Wisata Sumbar

Wisata Sumbar adalah portal informasi yang mengulas tentang tempat-tempat unik atau objek wisata yang ada di Sumatera Barat. Temukan tempat wisata favorit kamu hanya di Wisata Sumbar. Semua artikel diulas secara lengkap dengan gaya bahasa yang mudah dipahami

6 Tempat Wisata Puncak di Solok Yang Wajib Kamu Kunjungi



Solok merupakan salah satu kabupaten di Sumatera Barat yang terkenal akan keindahan alamnya. Daerah ini memiliki objek wisata yang sangat beragam, misalnya saja Danau singkarak yang sudah terkenal sejak lama serta tiga danau menawan lainnya seperti Danau di Atas, Danau di Bawah dan Danau Talang yang berada di kaki Gunung Talang.

Selain dari beberapa objek wisata di atas, kalau kita berkunjung ke Kabupaten Solok kita akan sering menjumpai pemandangan alam berupa puncak dengan view yang sangat menarik untuk dikunjungi. Hal ini tidak mengherankan karena memang Solok sendiri merupakan daerah yang berbukit-bukit sehingga menyimpan banyak sekali panorama alam yang bisa dinikmati dari atas puncak.

Nah, buat dunsanak traveler yang menyukai wisata alam atau memiliki hobi fotografi, wajib rasanya untuk berkunjung ke beberapa tempat wisata puncak di Solok berikut ini. Selain sekedar untuk menghabiskan waktu liburan, tentu saja puncak-puncak tersebut sangat cocok bagi para pemburu selfie yang haus akan pemandangan alam. Apa saja objek wisata puncak yang ada di kabupaten Solok? Langsung saja kita simak artikel di bawah ini yuk.

1. Puncak Happy




Puncak Happy merupakan salah satu lokasi yang sangat digemari oleh para pemburu extreme photography. Bagaimana tidak, puncak yang berlokasi di Nagari Koto Laweh, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten Solok ini menyediakan spot foto yang cukup berbahaya dan menantang. Spot terbaik yang bisa kita abadikan di sini berupa bebatuan besar yang menghadap langsung ke jurang.

Puncak yang berada di ketinggian sekitar 800 mdpl ini menyajikan pemandangan alam yang siap memanjakan mata. Di sini kita akan disuguhi oleh pemandangan bukit barisan yang hijau, hamparan sawah penduduk, dan juga udara yang sangat sejuk. Tempat ini sempat ramai dibicarakan di media sosial seperti Instagram dengan beredarnya foto-foto menakjubkan yang diambil dari Puncak Happy ini. Untuk informasi lebih lanjut tentang puncak happy bisa kamu baca pada artikel ini: Indahnya Pesona Puncak Happy Guguak Sarai Kabupaten Solok

2. Puncak Gagoan 




Siapa sih masyarakat Kabupaten Solok yang tidak tahu dengan tempat yang satu ini, khususnya yang berdomisili di sekitar Danau Singkarak. Yup, Puncak Gagoan merupakan salah satu objek wisata yang sering dikunjungi oleh muda mudi, terutama mereka para pecandu selfie. Berada tepatnya di Nagari Paninggahan, Kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok atau berjarak sekitar 40 km dari Arosuka membuat tempat ini sangat mudah untuk dijangkau.

Nama Gagoan sendiri berasal dari kata gagau yang berarti gagap atau gamang (takut jatuh). Karena memang dari atas puncak ini kita seolah-olah merasa akan jatuh ke jurang. Puncak Gagoan menyajikan keindahan alam yang cukup unik, yaitu bebatuan karang yang terdapat di lokasi yang bisa dijadikan spot menarik untuk berfoto. Tidak hanya itu, pemandangan hutan yang masih asri, serta hembusan angin yang sejuk, menjadikan tempat ini begitu dinikmati oleh kalangan anak muda.

