Wisata Sumbar

Wisata Sumbar adalah portal informasi yang mengulas tentang tempat-tempat unik atau objek wisata yang ada di Sumatera Barat. Temukan tempat wisata favorit kamu hanya di Wisata Sumbar. Semua artikel diulas secara lengkap dengan gaya bahasa yang mudah dipahami

Objek Wisata Pulau Angso Duo Pariaman



Padang Pariaman merupakan salah satu kabupaten yang memiliki potensi wisata yang beragam. Tidak hanya kulinernya yang menggugah selera, tetapi juga kaya akan objek wisata alam. Maka tak heran jika Pariaman merupakan salah satu daerah tujuan wisata favorit bagi wisatawan. Di sini kita bisa berwisata dengan mengunjungi beberapa pantai dan juga pulau-pulau yang menawan.

Pada beberapa waktu lalu Wisata Sumbar pernah membahas tentang salah satu pulau terindah yang ada di Kabupaten Pariaman, yakni Pulau Kasiak. Tidak jauh dari Pulau Kasiak, ada sebuah pulau yang sangat terkenal dengan wisata bahari dan keindahan alam yang menggoda, yaitu Pulau Angso Duo. Pulau ini memang sudah dikenal oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satu yang menjadi daya tarik dari Pulau Angso Duo adalah keindahan dan kekayaan alam bawah lautnya yang tiada duanya. Bagaimana keindahan alam yang ditawarkan oleh objek wisata yang satu ini? Selengkapnya bisa dunsanak baca pada artikel berikut.

Keindahan Pulau Angso Duo 




Buat kamu yang membutuhkan tempat liburan untuk menenangkan pikiran sejenak dari rutinitas sehari-hari, berkunjung ke Objek Wisata Pulau Angso Duo merupakan pilihan yang tepat. Dijamin kamu akan betah berlama-lama di pulau ini karena kamu akan terpesona oleh keindahannya. Pulau yang berjarak sekitar 65 km dari kota Padang ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Mereka yang berkunjung ke Pulau Angso Duo ini kebanyakan berasal dari daerah tetangga Sumatera Barat seperti Riau, Sumatera Utara, Jambi, dan lain-lain. Bahkan ada juga wisatawan asing yang tertarik mengunjungi pulau ini.

Seperti wisata bahari pada umumnya, di pulau ini kita akan disuguhkan oleh keindahan alam bawah lautnya yang menakjubkan. Dengan airnya yang begitu jernih dan cukup tenang, tempat ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki hobi snorkling. Keindahan terumbu karang yang masih sangat terjaga dan beberapa biota laut lainnya seperti ikan hias akan menghiasi pemandangannya. Selain itu di sepanjang bibir pantai mata kita akan dimanjakan oleh pemandangan pasir putih nan lembut.

Topografi Pulau Angso Duo yang relatif datar membuat para wisatawan dengan mudah untuk menyusuri pulau ini hingga ke tengah hutan atau mengelilingi pulau ini sambil menikmati pemandangan sekitar. Di sini kita tidak perlu khawatir jika tersesat, karena sudah disediakan jalur untuk berjalan kaki supaya memudahkan wisatawan. Konon katanya di sini ada sebuah mitos bahwa siapa saja yang bisa mengelilingi Pulau Angso Duo dengan berjalan kaki dan kemudian berdoa, maka apa yang diharapkan akan terwujud.

Selain itu di pulau ini juga terdapat objek wisata pendukung, yaitu sebuah makam sepanjang empat meter yang sudah berusia ratusan tahun. Makam tersebut diyakini milik Syekh Katik Sangko (kerabat Syekh Burhanuddin, ulama penyebar Islam di Minangkabau). Makam ini juga sering dikunjungi oleh wisatawan untuk berziarah.

Jika kamu bosan berkeliling dan menyusuri hutan, kamu juga bisa mencoba beberapa wahana seperti Banana Boat dan Donat Boat yang akan menantang adrenalin kamu. Bahkan kita juga bisa menangkap ikan dengan memancing kemudian membakarnya untuk santapan makan siang. Keindahan dan keseruan berwisata di Pulau Angso Duo ini tidak sampai di sini saja, karena di penghujung liburan akan ditutup oleh pesona indahnya matahari terbenam (sunset) yang mempesona sebelum akhirnya kita berangkat ke Pantai Gandoriah untuk pulang pada pukul 18.00 WIB. Namun jika kamu ingin bermalam di sini untuk menikmati suasana malam di Pulau Angso Duo, kamu bisa berkemah dengan mendirikan tenda.

Lokasi Objek Wisata Pulau Angso Duo 


Jika dunsanak tertarik untuk menghabiskan waktu liburan di tempat ini tidak perlu susah untuk menemukannya karena akses ke Pulau Angso Duo sangatlah mudah. Pulau Angso Duo berada di Kabupaten Padang Pariaman atau berjarak sekitar 65 km dari Kota Padang. Kita bisa berangkat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Jika dunsanak memilih untuk menggunakan angkutan umum, bisa menggunakan kereta api dari Stasiun Simpang Haru atau Stasiun Tabing, Kota Padang. Cukup dengan membayar ongkos sebesar Rp 3.000 kita sudah sampai di Stasiun kereta Pariaman. Di sepanjang perjalanan menggunakan kereta kita akan disuguhi oleh pemandangan alam Minangkabau berupa hamparan sawah, pepohonan, dan perbukitan yang hijau.

Sesampainya di Stasiun Pariaman kita akan berjalan kaki menuju ke Pantai Gandoriah selama kurang lebih 5 menit. Di Pantai Gandoriah kita harus menyeberang menuju ke Pulau Angso Duo menggunakan perahu motor selama kurang lebih 15 menit. Untuk ongkosnya sendiri terbilang cukup murah, kita cukup membayar sebesar Rp 35.000 per orang pulang pergi. Perlu kamu ketahui sebelumnya untuk penyeberangan terakhir ke Pulau Angso Duo dilakukan pukul 15.00 WIB dan pulang pada pukul 18.00 WIB. Jadi, kita harus tiba di Pantai Gandoriah sebelum jam 3 sore.

Baca juga:

Itulah sedikit ulasan tentang keindahan Objek Wisata Pulau Angso Duo di Pariaman. Jika kamu berkunjung ke Pariaman sangat sayang rasanya jika kamu melewatkan pulau yang satu ini. Bagaimana, kamu tertarik untuk berlibur ke sini? Jangan lupa berikan komentarmu di kolom komentar yang disediakan di bawah ya, selamat liburan.