan hal yang sangat menyenangkan untuk mengisi waktu liburan atau sejenak melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan. Di Sumbar sendiri banyak sekali ditemukan objek wisata alam karena keadaan alamnya yang berupa perbukitan dan kawasan hutan yang terbentang luas. Karena itulah di wilayah yang subur ini banyak sekali terdapat tempat pemandian yang masih alami.

Salah satu tempat wisata di Sumatera Barat yang berkonsep pemandian alam yang cukup populer adalah Tapian Puti. Objek wisata yang terletak di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman ini memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Yaitu terdapatnya beberapa air terjun kecil yang memiliki 7 tingkatan dan di setiap tingkatan tersebut terdapat kolam-kolam kecil yang dijadikan tempat pemandian oleh masyarakat sekitar.

Nah, bagi dunsanak yang menyukai tempat wisata yang berkonsep pemandian alami dan juga suka berpetualang tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat yang sangat unik ini. Penasaran seperti apa keindahan yang ditawarkan oleh destinasi wisata yang satu ini, selangkapnya tentang pemandian alam Tapian Puti bisa dunsanak baca pada ulasan berikut ini.

Pemandian Alam Tapian Puti Yang Begitu Indah dan Unik




Tapian Puti merupakan tempat pemandian berkonsep alami yang terbentuk karena proses alam dan tanpa campur tangan manusia sedikitpun. Sebenarnya pemandian ini adalah sebuah aliran air yang berasal dari perbukitan yang mengalir di atas bebatuan dan membentuk beberapa kolam kecil di atasnya. Yang menarik dari pemandian ini adalah terdapatnya 7 tingkatan yang mana di setiap tingkatan tersebut memiliki beberapa kolam dan membentuk air terjun kecil dan digenangi oleh air yang begitu jernih dan bersih. Semua keunikan yang ditawarkan oleh pemandian yang satu ini terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia, sungguh luar biasa ciptaan-Nya.

Terlepas dari keindahan dan keunikan yang dimilikinya, ternyata tempat ini memiliki cerita legenda tersendiri yang menceritakan kisah Malin Deman dan Putri Bungsu. Konon katanya tempat ini dulu merupakan tempat pemandian yang biasa digunakan oleh 7 putri khayangan. Masyarakat setempat percaya bahwa ke tujuh putri tersebut mandi di masing-masing tujuh tingkatan kolam tersebut. Itulah sebabnya kenapa tempat ini dinamakan Tapian Puti yang artinya pemandian para putri.

Bagi kamu yang suka berpetualang dan pencinta alam, mengunjungi tempat wisata yang cukup populer ini akan memberikan pengalaman tersendiri. Karena untuk mencapai tempat yang indah ini kita harus melakukan trekking ringan. Yang mana di sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang masih sangat asri.

Di pemandian Tapian Puti ini kita bisa melakukan banyak hal yang akan membuat liburan kita menjadi seru dan menyenangkan. Pengunjung bisa mandi dan berendam sepuasnya di dalam kolam-kolam yang memiliki ukuran dan karakteristik yang berbeda. Dengan airnya yang bersih dan menyegarkan, udara yang sejuk, dan pemandangan alam yang menyejukkan mata seolah-olah mampu mengusir rasa penat dari rutinitas sehari-hari.



Tidak ketinggalan juga bagi kamu yang pencinta selfie atau fotografi, di sini terdapat spot yang sangat cocok dijadikan sebagai latar belakang foto kamu. Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan di hari libur atau akhir pekan. Selain dijadikan sebagai tujuan wisata, Tapian Puti juga dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk melakukan tradisi Balimau setiap tahunnya. Balimau merupakan sebuah tradisi mandi yang dilakukan untuk membersihkan diri dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadhan. Tradisi ini rutin dilaksanakan oleh masyarakat Minangkabau setiap tahunnya atau satu hari menjelang Ramadhan.

Lokasi dan Jalan Menuju ke Tapian Puti


Objek wisata Tapian Puti berada di Nagari Sikabu, Kecamatan Lubuk Alung, Provinsi Sumatera Barat yakni berjarak sekitar 25 km sebelah timur Kota Pariaman, atau sekitar 40 km dari Kota Padang. Untuk menelusuri tempat ini sebaiknya dunsanak menggunakan kendaraan pribadi baik itu roda empat maupun roda dua, karena belum ada angkutan umum yang memiliki jurusan ke arah ini.
Jika kita dari Kota Padang langsung saja menuju ke arah Kecamatan Lubuk Alung, jika dunsanak tidak mengetahui di mana Nagari Sikabu berada, dunsanak bisa bertanya ke masyarakat sekitar.

Sesampainya di Nagari Sikabu kita harus menempuh jalanan beraspal sejauh kurang lebih 1,6 km, setelah itu kita akan melewati pintu masuk di korong Sikabu Bukik sampai akhirnya kita tiba di atas bukit dimana di sana terdapat sebuah lahan kosong. Dari sinilah titik start trekking dimulai dan kita bisa memarkir kendaraan di tempat ini.

Baca juga:

Perjalanan diawali dengan menuruni bukit yang memiliki jalan setapak dan beberapa anak tangga untuk mempermudah pengunjung. Bagi kamu yang pertama kali mengunjungi tempat ini dan masih ragu-ragu, kamu bisa menyewa jasa guide dari masyarakat setempat yang bersedia menemani kamu selama perjalanan dan berkeliling di sekitar lokasi.

Selama perjalanan kita akan disuguhi oleh pemandangan alam yang masih terjaga keasriannya. Rimbunnya pepohonan, udara yang sejuk, serta kicauan burung yang bermain di antara ranting pepohonan akan menghiasi setiap langkah kaki menuju ke sana. Sesampainya di Tapian Puti mata kita akan terpesona akan keindahan pemandian tersebut, aliran air yang mengalir seolah-olah memanggil kita untuk segera berendam di dalamnya.

Itulah sedikit ulasan tentang objek wisata berkonsep pemandian alam Tapian Puti. Bagaimana dunsanak, tertarik untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini? Silakan tulis pendapatmu tentang Tapian Puti di kolom komentar di bawah ya.