Wisata Sumbar

Wisata Sumbar adalah portal informasi yang mengulas tentang tempat-tempat unik atau objek wisata yang ada di Sumatera Barat. Temukan tempat wisata favorit kamu hanya di Wisata Sumbar. Semua artikel diulas secara lengkap dengan gaya bahasa yang mudah dipahami

Indahnya Pesona Puncak Happy Guguak Sarai Kabupaten Solok



Kabupaten Solok merupakan salah satu daerah terindah yang ada di Sumatera Barat. Selain terkenal dengan berasnya, Solok juga memiliki tempat wisata yang beragam. Sehingga menjadikan daerah ini sebagai destinasi wisata favorit bagi para wisatawan. Karena wilayahnya yang terdiri dari perbukitan, Kabupaten Solok menyimpan banyak sekali keindahan panorama alam yang bisa kita nikmati dari atas puncak. Salah satu objek wisata puncak yang wajib kamu kunjungi di sini adalah Puncak Happy.

Buat dunsanak yang aktif di media sosial seperti Instagram pasti pernah melihat foto seperti di atas, kan?. Yap, foto-foto yang menakjubkan tersebut diambil di atas Puncak Happy yang sempat menjadi viral akhir-akhir ini. Sesuatu yang viral pasti membuat seseorang penasaran untuk mengunjunginya, terutama kamu yang suka berfoto dengan latar belakang panorama alam. Objek wisata yang tergolong baru ini memang sangat cocok bagi yang menyukai fotografi, karena tempat ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat memanjakan mata. Nah, jika dunsanak ingin mengetahui lebih lanjut tentang keindahan alam yang satu ini, selengkapnya bisa dunsanak baca pada artikel berikut ini.

Puncak Happy Merupakan Spot Favorit Bagi Pemburu Extreme Photography 




Buat kamu yang hobi menciptakan foto ekstrim dan penuh tantangan, berkunjung ke Puncak Happy merupakan hal yang wajib untuk kamu coba. Yap, pemandangan alam yang eksotis akan mencipatakan foto dengan latar belakang luar biasa indah. Karena dari ketinggian sekitar 800 mdpl mata kamu akan dimanjakan oleh hamparan sawah, rumah penduduk, serta hamparan bukit barisan yang berjejer sepanjang mata memandang. Spot terbaik untuk berfoto di sini adalah di atas batu besar yang terdapat di atas puncak. Namun disarankan kepada dunsanak agar ekstra hati-hati saat berada di atas batu ini, karena batu tersebut berhadapan langsung dengan jurang yang sangat terjal, sedikit kesalahan saja bisa berakibat fatal.

Tempat ini tidak hanya surga bagi para pecinta fotografi saja, buat kamu yang menyukai panorama alam akan dibuat terpesona olehnya. Pemandangan perbukitan yang hijau serta udara yang sejuk seakan menyapu semua rasa lelah dari rutinitas sehari-hari. Sehingga tempat ini sangat cocok untuk menenangkan diri sejenak dari hiruk pikuk perkotaan.



Banyak yang bilang tempat ini Puncak Guguak Sarai, ada juga yang menyebut Puncak Koto Laweh, Puncak Mob, dan akhir-akhir ini tempat ini lebih terkenal dengan sebutan Puncak Happy, hmm... semakin membingungkan ya, hehehe.

Namun setelah dikonfirmasi dari penduduk setempat, penamaan Puncak Happy sendiri dipilih oleh pemuda setempat atas kesepakatan bersama. Pada awalnya jalan menuju lokasi ini berupa semak belukar dan pemuda setempat bergotong royong untuk membersihkannya untuk dijadikan sebuah objek wisata. Setelah bersusah payah mereka akhirnya dihadiahi oleh pemandangan alam yang luar biasa indah dari ketinggian. Sehingga mendatangkan perasaan Happy atau senang saat memandanginya, lalu muncul lah ide dari pemuda setempat untuk menamainya sebagai Puncak Happy.

Lokasi Puncak Happy Guguak Sarai Kabupaten Solok 




Untuk mencapai lokasi yang indah ini dunsanak tidak perlu susah-susah menemukannya, karena tempat ini sangat mudah dijangkau dan tidak jauh dari permukiman penduduk. Meskipun tempat ini lebih akrab disebut sebagai Puncak Happy Guguak Sarai, namun lokasi puncak ini bukanlah berada di Nagari Guguak Sarai, melainkan berada tepatnya di Nagari Koto Laweh, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten Solok. Untuk menuju ke sini sangat disarankan menggunakan kendaraan roda dua karena mengingat jalan menuju ke lokasi terbilang sempit.

Perjalanan menuju ke Puncak Happy bisa kita mulai dari Kota Solok menuju ke arah Sawahlunto, sekitar 15 menit berkendara kita akan tiba di Nagari Guguak Sarai. Di sini kita menuju ke SDN 05 Guguak Sarai, jika dunsanak kesulitan untukmenemukannya bisa bertanya ke warga setempat. Dari SDN 05 Guguak Sari inilah terdapat simpang ke kiri persis sebelum SDN 05. Ikuti jalan tersebut sampai kita melewati perkebunan kelapa sawit hingga nantinya kita tiba di lokasi parkir kendaraan.

Di sini kita cukup membayar Rp 5.000 untuk biaya parkir motor, selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki (trekking) menuju ke puncak. Sekitar 15-20 trekking menyusuri jalan setapak, kita akan tiba di lokasi Puncak Guguak Sarai dan semua rasa lelah akan terbayarkan oleh pemandangan alam yang akan menyambut kita.

Puncak keren lainnya di Solok:

Itulah sedikit ulasan tentang Objek Wisata Puncak Happy yang ada di Kabupaten Solok. Bagi dunsanak yang kebetulan berkunjung ke Solok jangan lewatkan tempat keren yang satu ini ya. Silakan ditulis pendapatmu di kolom komentar di bawah ya dan jangan lupa di-share jika artikel ini bermanfaat untuk kamu. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga liburanmu menyenangkan.