Wisata Sumbar

Wisata Sumbar adalah portal informasi yang mengulas tentang tempat-tempat unik atau objek wisata yang ada di Sumatera Barat. Temukan tempat wisata favorit kamu hanya di Wisata Sumbar. Semua artikel diulas secara lengkap dengan gaya bahasa yang mudah dipahami

Objek Wisata Lembah Harau di Lima Puluh Kota


Siapa sih yang tidak tau dengan objek wisata yang satu ini. Lembah Harau merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal keindahannya di Sumatera Barat, bahkan di Indonesia sekalipun. Karena lembah ini merupakan salah satu lembah terindah yang ada di indonesia. Objek wisata yang berada di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota ini juga dijuluki sebagai Lembah Yosemite-nya Indonesia. Karena lembah ini memiliki keindahan seperti Taman Nasional Yosemite yang berada di Sierra Nevada California, Amerika Serikat yang sudah terkenal ke seluruh dunia.

Nah, bagi dunsanak yang menyukai wisata alam dengan pemandangan yang eksotis wajib rasanya untuk mengunjungi Objek Wisata Lembah Harau ini. Dengan pemandangan alam yang hijau dan memukau, serta udara yang sejuk, dijamin akan membuat kamu betah berlama-lama di tempat ini. Kamu penasaran bagaimana keindahan dan keseruan yang ditawarkan oleh destinasi wisata yang satu ini? Berikut ulasannya.

Lembah Harau Menyajikan Pemandangan Alam Yang Eksotis 




Lembah Harau merupakan salah satu lembah yang memiliki luas sekitar 669 hektar yang merupakan bagian dari Cagar Alam Harau. Pemandangan di lembah ini terlihat sangat eksotis karena dikelilingi oleh tebing terjal yang berupa batu granit berwarna warni yang memiliki ketinggian 80-300 meter. Tebing-tebing yang ada di sini memiliki kemiringan hingga 90 derajat yang membentang hingga beberapa kilometer jauhnya.

Lembah Harau merupakan wilayah yang sangat subur, sehingga tak heran jika kita akan disuguhi oleh pemandangan alam berupa udara yang sangat sejuk, pepohonan hijau, sawah-sawah yang terbentang luas, sungai-sungai, hingga beberapa air terjun indah dengan ketinggian mencapai 100 meter.

 Beberapa air terjun atau sarasah dalam bahasa Minangkabau yang bisa kita temui di sini antara lain Sarasah Bunta, Sarasah Aie Luluih, Sarasah Murai dan Sarasah Aka Barayun yang memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Air terjun tersebut bersumber dari dataran tinggi dengan air yang sangat bersih dan segar sehingga membuat siapapun yang berkunjung ke sini tak sabar untuk segera mandi. Beberapa air terjun tersebut mengalir hingga membentuk beberapa sungai kecil yang sangat jernih. Di sungai ini pengunjung juga akan merasakan serunya bermain sampan yang bisa disewa.

Keindahan Objek Wisata Lembah Harau tidak sampai di sini saja, karena banyak sekali hal-hal yang akan membuat kita terkagum-kagum. Salah satunya yang populer yaitu olahraga panjat tebing. Dengan kemiringan mencapai 90 derajat dan tinggi mencapai 300 meter, tempat ini merupakan surga bagi para pemanjat tebing baik pemula maupun yang profesional. Kabarnya di sini terdapat 300 titik panjat tebing yang tersebar sepanjang lembah ini.

Sebagai objek wisata yang sangat terkenal, Lembah Harau sendiri sudah memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Di sini terdapat beberapa fasilitas penginapan atau homestay lengkap dengan fasilitas pendukungnya. Sebenarnya Objek Wisata Lembah Harau ini terdiri dari tiga kawasan, antara lain Resort Aka Barayun, Resort Sarasah Bunta, dan Resort Rimbo Piobang.

Baca juga:

Dunsanak penasaran kenapa tempat ini dinamakan Lembah Harau? Harau sendiri berasal dari kata "parau", istilah lokal yang artinya suara serak. Dulunya masyarakat yang tinggal di atas Bukit Jambu sering menghadapi musibah berupa banjir dan longsor sehingga menimbulkan kegaduhan dan kepanikan. Penduduk di sana sering berteriak histeris dan akhirnya membuat suara mereka menjadi parau. Karena suara penduduk di sana banyak yang parau didengar, maka daerah tersebut dinamakan "orau" hingga kemudian berubah menjadi "Arau".



Selanjutnya pada tanggal 14 Agustus 1926 tempat ini diresmikan oleh orang Belanda dengan bukti keberadaan sebuah Prasasti yang berada di sekitar Air Terjun Sarasah Bunta. Prasasti tersebut menyebutkan tempat ini diresmikan oleh Belanda. Orang-orang Belanda itu menyebut tempat ini dengan sebutan Hemel Arau, dan kini disingkat menjadi Harau.

Lokasi Objek Wisata Lembah Harau 


Sebagai objek wisata yang sudah sangat terkenal, Lembah Harau selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah di Pulau Sumatera. Baik itu di akhir pekan, maupun di hari libur. Jika dunsanak tertarik untuk menyaksikan pemandangan eksotis ini secara langsung, tidaklah sulit untuk mencapai lokasinya karena tempat ini berada tidak jauh dari Kota Payakumbuh, dan akses ke sana pun sangat bagus dan lancar.

Lembah Harau berada tepatnya di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Hanya berjarak sekitar 18 km dari Kota Payakumbuh atau sekitar 138 km dari Kota Padang. Perjalanan dimulai dari Kota Padang menuju Kota Bukittinggi, kemudian perjalanan dilanjutkan menuju ke Kota Payakumbuh. Dari Payakumbuh kita melewati jalur Payakumbuh-Pekanbaru dan sekitar 18 km kita akan tiba di gerbang Objek Wisata Lembah Harau.

Itulah ulasan tentang Objek Wisata Lembah Harau yang wajib kamu kunjungi, terutama buat kamu yang pencinta alam. Bagaimana, kamu tertarik untuk berkunjung ke sini setelah membaca artikel ini? Jangan lupa tulis pendapat kamu di kolom komentar yang disediakan di bawah ya dan semoga liburanmu menyenangkan.