Wisata Sumbar

Wisata Sumbar adalah portal informasi yang mengulas tentang tempat-tempat unik atau objek wisata yang ada di Sumatera Barat. Temukan tempat wisata favorit kamu hanya di Wisata Sumbar. Semua artikel diulas secara lengkap dengan gaya bahasa yang mudah dipahami

Mengintip Beningnya Pemandian Alam Lubuk Bonta


Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari perbukitan dan menyimpan banyak sekali sumber air bersih, tak heran jika di sumbar banyak kita temui tempat pemandian yang bernuansa alam. Dari setiap pemandian yang terdapat di sini pasti memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas sebuah tempat pemandian alam yang sudah terkenal sejak lama, yakni Lubuk Bonta.

Lubuk Bonta (lubuak bonta) merupakan sebuah kolam yang terbentuk secara alami dengan airnya yang begitu jernih dengan warna biru kehijauan. Tempat pemandian yang berada tepatnya di Nagari Kapalo Hilalang, Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman ini sudah terkenal sejak tahun 70-an. Di sini kita akan merasakan sensasi yang sangat berbeda dari tempat pemandian pada umumnya. Nah, bagi dunsanak yang membutuhkan tempat refresing untuk menenangkan diri dari rutinitas sehari-hari wajib rasanya untuk mengunjungi tempat yang satu ini. Seperti apa keindahan alam yang disajikan oleh pemandian Lubuk Bonta ini? Berikut ulasannya.

Beningnya Pemandian Alam Lubuk Bonta




Bagi masyarakat Minangkabau, pasti sudah tidak asing lagi jika mendengar kata “Lubuk Bonta”. Pemandian ini sudah terkenal sejak lama, bahkan sejak era 70-an tempat ini selalu rami dikunjungi oleh wisatawan maupun masyarakat setempat. Mereka yang datang kesini tidak hanya menikmati segarnya mandi di dalam kolam, tetapi banyak juga yang datang ke sini dengan tujuan berfoto karena tempat ini memang terkesan sangat indah dan masih alami. Selain itu pemandian Lubuk Bonta ini juga sering dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat balimau yang merupakan tradisi yang dilakukan masyarakat Minangkabau dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadhan yang diwariskan secara turun-temurun.

Hal yang paling menarik dari Lubuk Bonta ini adalah kolam (lubuak) yang terbentuk secara alami. Karena lokasinya yang berada di pinggang Gunung Tandikat, maka kondisi airnya sangat jernih, bersih dan tentunya menyegarkan. Keindahan kolam juga dihiasi dengan adanya sebuah air terjun kecil yang begitu indah. Kalau dunsanak berkunjung ke sini, dijamin akan terkagum-kagum melihat airnya yang berwarna biru kehijauan dan tidak sabar untuk melompat ke sana. Tidak hanya kolamnya yang bening, kita juga akan terpesona dengan keasrian alam disekitarnya yang masih sangat terjaga.

Keberadaan Lubuk Bonta ini tidak hanya memikat hati para pencinta alam saja, tempat ini juga sangat cocok bagi kamu yang mencintai fotografi. Lubuk Bonta merupakan spot yang sangat cocok untuk menciptakan foto yang menyatu dengan alam. Di sini kita juga bisa melakukan foto underwater dengan hasil foto yang sangat unik. Jadi, jika dunsanak berkunjung ke tempat ini jangan sampai melewatkan hal tersebut ya. Bawalah peralatan yang lengkap seperti kamera action dan peralatan lainnya.

Di balik keindahan alam yang dimilikinya, ternyata keberadaan Lubuk Bonta sendiri sudah mulai terlupakan oleh masyarakat Minangkabau. Pasalnya pengunjung tempat wisata ini tidaklah seramai dulu. Pada masa jayanya sejak era 70-an sampai 90-an tempat ini sangat populer dan selalu ramai dikinjungi setiap akhir pekan maupun di hari libur. Menurut pengakuan dari masyarakat setempat, jumlah pengunjung yang datang hanya beberapa orang saja dalam seminggu.

Meredupnya kepopuleran pemandian Lubuk Bonta di kalangan anak muda semakin ditambah oleh hadirnya tempat wisata pemandian yang lebih modern seperti waterboom dan lain-lain. Memang Kabupaten Padang Pariaman ini sangat terkenal dengan wisata pemandian yang sangat banyak jumlahnya. Contohnya saja wisata pemandian Tirta Alami yang sampai sekarang masih banyak peminatnya. Ditambah lagi dengan dibangunnya wisata Minang Fantasi (Mifan) yang tidak jauh dari Lubuk Bonta.



Selain itu yang membuat Lubuk Bonta sepi peminat adalah kurangnya perawatan dari masyarakat setempat. Buktinya di sekitar area pemandian kebanyakan masih ditutupi oleh tumbuhan liar dan sampah tumbuhan. Selain itu di sekitar lokasi terlihat sebuah bangunan tua bekas tempat ruang ganti pakaian yang sudah tidak terurus dan ditutupi oleh lumut dan tumbuhan. Memang pemandian Lubuk Bonta ini tidak dikelola oleh pemerintah setempat namun diharapkan kepada masyarakat setempat untuk menjaga dan merawatnya sebaik mungkin. Agar nantinya keindahan alam yang satu ini banyak peminat dan tidak dilupakan begitu saja.

Lokasi Pemandian Alam Lubuk Bonta


Untuk mencapai tempat yang satu ini tidak terlalu sulit karena bisa ditempuh oleh kendaraan dan hanya berjalan sebentar saja untuk mencapai lokasi. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bawha Lubuk Bonta berada di Korong Tarok, Nagari Kapalo Hilalang, Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat.

Lubuk Bonta berada di jalan lintas Padang-Bukittinggi, hanya sekitar satu jam berkendara dari Kota Padang atau 30 menit jika dunsanak dari Kota Padang Panjang. Untuk menuju ke lokasi kita masuk dari Sicincin menuju ke tempat penyulingan air mineral kemasan. Kemudian dilanjutkan dengan berkendara sekitar 15 menit mengikuti jalan perkampungan yang sudah diaspal. Setelah itu kita akan bertemu dengan sebuah jembatan dan lokasi pemandian warga di sebelah kanannya.

Baca juga:

Selanjutnya perjalanan menuju Lubuk Bonta tidak jauh dari lokasi pemandian yang satu ini. Kita akan menemukan jalan berbatu, ikuti jalan tersebut sampai ke tempat parkir kendaraan (mobil tidak bisa masuk). Setelah memarkir kendaraan, perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri jalan berjenjang menuju ke lokasi Lubuk Bonta.

Itulah sedikit ulasan tentang Pemandian Alam Lubuk Bonta yang wajib kamu kunjungi untuk melepas lelah dari kesibukan sehari-hari. Bagaimana dunsanak, tertarik untuk mandi di sini atau sekedar mengabadikan momen dengan berfoto bersama teman atau keluarga tercinta? Silakan tulis pendapatmu di kolom komentar yang tersedia di bawah dan silakan di-share agar banyak yang sadar bahwa tempat yang menakjubkan ini harus dijaga dan tidak dilupakan begitu saja.