Wisata Sumbar

Wisata Sumbar adalah portal informasi yang mengulas tentang tempat-tempat unik atau objek wisata yang ada di Sumatera Barat. Temukan tempat wisata favorit kamu hanya di Wisata Sumbar. Semua artikel diulas secara lengkap dengan gaya bahasa yang mudah dipahami

Keunikan Rumah Barbie (Rumah Belanda) di Lima Puluh Kota



Pernahkah dunsanak melihat foto rumah yang sangat unik yang beredar di media sosial seperti instagram? Yap, akhir-akhir ini dunia maya dihebohkan oleh beredarnya foto-foto anak muda yang di belakangnya terdapat sebuah rumah yang cukup besar dan sangat berbeda dari rumah di indonesia pada umumnya, yakni Rumah Barbie.

Rumah Barbie atau Rumah Belanda atau juga biasa disebut sebagai Rumah Putih oleh masyarakat sekitar merupakan rumah milik salah seorang warga yang dibangun pada sekitar tahun 2006 lalu. Sejak awal rumah ini dibangun, terhitung tak kurang dari 50 ribu pengunjung yang berdatangan ke sini hanya untuk sekedar berfoto.

Kenapa rumah ini dinamai Rumah Barbie? Karena menurut keterangan dari masyarakat setempat, Rumah Barbie merupakan sebutan oleh muda-mudi di sana karena bentuk dari rumah ini yang mirip dengan rumah khas Eropa atau mirip dengan sebuah kastil yang sering kita lihat pada film-film kartoon. Menurut pengakuan dari Khairul (adik dari pemilik rumah) mereka tidak pernah menamai rumah ini sebagai Rumah Barbie. Mungkin karena rupanya yang terbilang imut, maka rumah ini dinamakan sebagai Rumah Barbie oleh warga sekitar.



Rumah ini selalu ramai dikunjungi oleh muda-mudi setempat terutama kaum hawa untuk berburu foto selfie atau sekedar bersantai menikmati sore. Tak ketinggalan juga bagi mereka yang sedang pacaran, tempat ini merupakan spot yang sangat bagus untuk mengabadikan momen berdua.

Bahkan tempat ini menjadi salah satu lokasi favorit untuk mengambil foto prewedding bagi pasangan yang akan menikah. Meski tempat ini bukanlah sebuah objek wisata, pengunjung yang berdatangan ke Rumah Barbie ini tidak hanya berasal dari Kabupaten Lima Puluh Kota saja, loh. Banyak yang rela datang jauh-jauh dari luar Lima Puluh Kota untuk melihat langsung lokasi rumah ini.

Baca juga:

Nah, jika dunsanak tertarik untuk berkunjung ke tempat ini tentunya harus tau dulu di mana lokasinya. Rumah Barbie atau Rumah Belanda ini berada tepatnya di Jorong Kuranji, Nagari Guguak VIII Koto, Kecamatan Guguak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Jika dari Kota Payakumbuh kita cukup berkendara selama kurang lebih 15 menit menuju ke lokasi.

Itulah sedikit ulasan tentang Keunikan Rumah Barbie (Rumah Belanda) yang ada di Payakumbuh ini. Bagaimana menurut dunsanak? Jangan lupa tulis komentarmu di bawah ya. Jika dunsanak menyukai artikel ini silakan di-share juga ya agar banyak teman-teman kita yang tahu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan selamat liburan.