Wisata Sumbar

Wisata Sumbar adalah portal informasi yang mengulas tentang tempat-tempat unik atau objek wisata yang ada di Sumatera Barat. Temukan tempat wisata favorit kamu hanya di Wisata Sumbar. Semua artikel diulas secara lengkap dengan gaya bahasa yang mudah dipahami

Pulau Kasiak di Pariaman Yang Mempesona



Berwisata ke Sumatera Barat memang tidak ada bosannya, banyak sekali objek wisata atau tempat-tempat menarik yang bisa kita kunjungi untuk mengisi waktu liburan maupun di akhir pekan. Selain kaya akan tempat-tempat bersejarah, sumbar sendiri juga memiliki banyak sekali pulau-pulau menawan yang membentang di sepanjang perairan bagian barat pulau Sumatera. Salah satu pulau terindah dan masih sangat alami yang bisa kita kunjungi di sumbar adalah Pulau Kasiak.

Pulau yang berada di Kabupaten Padang Pariaman ini merupakan salah satu destinasi wisata yang sedikit berbeda dengan pulau-pulau lainnya yang ada di Sumatera Barat. Di sini kita akan merasakan sensasi berbeda karena pulau ini masih sangat alami dan sangat terjaga keindahannya, karena memang pulau ini tidak berpenghuni dan jarang sekali wisatawan yang berkunjung ke sini. Nah, buat dunsanak yang membutuhkan tempat untuk refesing atau menenangkan pikiran sejenak dari hiruk pikuk perkotaan, mengunjungi Pulau Kasiak adalah pilihan destinasi wisata yang tepat. Penasaran bagaimana keindahan yang ditawarkan oleh pulau yang satu ini? Selengkapnya tentang Pulau Kasiak bisa dunsanak baca pada ulasan berikut ini.

Pesona Alam Yang Asri Menjadi Daya Tariknya 




Pulau yang berjarak sekitar 5 km dari bibir Pantai Gandoriah dan memiliki luas sekitar 2,5 hektar ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Memang sih pulau ini tidak terlalu besar, tetapi jangan remehkan keindahan yang ditawarkannya. Secara spesifik Pulau Kasiak berada tepat di tengah-tengah Pantai Gandoriah Pariaman. Dari pantai kita bisa melihat pulau ini dari kejauhan dan posisinya bersebelahan dengan Pulau Angso Duo yang juga menjadi destinasi wisata favorit di Pariaman.

Kabarnya Pulau ini tidak berpenghuni dan jarang dikunjungi oleh wisatawan, sehingga pesona alam yang ditawarkannya begitu alami dan masih terjaga keasriannya. Saat mendekati Pulau Kasiak ini mata kita akan disambut oleh beningnya air laut sehingga terumbu karang dan ikan hias akan terlihat dengan jelas. Air laut yang jernih berwarna biru kehijauan dipadu dengan hamparan pasir putih nan lembut akan membuat kita tak sabar untuk segera menceburkan diri ke laut.

Di sini kita bisa menyaksikan pemandangan bawah laut berupa terumbu karang, ikan hias, dan biota laut lainnya dengan melakukan snorkling. Berhubung tidak adanya fasilitas di pulau ini, jangan lupa untuk membawa perlengkapan snorkling kamu sebelum berkunjung ke sini ya. Kita tidak hanya disuguhkan oleh pemandangan bawah laut saja, pesona pulau yang tenang dengan dikelilingi oleh pohon kelapa akan menambah kesan alami di pulau ini. Di sini kita bisa mengelilingi keseluruhan dari pulau ini sambil menikmati suasana alam.

Di Pulau Kasiak ini kita bisa melihat secara langsung reboisasi terumbu karang, yakni tempat penanaman terumbu karang yang dilakukan oleh pemerintah setempat. Nah, ini nih yang tidak bisa kita temukan di wisata pulau lainnya yang ada di Sumatera Barat, yaitu tempat penangkaran Penyu. Penangkaran Penyu ini dikelola oleh UPTD Konservasi Penyu milik pemerintah. Jenis Penyu yang yang dikembang biakan di sini biasanya Penyu Belimbing dan Sisik. Jika kamu beruntung, kamu bisa menyaksikan Penyu secara langsung yang menampakkan diri ke permukaan pada siang hari.

Baca juga:

Selain terumbu karang dan penangkaran Penyu, hal yang membuat pengunjung tertarik untuk berkunjung ke Pulau Kasiak ini adalah karena keberadaan sebuah mercusuar setinggi 40 meter. Mercusuar ini bisa kita daki hingga ke puncak, di atas puncak kita bisa melihat pemandangan yang sangat menakjubkan. Luasnya Samudera Hindia dan birunya air laut sejauh mata memandang di bagian barat. Bahkan ke arah selatan kita bisa melihat deretan pulau-pulau menawan yang tampak dari kejauhan. Sedangkan ke arah timur kita bisa melihat pemandangan Gunung di Sumatera Barat seperti Singgalang, Marapi, hingga Talamau di Pasaman Barat. Tak heran jika banyak muda mudi yang berburu foto selfie di atas menara ini.

Lokasi Pulau Kasiak 


Untuk mencapai objek wisata yang satu ini tidaklah sulit, cukup menempuh perjalanan sekitar 20 menit menggunakan perahu dari Pantai Gandoriah. Dari Kota Padang kita bisa menggunakan angkutan kereta api menuju ke Pantai Gandoriah Pariaman atau jika kamu ingin menggunakan kendaraan pribadi juga tidak masalah. Sesampainya di Pantai Gandoriah kita akan ditawarkan oleh nelayan setempat untuk mengantar kita menuju ke Pulau Kasiak menggunakan perahu.

Untuk masalah ongkos biasanya berkisar antara Rp 60.000 per orang jika jumlah penumpang minimal sebanyak 6 orang. Tapi bisa saja lebih murah jika kita pandai menawar. Jika kamu ingin ditemani oleh pemandu (guide) selama berwisata di Pulau Kasiak, mereka akan bersedia mencarikan guide untuk menemani kita dengan harga yang disepakati. Dari bibir Pantai Gandoriah perjalanan menuju ke pulau memakan waktu sekitar 15-20 menit.

Tips berwisata ke Pulau Kasiak:
  • Bawalah bekal berupa makanan dan minuman yang cukup sebelum berkunjung ke pulau ini. Karena kita tidak akan menemukan warung atau penjual makanan di sini.
  • Jangan lupa untuk membawa perlengkapan wisata kamu seperti peralatan snorkling atau kamera untuk mengabadikan momen indah di pulau ini.
  • Tetap berhati-hati dan jangan merusak keindahan alam yang satu ini dengan tidak membuang sampah sembarangan. 

Itulah sedikit ulasan tentang Objek Wisata Pulau Kasiak di Pariaman yang wajib kamu kunjungi. Bagaimana, dunsanak tertarik untuk berkunjung ke surga alam yang satu ini? Jangan lupa berikan komentarmu di kolom komentar yang disediakan di bawah ya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan semoga liburanmu menyenangkan.