Keindahan alam tidak hanya bisa kita nikmati pada saat di atas puncak saja, karena di sepanjang perjalanan menuju puncak kita akan ditemani oleh lukisan alam berupa Danau Singkarak serta rumput-rumput hijau yang menghiasi bukit Gagoan. Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel ini: Puncak Gagoan, Objek Wisata Bukit Batuan Karang Yang Mempesona

3. Puncak Ahmad Sadin 




Tidak jauh dari Puncak Gagoan, ternyata ada juga sebuah lokasi yang menyajikan panorama alam yang tak kalah menariknya, yakni Puncak Ahmad Sadin. Untuk menuju ke puncak ini kita cukup melewati jalur yang sama dengan Puncak Gagoan, hanya saja lokasi puncak ini berada sebelum Puncak Gagoan. Jadi, jika dunsanak sedang berkunjung ke Puncak Gagoan, jangan lewatkan spot yang satu ini ya.

Puncak Ahmad Sadin memiliki view berupa pemandangan Danau Singkarak dari Ketinggian. Udara yang cenderung sejuk dijamin akan membuat kamu betah berlama-lama di sini. Tidak hanya itu, di sini kita bisa menikmati pemandangan Gunung Marapi dan Gunung Talang yang tampak jelas dari kejauhan. Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel ini: Puncak Ahmad Sadin di Solok, Indahnya Pemandangan Danau Singkarak Dari Ketinggian

4. Puncak Gobah 




Puncak Gobah merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup populer beberapa tahun lalu. Tempat ini dikelola dengan sangat baik sehingga banyak sekali fasilitas yang kita temui di sini. Beberapa di antaranya yaitu rumah pohon dan juga beberapa fasilitas lainnya yang bisa kita manfaatkan sebagai spot foto.

Sama halnya dengan beberapa puncak lainnya, tempat ini juga menyajikan pemandangan Danau Singkarak yang terbentang luas, udara yang sejuk, serta di sini juga ada taman bunga yang indah. Selain itu buat kamu yang suka memacu adrenalin, kamu wajib mencoba wisata paralayang yang juga tersedia di sini. Selengkapnya tentang Puncak Gobah bisa kamu baca di arikel berikut: Puncak Gobah dan Rumah Pohon, Destinasi Wisata Baru Dengan Panorama Danau Singkarak

5. Puncak Batu Galeh Sulit Air 




Belakangan ini media sosial juga ramai membincangkan destinasi yang satu ini. Puncak Batu Galeh berada di Sulit Air, Kabupaten Solok. Di sini kita bisa menikmati pemandagan alam yang menyejukkan mata. Selain itu dari atas puncak kita bisa melihat dengan jelas beberapa gunung, yakni Gunung Marapi, Gunung Talang, Gunung Singgalang, dan Gunung Sago.

Namun di balik keindahan yang ditawarkan, ternyata tempat ini juga menyimpan cerita legenda yang dikaitkan dengan nama puncak ini, yaitu Punck Batu Galeh. Disebut Batu Galeh karena di sini terdapat sebuah batu yang mirip dengan lipatan kain. Konon katanya lipatan kain terseut merupakan galeh (dagangan dalam bahasa Indonesia) hasil jualan seorang pemuda yang dagangannya sangat laris.

Dengan larisnya dagangan ini, membuat dia lupa diri dan menjadi anak durhaka sehingga dikutuk oleh ibunya menjadi batu beserta barang dagangannya. Cerita ini mirip dengan legenda Batu Malin Kundang di Pantai Air Manis, Padang. Namun percaya atau tidak, batu ini memang mirip dengan lipatan kain dan jantung manusia.

6. Puncak Bukit Cambai




Salah satu objek wisata puncak yang sedang dikembangkan oleh pemerintah Kabupaten Solok saat ini adalah Puncak Bukit Cambai. Berlokasi di Nagari Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok. Puncak Bukit Cambai ini berada di dekat Danau di Bawah yang sudah terkenal dengan objek wisata danau dan keindahan alamnya.

Baca juga:

Dari atas puncak ini kita bisa menikmati pemandangan alam yang menakjubkan. Saat cuaca cerah kita bisa melihat pesona 4 Danau, yakni Danau di Atas dan Danau di Bawah, Danau Singkarak, dan juga Danau Talang di kaki Gunung Talang.

Itulah beberapa objek wisata puncak yang wajib kamu kunjungi di Kabupaten Solok. Bagaimana, dunsanak sudah pernah mengunjungi salah satunya? Silakan bagikan pengalamanmu di kolom komentar yang disediakan di bawah ya.