Wisata Sumbar

Wisata Sumbar adalah portal informasi yang mengulas tentang tempat-tempat unik atau objek wisata yang ada di Sumatera Barat. Temukan tempat wisata favorit kamu hanya di Wisata Sumbar. Semua artikel diulas secara lengkap dengan gaya bahasa yang mudah dipahami

Pesona Objek Wisata Air Terjun Lubuak Tampuruang Padang



Apa kabar dunsanak, kita berjumpa lagi di blog Wisata Sumbar yang menyediakan informasi destinasi wisata atau tempat-tempat menarik yang ada di Sumatera Barat. Sekarang ini musim liburan telah tiba, sudahkah dunsanak menyusun rencana untuk berkunjung ke tempat-tempat unik dan menarik untuk mengisi waktu liburan? Jika belum ada rencana kali ini kami akan merekomendasikan untuk kamu sebuah tempat wisata alam yang cukup unik dan belum banyak orang yang tahu, yakni Objek Wisata Air Terjun Lubuak Tampuruang.

Air Terjun Lubuk Tempurung atau dalam bahasa Minangkabaunya disebut Air Terjun Lubuak Tampuruang merupakan salah satu destinasi wisata air terjun yang cukup unik dan memiliki daya tarik tersendiri. Objek wisata yang berada di Kampung Guo, Kelurahan Belimbing, Kecamatan Kuranji, Kota Padang ini menyajikan keindahan alam yang hijau dan sejuk. Tidak hanya itu, air terjun ini juga dialiri oleh air yang begitu jernih dan segar karena sumber airnya yang berasal dari perbukitan. Nah, bagi dunsanak yang menyukai wisata alam sambil trekking ringan namun tidak terlalu jauh dari Kota Padang, mengunjungi Air Terjun Lubuk Tempurung merupakan pilihan yang tepat. Bagaimana keindahan dan keseruan dari objek wisata yang satu ini? Berikut ulasannya.

Baca juga: Sejuknya Air Terjun Ngungun Saok di Lubuk Minturun Padang

Keindahan Objek Wisata Air Terjun Lubuk Tempurung 




Bagi dunsanak yang berdomisili di Kota Padang sebagian mungkin tidak asing lagi dengan objek wisata yang satu ini. Sesuai dengan namanya, Air Terjun Lubuak Tampuruang merupakan sebuah air terjun yang cukup unik dengan lubuak (kolam) di bawahnya yang menyerupai Tampuruang (batok kelapa). Air terjun yang memiliki tinggi sekitar 15 meter ini memiliki debit air yang cukup besar. Dengan airnya yang bersih dan jernih akan membuat pengunjung tidak sabar untuk menceburkan diri ke dalam kolam.

Menurut warga setempat air terjun ini berasal dari aliran anak sungai Batang Guo. Disebut Batang Guo karena sungai ini berasal dari sebuah gua yang berada di tebing Bukit Nago yang memiliki hutan yang sangat lebat. Bukit Nago ini merupakan salah satu dari gugusan Bukit Barisan yang membentang sepanjang pulau Sumatera. Dengan lingkungan yang masih sangat alami dan hijau, tidak heran jika airnya begitu bersih dan jernih sehingga akan terasa sangat menyegarkan jika kita mandi di sini.

Baca juga:

Keunikan dan daya tarik Air Terjun Lubuk Tempurung tidak sampai di sini saja. Susunan bebatuan yang ada di sekeliling air terjun ini terlihat unik dan menambah kesan alami. Pemandangan jernihnya air yang jatuh bebas ke kolam ditambah dengan pepohonan yang rindang akan membuat pengunjung terpesona. Udara yang bersih dan sejuk akan membuat kita betah berlama-lama di sini.

Banyak sekali hal-hal seru yang bisa kita lakukan di sini. Bagi yang suka dengan tantangan, memanjat tebing batu dan melompat ke dalam jernihnya air akan terasa sangat menyenangkan. Tempat ini juga sangat cocok buat kamu yang hobi fotografi. Kombinasi dari air terjun unik yang menyatu dengan alam akan menciptakan lukisan alam yang menakjubkan. Tak ketinggalan juga bagi yang suka berfoto underwater, jangan lewatkan momen berharga kamu bersama teman atau keluarga tercinta.

Lokasi Air Terjun Lubuk Tempurung 




Untuk mencapai ke lokasi air terjun Lubuk Tempurung ini tidaklah sulit, meski ada sedikit tantangan dengan trekking ringan melewati bukit. Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya lokasi Air Terjun Lubuk Tempurung berada di Kampung Guo, Kelurahan Belimbing, Kecamatan Kuranji, atau berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Padang. Untuk mencapai ke lokasi dunsanak bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, tapi sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua supaya mudah dilalui.

Perjalanan dimulai dari pusat Kota Padang menuju ke daerah Kuranji dengan melewati Jalan Raya Balimbiang ke arah SDN 32 Kuranji. Kondisi jalan menuju ke sana tergolong cukup baik karena sudah beraspal. Sesampai di Kampung Guo kita akan menemukan sebuah gerbang yang bertuliskan "Selamat Datang di Objek Wisata Pemandian Air Terjun Lubuak Tampuruang Kampuang Guo". Di gerbang ini kita bisa memarkir kendaraan dan melanjutkan perjalanan menyusuri bukit dengan trekking ringan sejauh 500 meter atau sekitar 15 sampai 20 menit.

Untuk jalur trekking menuju ke lokasi tergolong cukup baik dan mudah dilalui. Sepanjang perjalanan kita akan melewati perkebunan milik warga dan terdapat juga beberapa pohon durian dan rambutan. Di tengah perjalanan kita juga akan disuguhkan oleh pemandangan Kota Padang dari ketinggian yang dijamin akan menghapus sedikit rasa lelah kamu. Tak lama kemudian suara gemercik air mulai terdengar dan itu menandakan lokasi Air Terjun Lubuak Tampuruang tidak jauh lagi. Sesampainya di lokasi, semua rasa lelah akan terbayarkan dengan pemandangan indah dan jernihnya air terjun yang membuat kita tidak sabar untuk melompat ke kolam.

Demikianlah ulasan tentang pesona Objek Wisata Air Terjun Lubuk Tempurung yang wajib dunsanak kunjungi jika berkunjung ke Kota Padang. Silakan berikan pendapat kamu tentang surga alam yang satu ini di kolom komentar yang disediakan di bawah ya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah agenda tujuan wisata kamu selanjutnya, selamat liburan.